Hasil Genoa vs Juventus, Raih Poin Penuh Genoa Berpotensi Selamat dari Zona Degradasi

0
39

Debatbola.com – Liga Italia giornata ke-36 dilanjutkan oleh pertarungan antara Genoa vs Juventus. Kedua pasukan bertarung menggunakan Stadion Luigi Ferraris sebagai venue pertandingan. Laga dimulai pada Sabtu (7/5) pukul 02.00 WIB.

Menurut statistik pertandingan, Genoa yang bertindak sebagai tuan rumah secara mengejutkan dapat menjalankan permainan menyerang. Tim berjuluk Il Grifone tersebut sukses melancarkan 18 total serangan menuju pertahanan tim tamu.

Dari jumlah tersebut terdapat enam tendangan tepat sasaran yang mengarah ke gawang Wojciech Szczęsny. Sedangkan kubu Juventus yang seharusnya tampil lebih baik hanya membalas sebanyak 12 serangan ke pertahanan tuan rumah. Empat tembakan on target berhasil diciptakan tepat ke gawang Salvatore Sirigu.

Di sisi lain, Juventus sukses menguasai jalannya pertandingan pada laga ini. Bianconeri menguasai bola lewat persentase 54 %. Berbanding dengan penguasaan bola yang diciptakan Il Grifone dengan persentase 46 %.

Babak Pertama, Nihil Gol

Bertarung di hadapan suporter tuan rumah, Juventus kewalahan menghadapi permainan Genoa. Kubu yang diunggulkan tersebut juga sulit menciptakan gol dan harus menahan seri sang lawan di babak awal ini.

Peluang didapatkan oleh Juventus untuk pertama kalinya di babak awal lewat sundulan Moise Kean. Mantan penyerang Paris Saint Germain tersebut memanfaatkan crossing yang diberikan Paulo Dybala dari sayap kanan.

Sebelumnya gelandang muda milik Bianconeri, Fabio Miretti berhasil melewatkan bola dari kurungan dua pemain bertahan tuan rumah. Bola kemudian diserahkannya kepada Paulo Dybala. Sayangnya sundulan Moise Kean masih belum menemui sasaran.

Paulo Dybala pada peluang selanjutnya mendapatkan ruang tembak terbuka lebar. Dengan sekali tembakan, penyerang berpaspor Argentina tersebut berusaha menciptakan gol. Sayangnya tembakannya terlalu lemah bagi Salvatore Sirigu.

Terus digempur penyerang Juventus, Genoa bereaksi dengan menyerang pertahanan sang lawan. Manolo Portanova berhasil merebut bola dari penguasaan Fabio Miretti di area pertahanan Bianconeri. Gelandang berusia 18 tahun itu mencoba mengecoh dua penyerang Il Grifone namun kesulitan.

Akibatnya Manolo Portanova bisa merebut bola dan membawa bola lebih dekat menuju target. Ruang tembak yang terbuka hasil dari serangan balik berusaha dimanfaatkannya. Tembakan keras nan akurat dicoba diukirnya. Akan tetapi Wojciech Szczęsny sukses membaca arah bola dan menepis tendangan gelandang bernomor punggung 90 itu. Laga babak awal pun berakhir nihil gol alias 0-0.

Babak Kedua, Genoa Comeback

Bertarung kembali di babak kedua, Juventus mencoba lebih keras untuk menyerang dan memanfaatkan peluang yang didapatkannya untuk mencetak gol. Menit ke-48 atau tiga menit setelah laga babak kedua dimulai, Bianconeri berhasil melahirkan gol.

Gol diawali oleh crossing Juan Cuadrado dari sisi kanan yang ditujukannya kepada Adrien Rabiot yang berdiri di tiang jauh. Namun bola lebih dekat dengan bek Il Grifone, Silvan Hefti. Dimana dirinya menanduk bola hendak membuang.

Sayangnya bola bisa dikuasai kembali oleh Moise Kean yang meneruskannya kepada Paulo Dybala. Penyerang yang kontraknya akan habis tersebut berhasil merobek gawang Salvatore Sirigu melalui tendangan terukurnya ke sudut kiri. Skor menjadi 0-1 bagi keunggulan Bianconeri.

Mengalami gempuran dari pertahanan Juventus, Genoa berbalik menyerang. Menit ke-87, mereka berhasil menyeimbangkan kedudukan melalui umpan terobosan dari Nadiem Amiri ke sisi kiri, Albert Guðmundsson.

Pemain pengganti bernomor punggung 11 tersebut berhasil menjaringkan bola ke gawang Wojciech Szczęsny. Bola terobosan dari Nadiem Amiri berhasil melewatkan Albert Guðmundsson dari kawalan Mattia De Sciglio.

Genoa akhirnya mampu membalikkan kedudukan menjadi keunggulan bagi timnya dengan skor 2-1 lewat eksekusi tendangan 12 pas. Sebelumnya, Kelvin Yeboah dilanggar oleh Mattia De Sciglio di area penalti Juventus.

Domenico Criscito yang ditunjuk sebagai algojo sukses besar menunaikan tugasnya. Sang bek sayap membuat bola bersarang ke sudut kiri gawang Wojciech Szczęsny. Alhasil, Genoa pun berhak menerima poin penuh dan berpotensi keluar dari zona degradasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here