Hasil Indonesia vs Nepal, Tujuh Gol Buat Indonesia Lolos ke Piala Asia

0
33

Debatbola.com – Kualifikasi Piala Asia babak grup matchday terakhir telah dilangsungkan yang salah satu laganya mempertemukan Indonesia vs Nepal. Kedua tim bermain menggunakan Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait pada Rabu (15/6) pukul 02.15 WIB.

Statistik Pertandingan
Menurut statistik pertandingan antara kedua pasukan yang bertanding, Indonesia mampu tampil menyerang. Pasukan berjuluk Merah Putih tersebut sukses melancarkan 31 serangan menuju pertahanan Nepal.

Dari jumlah serangan tersebut, Merah Putih mampu melahirkan 14 tembakan akurat ke gawang yang dikawal Deep Karki. Sementara Nepal membalas dengan melakukan tiga serangan ke pertahanan tim tamu.

Penyerang tim berjuluk The Gorkhalis tersebut melepaskan satu tendangan on target ke gawang Nadeo Argawinata. Indonesia juga mampu mendominasi jalannya pertandingan dengan melakukan 318 kali passing.

Babak Pertama, Indonesia Unggul Dua Gol
Memerlukan kemenangan untuk dapat melaju ke Piala Asia, Indonesia memutuskan tampil menyerang sejak awal pertandingan. Baru menit keenam, Merah Putih sudah mencetak gol ke gawang yang dikawal Deep Karki.

Gol diawali oleh pergerakan Asnawi Mangkualam dari sisi kanan. Bek sayap Ansan Greeners tersebut mengakhiri pergerakannya dengan mengirimkan crossing tepat ke mulut gawang, Umpannya disambar oleh Dimas Drajad.

Striker Persikabo itu pun mampu melesatkan sundulan keras yang menghujam ke gawang Nepal. Kiper lawan, Deep Karki tidak sanggup membendung arus bola karena longgarnya pertahanan yang dibangun para bek.

Selanjutnya Indonesia terus tampil menyerang dengan berkali-kali mengancam pertahanan The Gorkhalis. Namun tidak ada satupun peluang yang dibayar tuntas dengan sontekan-sontekan berujung gol.

Menit ke-43 akhirnya penantian berakhir, gol pengganda keunggulan bagi Merah Putih tiba. Asnawi Mangkualam kembali menjadi inisiator peluang dengan pergerakannya dari sisi kanan. Bek berusia 22 tahun tersebut menyelesaikan peluang dengan crossing mendatar.

Witan Sulaeman berhasil menggapai bola setelah Dimas Drajat melakukan dummy move. Dimana sang striker berhasil menarik dua bek Nepal. Ruang tembak yang terbuka lebar dapat dimanfaatkan oleh Witan Sulaeman dengan gol. Babak awal pun berakhir dengan kedudukan 2-0.

Babak Kedua, Indonesia Tambah Gol
Bertanding kembali di babak kedua, Indonesia semakin melakukan gempuran-gempuran ke pertahanan Nepal. Skor bertambah di menit ke-54 berkat sodoran tendangan dari bek Madura United, Fachruddin Aryanto.

Bek berusia 33 tahun tersebut memanfaatkan bola yang jatuh tepat di kakinya yang berawal dari sepakan corner kick. Sebelumnya bola sempat terpantul oleh tangkapan yang tidak sempurna dari Deep Karki.

Satu menit kemudian gol tercipta membuat skor menjadi 4-0 bagi Indonesia. Muhammad Rafli memberikan umpan ciamik dengan mencungkil bola menghasilkan terobosan bagi Saddil Ramdani di sisi kanan.

Kemudian winger yang bermain untuk tim asal Malaysia, Sabah FC tersebut sukses berlari menyongsong bola. Masuk di dalam area penalti dan tinggal berhadapan dengan kiper lawan membuatnya langsung melepaskan tembakan berujung gol.

Unggul empat gol Merah Putih belum puas, mereka terus melakukan serangan dan berbuah gol di menit ke-80. Elkan Baggot yang membantu penyerangan menyumbangkan satu gol lewat tendangan terukurnya dari luar area penalti.

Semenit kemudian gol kembali lahir bagi pasukan asuhan Shin Tae-yong ini. Witan Sulaeman menambah keunggulan sekaligus mencetak brace melalui tembakan dari dalam area penalti memanfaatkan umpan Ricky Kambuaya.

Pesta gol ditutup dengan gol terakhir di menit ke-90 berkat tendangan Marselino Ferdinan dari luar area penalti. Tembakan gelandang berusia 17 tahun milik Persebaya Surabaya tersebut membuat skor menjadi 7-0. Dengan begitu Indonesia pun berhak lolos ke Piala Asia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here