Hasil Burnley vs Southampton, The Clarets Raih Kemenangan

0
35

Debatbola.com – Pertandingan tunda Liga Inggris matchday ke-30 berlangsung di Turf Moor Stadium mempertemukan laga antara Burnley vs Southampton. Kedua pasukan memulai pertarungan pada Jumat (22/4) pukul 01.45 WIB.

Berdasarkan statistik hasil permainan keduanya menghasilkan Burnley lebih tampil menyerang. Klub berjuluk The Clarets tersebut sukses membukukan total 16 serangan ke pertahanan lawannya. Diantaranya terdapat enam tendangan yang berhasil on target.

Sedangkan Southampton membalas sebelas serangan ke pertahanan tuan rumah. Terdapat tiga tendangan tim berjuluk The Saints tersebut yang sukses mengarah langsung ke gawang yang dikawal Nick Pope.

Southampton di sisi lain berhasil menguasai jalannya permainan pada pertandingan ini. The Saints mendominasi penguasaan bola lewat persentase 57 %. Berbanding 43 % yang diciptakan oleh skuat Burnley.

Babak Pertama, Burnley Unggul

Bertanding di hadapan pada pendukung sendiri membuat Burnley tampil percaya diri dan lebih menyerang. Pencapaian poin penuh sangat berarti bagi pasukan The Clarets agar bisa keluar dari zona degradasi.

Peluang pertama hadir pada menit ke-7 bagi skuat Southampton melalui corner kick yang dilakukan James Ward-Prowse. Gelandang asal inggris tersebut melepaskan bola menuju kerumunan pemain di pusat pertahanan tuan rumah. Oriol Romeu menggapai bola dan menyambarnya dengan kepalanya. Namun masih meleset dari target.

Pada menit ke-12 serangan pertama yang dihasilkan Burnley langsung menjadi gol. Pergerakan dimulai dari sisi kanan oleh Josh Brownhill yang memberikan umpan pendek kepada Connor Roberts. Bek sayap bernomor punggung 14 itu pun langsung mengirimkan tendangan dari luar area penalti.

Tendangan Connor Roberts sukses mengarah ke sudut kanan gawang Fraser Forster. Dimana kiper veteran berusia 34 tahun tersebut tidak dapat meraih bola sehingga harus merelakan gawangnya terbobol. Skor pun menjadi 1-0 bagi skuat The Clarets.

Dua menit berikutnya tim tuan rumah kembali menyerang, gol yang mereka dapatkan belum membuat tim berpuas diri. Umpan terobosan dilesatkan Dwight McNeil kepada Wout Weghorst memanfaatkan serangan balik.

Striker berkebangsaan Belanda tersebut mampu melewati penjagaan yang dilakukan bek tengah The Saints, Lyanco. Sayangnya finishing Wout Weghorst masih terlalu lemah bagi kiper tim tamu, Fraser Forster.

Burnley berhasil menambah gol di menit ke-44 lewat aksi Josh Brownhill memanfaatkan tendangan corner. Sang gelandang memberikan umpan terukur kepada bek tengah timnya, Nathan Collins yang maju membantu penyerangan.

Dengan sundulannya, bola bergerak ke sudut kiri gawang dari Fraser Forster. Para pemain bertahan Southampton tidak ada yang berusaha keras untuk mengganggu Nathan Collins melakukan sundulan. Maka babak awal pun harus berakhir dengan skor 2-0.

Babak Kedua, Burnley Pertahankan Kemenangan

Kembali melanjutkan pertandingan di babak kedua, Burnley tetap dalam permainan menyerangnya. Gol didapatkan pasukan asuhan Mike Jackson pada menit ke-63 melalui crossing Dwight McNeil yang dipantulkan James Tarkowski.

Sang bek memberikan bola kepada Jack Cork yang disentuh pelan dengan kakinya menjadi gol. Akan tetapi wasit harus menganulir gol tersebut lantaran terjadi pelanggaran offside terlebih dahulu sebelum gol tercipta.

Menit ke-68 giliran Southampton yang mendapatkan kesempatan emas untuk melahirkan gol. Peluang bermula dari crossing Nathan Redmond yang ditujukan kepada Che Adams. Dimana sang striker tepat berada di mulut gawang. Sayangnya tendangannya masih bisa diatasi oleh Nick Pope.

Menit ke-71 The Saints masih mencoba menciptakan gol kali ini lewat free kick langsung James Ward-Prowse. Sang gelandang mengarahkan bola tepat ke atas gawang Nick Pope. Namun bisa ditepis oleh sang kiper. Hingga laga berakhir, Burnley tetap mempertahankan keunggulan 2-0.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here