Hasil Ekuador vs Brasil, Penuh Pelanggaran Kasar Laga Berakhir Seri

0
97

Debatbola.com – Pertandingan sambungan Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan tersaji di pertengahan pekan ini antara Ekuador kontra Brasil. Laga ke-15 ini dimainkan di Estadio de Liga Deportiva Universitaria pada Jumat (28/1) jam 04.00 WIB.

Dilihat dari catatan permainan antara kedua tim, masing-masing skuat saling bermain terbuka dan jual beli serangan sejak awal laga. Namun skuat tamu, Brasil unggul dari segi efektivitas dan agresivitas serangan dengan 12 percobaan. Dimana 6 kali serangannya mampu mengarah tepat ke sasaran.

Sementara tim tuan rumah tertinggal tipis dan menyusul lewat catatan 10 kali serangan. Tim berjuluk La Tricolore hanya berhasil mengirimkan satu tembakan on target saja. Dimana sukses menjadi gol semata wayang tim.

Babak Pertama, Casemiro Buat Brasil Unggul

Bertanding di markas sang lawan, Brasil tidak malu-malu untuk menyerang dan menancapkan dominasi atas Ekuador. Gol pertama dalam pertandingan ini terjadi di menit ke-6 melalui umpan silang Philippe Coutinho.

Pemain Aston Villa tersebut bergerak dari sisi kiri jalur penyerangan timnya dan membuat umpan silang melambung. Casemiro yang ditujunya sukses menggapai bola hasil tandukan Matheus Cunha dan mengkonversi menjadi gol dan menciptakan keunggulan bagi Brasil.

Pada menit ke-15 terjadi insiden di dalam area penalti Ekuador. Kiper La Tricolore, Alexander Dominguez Carabali tertangkap basah melakukan pelanggaran keras terhadap Matheus Cunha. Kiper berusia 34 tahun itu sebenarnya ingin menghalau bola.

Namun kakinya diangkat terlalu tinggi dan tendangannya justru mengenai badan penyerang Atletico Madrid tersebut. Tak tanggung-tanggung wasit yang bertugas pun langsung memberikan kartu merah mengingat beratnya pelanggarannya.

Selecao hanya lima menit saja bermain dengan keunggulan jumlah pemain. Petaka juga datang menghampiri tim tamu lantaran terjadi pelanggaran kasar oleh Emerson Royal di daerah pertahanannya sendiri.

Bek sayap Tottenham Hotspur tersebut berniat untuk membuang bola namun mengenai daerah vital Michael Estrada. Lantas wasit pun menghukumnya dengan kartu merah dan Emerson Royal harus meninggalkan lapangan pertandingan.

Sayang laga ini berisi sekali lagi pelanggaran kasar karena Alisson Becker juga mengikuti Alexander Dominguez Carabali. Kiper Liverpool tersebut mengangkat kaki terlalu tinggi dan mengenai kepala sang kapten, Enner Valencia. Beruntung Alisson Becker hanya mendapatkan kartu kuning sebagai peringatan.

Babak Kedua, Ekuador Petik Poin

Bertanding kembali di babak selanjutnya, Ekuador yang tertinggal satu gol bermain lebih menyerang. Menit ke-49 mereka berhasil menggetarkan gawang Alisson Becker. Sayang hakim garis mengangkat benderanya. Lantaran bola sudah melewati garis lapangan terlebih dahulu.

Peluang kedua tercipta bagi Ekuador tepat di menit ke-60 dimana terjadi kemelut di mulut gawang Brasil. Sayang Michael Estrada gagal memanfaatkannya dan berhasil diamankan oleh Alisson Becker yang tak mau ambil resiko.

Menit ke-63 giliran skuat asuhan Tite yang mengancam pertahanan musuhnya. Gabriel Jesus berhasil meraih bola terobosan dan tinggal berhadapan one on one dengan Hernán Galíndez. Akan tetapi penyerang Manchester City tersebut tidak dapat melewati sang kiper pengganti.

Gol yang ditunggu-tunggu publik Estadio de Liga Deportiva Universitaria terjadi pada menit ke-75. Bek tengah La Tricolore, Felix Torres mengkonversi dengan sempurna umpan crossing dari skema sepak pojok Gonzalo Plata.

Sang winger menempatkan bola akurat ke area kerumunan pemain di mulut gawang dan mampu dikonversi oleh Felix Torres. Seisi stadion bergemuruh menyambut gol tim kesayangannya dan menciptakan skor seri, 1-1.

Pelanggaran keras kembali terjadi di pertandingan ini tepat di menit-menit akhir babak kedua. Alisson Becker kedapatan melakukan pelanggaran kasar dan hendak diberikan kartu merah. Tetapi setelah melakukan pengecekan VAR, wasit mengurungkan niatnya. Hingga laga berakhir, skor 1-1 tetap terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here