Hasil Jepang vs Brasil, Penalti Neymar Bawa Kemenangan Bagi Brasil

0
35

Debatbola.com – Tim-tim nasional memanfaatkan jeda internasional FIFA dengan menggelar pertandingan persahabatan. Salah satu laga menampilkan pertarungan antara Jepang vs Brasil. Keduanya bertarung menggunakan Japan National Stadium, Senin 6/6/2022 mulai pukul 17.20 WIB.

Statistik Pertandingan
Berdasarkan statistik pertandingan antara kedua tim, Brasil yang turun sebagai tim tamu mampu tampil lebih menyerang. Kubu A Seleção sukses melakukan total 21 serangan menuju pertahanan sang tuan rumah.

Dari jumlah tersebut anak asuh Adenor Leonardo Bacchi tersebut sukses menghantamkan lima tembakan akurat ke gawang Shuichi Gonda. Sementara Jepang membalas dengan melancarkan tujuh serangan ke pertahanan Brasil.

Tim berjuluk Blue Samurai tersebut tidak berhasil menciptakan satupun tendangan on target ke gawang Alisson Becker. Kemudian segi penguasaan bola, Brasil juga masih mendominasi lewat persentase 53 %. Perolehan tersebut berbanding 47 % penguasaan bola milik Jepang.

Babak Pertama, Nihil Gol
Peluang perdana langsung didapatkan Brasil di dua menit laga berjalan. Aksi umpan-umpan pendek menjadi andalan tim asuhan Adenor Leonardo Bacchi tersebut untuk memutuskan pertahanan ketat Jepang.

Vinicius Junior memulai serangan dari sisi kiri dengan mengirimkan umpan ke dalam area penalti. Neymar menjadi pemain tujuannya yang langsung mengirimkan backheel pass ke garis terdepan. Umpannya membelah para pemain bertahan yang berusaha merebut bola.

Sayangnya Lucas Paqueta yang menjadi tujuan operan bola gagal melaksanakan tugasnya sebagai eksekutor dengan sempurna. Bola hasil tendangan gelandang Olympique Lyon tersebut hanya menghantam tiang gawang.

Menit ke-19 kembali peluang tercipta untuk skuat A Seleção. Dani Alves menjadi inisiator serangan dengan mengirimkan umpan pendek kepada rekannya di sektor kanan, Raphinha. Eksekusi langsung dilancarkan winger Leeds United tersebut namun bisa diantisipasi Shuichi Gonda.

Brasil terus menekan Jepang dalam lanjutan laga. Menit ke-27 giliran Neymar mendapatkan kesempatan emas untuk memecah kebuntuan lewat sepakan jarak jauh. Namun usaha penyerang Paris Saint Germain tersebut bisa dipatahkan Shuichi Gonda.

Pada menit ke-40 berawal dari eksekusi tendangan bebas langsung, tim tamu kembali nyaris membuka keunggulan. Raphinha mengeksekusi bola yang diarahkan ke gawang sayang usahanya masih meleset tipis dari target.

Di menit ke-42 Neymar kembali membuat ancaman di wilayah pertahanan Samurai Blue. Umpan dari Lucas Paqueta dihantamnya dengan keras tepat ke arah gawang musuh. Sayang peluangnya masih bisa diantisipasi oleh Shuichi Gonda. Hingga babak awal berakhir skor 0-0 masih tercipta.

Babak Kedua, Brasil Raih Gol
Kembali di babak kedua, Brasil terus menggempur pertahanan sang tuan rumah, Jepang. Tidak mendapatkan gol di babak awal membuat mereka terus mencoba segala cara untuk memaksimalkan peluang yang didapatkannya.

Menit ke-65 Gabriel Martinelli mendapatkan kesempatan besar di ruang tembak yang terbuka lebar di dalam area penalti. Sundulan operan dari Casemiro diarahkannya kepada winger Arsenal tersebut. Namun eksekusinya tidak sempurna.

Jepang mendapatkan peluang di area penalti sang lawan di menit ke-72 melalui crossing Yuta Nakayama yang mengarah kepada Junya Ito. Tetapi penyerang KRC Genk tersebut gagal mengkonversinya menjadi gol lantaran bola melambung.

Menit ke-77 Brasil akhirnya mendapatkan kesempatan terbaik untuk menciptakan gol lewat tendangan 12 pas. Sebelumnya wasit memberikan hukuman tersebut lantaran Richarlison dilanggar keras oleh para pemain bertahan Jepang di area penalti tuan rumah.

Neymar yang ditunjuk menjadi algojo mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Winger bernomor punggung 10 tersebut melesatkan bola tepat ke sudut kanan gawang dari Shuichi Gonda yang tidak bisa ditepis oleh sang kiper.

Tendangan tersebut pun menjadi gol satu-satunya pada pertandingan ini. Sebab setelah melanjutkan pertarungan, tiap peluang yang lahir gagal dimanfaatkan kedua belah pihak menjadi gol. Brasil pun memenangkan laga persahabatan atas Jepang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here