Hasil Indonesia vs Thailand, Garuda Muda Tahan Imbang Thailand

0
34

Debatbola.com – Piala AFF U19 berlangsung kembali mempertemukan antara Indonesia U19 vs Thailand U19. Keduanya bertanding menggunakan Stadion Patriot Candrabhaga sebagai venue tempat pertandingan yang dilangsungkan pada Rabu (6/7).

Sebelum Pertandingan

Indonesia U19 yang bertindak sebagai home team pada laga ini dipastikan membidik kemenangan. Langkah itu diambil tim berjuluk Merah Putih ini agar bisa melangkah lebih jauh dalam gelaran Piala AFF U19.

Kubu Merah Putih sebelum pertandingan dimulai hanya menempati peringkat kedua klasemen grup B setelah menundukkan Brunei U19 lewat skor 7-0. Mereka berjarak dua angka dari Thailand U19 di puncak klasemen.

Sementara satu pertandingan Indonesia U19 lainnya berakhir tanpa pemenang saat melawan Vietnam U19. Skor kacamata tidak berubah meskipun pertandingan antara keduanya sudah berakhir dalam dua babak.

Thailand U19 sendiri mampu menyelesaikan dua pertandingan terdahulunya dengan kemenangan mutlak. Kubu berjuluk The War Elephants ini menyudahi pertarungan atas Filipina U19 dengan kedudukan tipis 1-0.

Kemudian pada partai menghadapi Myanmar U19, The War Elephants sukses menundukkan sang lawan dengan skor akhir 0-3. Berkat hasil tersebut mereka pun berhak menempati peringkat pertama grup B. Namun posisi mereka terancam jika kalah melawan Merah Putih.

Babak Pertama, Nihil Gol

Bertanding di hadapan pendukung sendiri, Indonesia U19 cukup baik menguasai jalannya pertandingan di awal babak. Peluang perdana didapatkan anak asuh Shin Tae-yong pada menit ke-10 lewat serangan balik.

Serangan dimulai oleh umpan lambung yang dilepaskan oleh Ahmad Rusadi dari wilayah pertahanannya sendiri. Umpan dari bek Belitong FC tersebut mengarah ke garis depan kepada Ronaldo Kwateh yang telah berlari meminta bola.

Penyerang bernomor punggung 10 tersebut mampu membuat bola melewati kiper musuh dan Chonnapat Buaphan secara sekaligus. Bola kemudian mengarah ke arah gawang namun akhirnya mampu dibuang oleh sang kiper, Narongsak Naengwongsa.

Menit ke-11 kembali tuan rumah memberikan ancamannya ke pertahanan The War Elephants. Kali ini tendangan langsung dihantamkan oleh Frezy AI Hudaifi. Namun aksi sang gelandang serang masih bisa diselamatkan kiper tamu.

Gempuran terus dilakukan oleh pasukan Indonesia U19, peluang terbaik terjadi pada menit ke-22. Bek sayap Persipura Junior, Mikael Tata nyaris bisa mengoyak gawang dari Narongsak Naengwongsa. Namun usahanya masih melebar dari target.

Setelah peluang tersebut, baik kedua tim terus melakukan serangan demi serangan namun tidak ada satupun hasil yang dapat dipetik. Maka babak awal pun harus berakhir dengan kedudukan akhir 0-0 bagi keduanya.

Babak Kedua, Skor Masih Sama Kuat

Bertanding kembali di babak selanjutnya, kedua tim terus melakukan gempuran. Berbalik dari babak sebelumnya, kali ini justru Thailand U19 yang beberapa kali sanggup memporak-porandakan pertahanan tuan rumah.

Posisi di puncak klasemen membutuhkan angka penuh untuk dapat dipertahankan oleh pasukan tim tamu. Tetapi jika Indonesia U19 yang mendapatkan kemenangan tentu, kemungkinan besar mereka yang berada di puncak.

Peluang emas bagi Thailand U19 lahir di menit ke-74 lewat umpan terobosan yang dilepaskan oleh Thanawut Phochai. Terobosan dari sang striker tidak dapat diputuskan oleh bek Merah Putih, Marcell Januar.

Usaha yang memutus aliran bola yang dicoba dilakukannya sia-sia karena kakinya sama sekali tidak menyentuh bola. Bola terus bergulir hingga dapat dikuasai oleh Seksan Ratree membawa bola masuk ke dalam area penalti.

Tendangan dilepaskannya namun masih belum bisa membobol gawang Indonesia U19. Lantaran tendangannya bisa dibaca dengan sempurna oleh Cahya Supriadi yang tampil ciamik pada pertandingan ini.

Beberapa detik kemudian kembali peluang masih bisa dibuat oleh pasukan The War Elephants. Kali ini dimulai oleh crossing Bukkoree Lemdee dari sisi kanan. Crossingnya diarahkan kepada Thanawut Phochai.

Sang striker yang terkepung oleh pemain bertahan musuh memutuskan memberikan bola kepada Kakana Khamyok. Sang gelandang langsung melepaskan tembakan ke arah gawang namun bisa diselamatkan oleh Cahya Supriadi.

Peluang kembali datang bagi Thailand U19 di menit ke-75 lewat sepakan keras Thawatchai Inprakhon dari sisi kiri. Tetapi aksi bek sayap bernomor punggung 3 itu belum dapat merubah skor lantaran mengarah ke sisi luar gawang.

Serangan kembali diteruskan oleh kedua pasukan, namun sama seperti di babak sebelumnya tidak ada satupun yang dapat berbuah gol. Pertandingan pekan ketiga Piala AFF U19 ini pun resmi berakhir dengan skor kacamata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here