Hasil Indonesia vs Timor Leste, Tertinggal Terlebih Dahulu Indonesia Mampu Ungguli Timor Leste

0

Debatbola.com – International break dimanfaatkan oleh negara-negara untuk melaksanakan FIFA matchday. Timnas Indonesia yang tidak lolos ke babak terakhir Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia, melangsungkan laga uji coba.

Skuat garuda menantang tim tetangga, Timor Leste dan bertanding di Stadion Dipta pada Kamis (27/1) mulai pukul 19.00 WIB. Timnas Indonesia memiliki kepentingan untuk bisa menambah pundi-pundi poinnya guna memperbaiki posisi di ranking FIFA.

Sesuai perkiraan, anak asuhan Shin Tae-yong berhasil memenangkan pertandingan atas Timor Leste berkat hasil 4-1. Dimana skuat tamu membobol gawang tuan rumah terlebih dahulu kemudian dibalas empat gol di babak selanjutnya.

Babak Pertama, Timor Leste Di Atas Angin

Bertanding di markas tim tuan rumah, Timor Leste tidak dalam tekanan besar walaupun lawannya berada di level yang jauh lebih tinggi. Mereka bermain lebih rileks dan tidak terburu-buru. Tim berjuluk The Crocodile tersebut justru bermain bertahan dan menyerang lewat serangan balik.

Striker Timor Leste, Paulo Gali merobek gawang Syahrul Fadil pada menit ke-35 memanfaatkan kelengahan pertahanan Indonesia. Lewat akselerasi one on one menghadapi Alfeandra Dewangga, striker berusia 17 tahun tersebut mampu melewati sang bek.

Setelah sudah dalam jarak tembak yang sempurna, Paulo Gali akhirnya menembak bola tepat ke sasaran. Dirinya jeli melihat posisi Syahrul Fadil yang berada cukup jauh dari garis gawang sehingga Paulo Gali tinggal menchip bola dan gawang Indonesia bergetar.

Babak Kedua, Indonesia Menggila

Tertinggal satu gol, Shin Tae-yong melakukan beberapa penggantian yang terbukti ampuh. Dimana sang pelatih melihat pemain-pemain tersebut tidak dalam performa terbaiknya. Indonesia berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-65.

Gelandang Persebaya, Ricky Kambuaya menjadi pencetak gol pertama tim di Stadion Dipta. Bergerak dari sisi kiri setelah mendapatkan umpan pendek dari Ronaldo Kwateh, sang pemain melakukan tembakan.

Dengan tembakan keras nan akuratnya, gelandang berusia 25 tahun tersebut mampu menjebol gawang Timor Leste untuk kali pertama. Bola yang ditembaknya bersarang ke sudut kiri gawang dari Georgino Jose, kiper pengganti The Crocodile.

Guna mendapatkan poin di FIFA matchday ini, timnas Indonesia kembali mengguyur gawang Georgino Jose dengan gol. Pratama Arhan sukses mencetak gol kedua di partai ini lewat tendangan 12 pas di menit ke-73.

Sebelum penalti diberikan, bek Timor Leste, Gumario tertangkap basah melakukan handball di area terlarangnya sendiri. Sebenarnya pemain berusia 20 tahun itu berniat menghalau bola namun si kulit bundar malah meluncur ke tangannya.

Belum puas, pasukan Shin Tae-yong kembali melahirkan gol tiga menit berselang setelah gol kedua. Pratama Arhan menjadi inisiator gol berawal dari lemparan ke dalamnya yang jauh menusuk ke mulut gawang.

Georgino Jose tidak bisa melihat arah pergerakan bola karena tertutupi beberapa pemain bertahannya sendiri. Sehingga dirinya malah meninju bola masuk ke dalam sarangnya dan berbuah gol ketiga untuk skuat garuda.

Pesta gol timnas Indonesia diakhiri pada menit ke-80 berawal dari crossing Pratama Arhan dari sisi kiri. Kembali terjadi miskomunikasi antara pertahanan Timor Leste dan menyebabkan bek sayap tim tamu, Filomeno melakukan gol bunuh diri.

Dimana dirinya berniat menyapu bola dan mengira kipernya tetap berdiri di depan garis gawang. Namun sayangnya Georgino Jose malah maju dan terbilang upaya yang sia-sia sebab tidak melakukan penyelamatan sama sekali. Sehingga bola masuk menjadi gol tanpa bisa diselamatkan.

Indonesia Memenangkan Pertandingan Pertama

Dengan kemenangan 4-1 berakhirlah pertandingan pertama antara kedua tim ini di Stadion Dipta. Rencananya kedua skuat akan saling bertarung lagi pada hari Minggu (30/1) mendatang pukul 19.00 WIB.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version