Hasil Indonesia U19 vs Myanmar U19, Walaupun Menang Indonesia Gagal Lolos

0
35

Debatbola.com – Piala AFF U19 berlangsung kembali memainkan pertandingan pekan terakhirnya. Kompetisi sepak bola kelompok usia remaja antar negara-negara ASEAN tersebut mempertandingkan total lima pertarungan. Salah satunya laga antara Indonesia U19 vs Myanmar U19.

Kedua pasukan yang telah disebutkan bertanding menggunakan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi sebagai tempat pertandingan. Pertandingan sendiri telah berlangsung pada hari Minggu (10/7) mulai pukul 20.00 WIB.

Sebelum Pertandingan

Langkah Indonesia U19 lolos ke putaran selanjutnya di Piala AFF U19 berada di ujung tanduk. Skuat Merah Putih hanya meraih dua kemenangan dalam empat pertandingan terakhirnya. Hasil tersebut diraih ketika menghadapi Brunei U19 dan Filipina U19.

Kemudian saat melawan Vietnam U19 dan Thailand U19, Merah Putih hanya dapat menahan imbang dengan skor kacamata kedua lawannya tersebut. Hasil tersebut membuat mereka hanya bisa menempati peringkat ketiga klasemen grup A.

Maka untuk lolos ke putaran selanjutnya yakni babak gugur Piala AFF U19, kemenangan melawan Myanmar U19 tidak hanya menjadi syarat. Indonesia U19 juga bergantung pada laga antara Thailand U19 melawan Thailand U19.

Dimana laga tersebut juga berlangsung di hari yang sama dan waktu serupa. Sementara Myanmar U19 nasibnya lebih buruk dari sang lawan. Tim berjuluk Singa Asia tersebut sudah dipastikan tidak lolos ke babak gugur.

Lantaran dalam empat laga yang telah dimainkan, mereka hanya sanggup meraih enam poin hasil dari dua kemenangan dan dua kekalahan. Atas hasil itu mereka berada di tempat keempat tepat di bawah Merah Putih.

Babak Pertama, Lima Gol Tercipta

Myanmar U19 membuat Stadion Patriot Candrabhaga terdiam pada menit ke-7 setelah menciptakan gol. Gol diawali oleh tendangan penjuru yang diambil Oakkar Naing dari sisi kanan area penyerangannya. Sang penyerang melepaskan umpan tepat ke tiang terdekat.

Umpannya disambar oleh kapten tim, La Min Htwe yang tidak mendapatkan pengawalan berarti dari para pemain bertahan tuan rumah. Tandukannya yang mengarah tepat ke sudut kanan gawang tidak bisa diselamatkan Cahya Supriadi. Skor pun menjadi 0-1.

Indonesia U19 akhirnya membalas di menit ke-17 melalui taktik bola mati, indirect free kick. Free kick dieksekusi oleh Arkhan Fikri dengan mengirimkan umpan tepat ke pusat pertahanan dari lawannya, Singa Asia.

Di sana bek Persija Jakarta, Muhammad Ferarri yang maju overlap membantu penyerangan berhasil menanduk bola. Tandukan sang bek pun berhasil mengoyak gawang Hein Htet Soe untuk pertama kalinya dalam laga ini dan menyeimbangkan skor.

Menit ke-25 Indonesia U19 membalikkan keadaan dengan kembali menciptakan gol. Crossing yang dilepaskan Kakang Rudianto dari sisi kanan bisa terbaca oleh satu pemain bertahan lawan yang langsung membuang bola.

Akan tetapi clearance darinya tidak sempurna sehingga membuat bola bisa direbut oleh Zanadin Fariz. Sang gelandang memberikan umpan pendek kepada Arkhan Fikri yang segera menghantamkan bola dan menciptakan gol dari luar area penalti.

Menit ke-31 Muhammad Ferrari sukses mempertebal keunggulan menjadi 3-1. Proses golnya terjadi persis seperti gol pertamanya akan tetapi dengan pengumpan Zanadin Fariz dari titik free kick yang nyaris sama.

Rabbani Tasnim mengubah skor menjadi 4-1 di menit ke-33 lewat aksi serangan baliknya. Memanfaatkan kecepatan, penyerang Borneo FC tersebut mampu membawa bola tanpa bisa dikejar bek musuh ke dalam area penalti. Tendangan berujung gol dilepaskannya di dalam area penalti.

Babak Kedua, Indonesia U19 Ciptakan Gol Lagi

Di babak selanjutnya, Indonesia U19 kembali menciptakan golnya. Menit ke-73 gol berhasil diciptakan oleh Ronaldo Kwateh memanfaat umpan dari Zanadin Fariz. Tendangan kerasnya dari dalam area penalti tidak bisa diselamatkan Hein Htet Soe.

Gol tersebut menjadi yang terakhir tercipta dan Indonesia U19 unggul 5-1. Walaupun begitu, Merah Putih dinyatakan tidak bisa lolos ke putaran berikutnya, lantaran hasil imbang 1-1 terjadi antara Vietnam vs Thailand.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here