Hasil Indonesia vs Malaysia, Skuad Garuda Mendapat Perunggu

0

Debatbola.com – Timnas Indonesia dan Malaysia akhirnya bertemu di SEA Games dalam perebutan posisi ketiga di kompetisi tersebut. Pertandingan yang terlaksana di My Dinh National Stadium tersebut akhirnya dimenangkan oleh Indonesia. Malaysia harus menyerah kalah dengan skor penalti 3-4 di pertandingan tersebut.

Melakoni pertandingan di tanggal 22 Mei 2022 hari Minggu kemarin, Timnas Indonesia dan Malaysia bermain imbang hingga waktu pertandingan habis. Akhirnya laga berlanjut ke adu penalti dengan masing-masing memiliki 5 kesempatan. Timnas Indonesia berhasil menyarangkan 4 gol dan menang atas Malaysia yang hanya mencetak 3 gol saja.

Jalannya Pertandingan
Sejak pertandingan baru dimulai, Timnas Indonesia termasuk sangat sering menyerang ke pertahanan Malaysia. Bahkan, serangan balik yang dilakukan oleh pemain Indonesia cukup menjanjikan. Namun para pemain Indonesia kesulitan menembus pertahanan Malaysia dan rata-rata terhenti sebelum mendekati kotak penalti.

Malaysia sendiri memilih bermain dengan tempo lambat dengan merapatkan pertahanan untuk membendung serangan dari Indonesia. Timnas Malaysia juga berusaha memulai serangan dari belakang dan berusaha mencetak angka. Akan tetapi sampai turun untuk istirahat, skor tetap kosong untuk masing-masing klub.

Sebelum memasuki babak kedua, Malaysia kemudian memutuskan mengganti sebanyak 3 pemainnya. Pergantian tersebut rupanya memberikan perubahan yang cukup besar dan lebih berani menyerang. Terbukti dalam 10 menit awal Malaysia menciptakan banyak peluang yang masih berhasil ditahan pemain Indonesia.

Ditengah gempuran Malaysia di awal babak kedua, Indonesia justru berhasil mencetak angka terlebih dahulu. Kerja sama para pemain Indonesia berhasil membuat Ronaldo Kwateh berhasil lepas dari penjagaan pemain Malaysia. Tepat di menit ke-68 bola sepakan Kwateh menjebol gawang Malaysia.

Namun keunggulan skuad Garuda tidak berlangsung lama lantaran Malaysia berhasil menyamakan kedudukan. Muhammad Hadi Fayadh menerima bola yang sempat mengenai pemain Indonesia dan melesakkan ke gawang Timnas. Akhirnya di menit ke-81 kedudukan di laga tersebut menjadi imbang.

Skor seri membuat pertandingan berlangsung sengit di waktu yang menipis tersebut. Berusaha terus mencetak angka, masing-masing Timnas gagal menambah gol hingga peluit dibunyikan oleh wasit. Untuk menentukan pemenang, akhirnya laga dilanjutkan ke adu penalti.

Menang Adu Penalti
Tak juga mendapatkan pemenang, pertandingan kemudian dilanjutkan ke adu penalti dengan masing-masing Timnas mendapat 5 kesempatan. Timnas Malaysia mendapat kesempatan lebih dulu dan dimulai dengan Hadi Fayadh Abdul Razak yang menendang pertama. Sementara Indonesia sendiri penalti tersebut diawali oleh Asnawi Mangkualam.

Dari 5 kesempatan yang diterima Indonesia, hanya tendangan Asnawi saja yang gagal berbuah gol. Sedangkan untuk Malaysia, dua tendangan yang berhasil digagalkan oleh penjaga gawang Indonesia. Berkat hasil tersebut, Indonesia berhak mendapatkan medali perunggu di kompetisi SEA Games tahun 2022 ini.

Pemain Penentu Kemenangan
Indonesia cukup beruntung berhasil menang dalam pertandingan melawan Malaysia. Pasalnya banyak pemain yang harus absen karena kartu merah serta cedera dari pertandingan sengit sebelumnya. Bahkan Indonesia hanya bermain dengan 14 pemain saja di laga tersebut.

Kemenangan yang diraih oleh Indonesia di pertandingan kali ini disebabkan oleh dua orang yang menjadi penentu pertandingan. Pemain pertama yaitu Ernando Ari yang mampu menepis dua tendangan sekaligus saat adu penalti. Sementara satu lagi Marc Klok yang mencetak gol kemenangan Indonesia.

Hasil tersebut juga sekaligus memutus catatan buruk dari Timnas Indonesia U-23 saat melawan Malaysia. Sebelum pertandingan kemarin, Timnas Indonesia U-23 sudah kalah dalam tiga pertemuan beruntun dengan Timnas Malaysia U-23. Kini catatan buruk tersebut telah terhapus berkat kemenangan di SEA Games ini.

Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI mengaku bangga pada hasil yang diperoleh oleh Skuad Garuda. Meskipun bukan emas, Iriawan tidak kecewa karena hasil tersebut adalah hasil terbaik yang bisa didapat Timnas di SEA Games tahun ini. Belum lagi Timnas harus bermain dengan keadaan yang sangat pas-pasan di laga itu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version