Hasil Everton vs Chelsea, Sempat Tertatih DI Babak Kedua, The Blues Mampu Menangi Laga

0
40

Debatbola.com – Chelsea petik poin krusial kala berjumpa dengan Everton di pekan perdana Liga Inggris 2022/23 pada Sabtu 6 Agustus 2022. Duel tersebut terselenggara di Goodison Park, markas Everton dengan kemenangan 1-0 untuk The Blues.

Gol penentu kemenangan Chelsea dibuat oleh Jorginho pada menit 45+8. Melalui eksekusi penalti, Jorginho mampu bawa Chelsea unggul hingga laga selesai. Chelsea mendapat hadiah penalti usai Abdoulaye Doucoure melakukan pelanggaran terhadap Ben Chilwell di kotak terlarang. Lantas bagaimana gambaran pertandingan tersebut?

Langsung Turunkan Tiga Amunisi Baru

Pada laga kali ini, sang manajer Thomas Tuchel langsung turunkan tiga amunisi barunya. Dua diantaranya yakni Kalidou Koulibaly dan Raheem Sterling bermain sebagai starting line up. Sedangkan bek kiri anyar mereka, Marc Cucurella memasuki pertandingan lewat bangku cadangan.

Chelsea mampu rapatkan lini pertahanan mereka dengan skema tiga bek. The Blues membuat Everton kerepotan untuk mencari celah demi ciptakan peluang. Namun bukan tanpa masalah, lini depan The Blues belum menunjukkan tajinya dan justru lebih banyak membuang peluang.

Aktor Lini Belakang Edouard Mendy, Thiago Silva, dan Kalidou Koulibaly

Dibandingkan Jordan Pickford, sebenarnya peran Mendy tak terlalu sibuk pada laga Everton kontra Chelsea. Selama pertandingan, Mendy mampu tuntaskan tiga penyelamatan sempurna, sementara Pickford lakukan lima penyelamatan untuk gawang Everton.

Meski jumlah penyelamatan Mendy lebih minim, aksi yang dilancarkan menjadi hal krusial. Mendy berhasil lakukan penyelamatan untuk peluang berbahaya dari Patterson. Hanya saja pada laga ini, Mendy terlihat tidak lebih tenang dari biasanya.

Pada laga kali ini Silva menunjukkan bahwa ia memang bek berkelas. Bek asal Brasil tersebut menjadi pemain yang paling banyak lakukan sapuan (3), intersep (4), umpan jauh (9), dan umpan sukses (62).

Koulibaly tuntaskan debut manis bersama The Blues meski belum torehkan poin sempurna. Pemain 31 tahun tersebut tampil solid dibawah komando Tuchel.

Koulibaly juga bermain baik dalam distribusi bola dan kerap kali terlibat saat The Blues membangun serangan dari belakang. Hanya saja, mantan pemain Napoli tersebut terpaksa harus keluar lebih awal akibat cedera ringan.

Statistik Pertandingan

Chelsea tampil lebih dominan sepanjang laga dengan ball possession mereka yang jauh lebih besar ketimbang tim tuan rumah. The Blues kuasai bola sebanyak 63 persen berbanding 37 persen untuk Everton.

Chelsea juga mampu lesakkan 15 tendangan sepanjang laga dan catatkan enam kali tendangan ke gawang. Sedangkan Everton hanya melepas delapan kali tembakan, empat diantaranya mengarah ke gawang. Kendati demikian, The Blues sempat alami situasi pelik kala laga memasuki akhir babak kedua.

Tuchel Akui Anak Buahnya Kelelahan Di Babak Kedua

Babak kedua Tuchel mengaku timnya tidak memiliki cukup gerakan dalam menguasai bola. Hal tersebut yang buat anak asuhnya banyak kehilangan bola pada paruh kedua pertandingan. Skema permainan juga macet di antar lini, baik itu di setengah wilayah lawan maupun wilayah The Blues.

Jadi pada pertandingan tandang pertama musim ini di Liga Inggris, Chelsea bermain bertahan untuk jaga asa meraih poin maksimal. Kai Havertz dkk melakukan apa saja semampu mereka demi menjaga clean sheet dan tuai kemenangan.

Kemenangan tandang ini menjadi hasil laga pembuka Liga Inggris yang manis bagi tim tamu. Anak asuh Tuchel akan kembali lakoni Liga Inggris pekan kedua pada Minggu, 14 Agustus 2022 melawan Tottenham Hotspur. Sementara Everton akan jalani laga tandang dengan berjumpa Aston Villa pada Sabtu, 13 Agustus 2022.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here