Hasil Brunei vs Vietnam, Tekuk Brunei, Vietnam ke Puncak Klasemen Grup A

0
29

Debatbola.com – Piala AFF U19 terus melangsungkan pertandingannya dengan memainkan satu pertarungan antara Brunei U19 vs Vietnam U19. Laga antara keduanya berlangsung menggunakan Stadion Patriot Candrabhaga pada Rabu (6/7).

Sebelum Pertandingan

Brunei U19 yang belum mendapatkan poin dari dua kali bertanding masih terus berusaha agar bisa meraihnya di laga ini. Tim berjuluk Si Tawon ini mengalami dua kali pertandingan buruk sepanjang berlaga di Piala AFF U19.

Brunei U19 harus dihajar telak oleh dua tim yang di awal kompetisi. Baik Indonesia dan Myanmar U19 berhasil mengalahkan Si Tawon dengan kedudukan akhir serupa yakni 7-0 dan mengirimkannya ke peringkat dasar.

Menghadapi Vietnam U19, Brunei U19 kembali tidak diunggulkan mengingat sang lawan memiliki kekuatan lebih baik. Terlebih tim berjuluk The Golden Star itu belum terkalahkan dalam dua laga yang dimainkan.

The Golden Star juga membidik kemenangan pada laga ini agar bisa meraih tempat di posisi puncak. Sebab mereka hanya berjarak tiga angka saja dari Thailand U19 yang sementara memuncaki klasemen grup A.

Babak Pertama, Dua Gol Tercipta

Gol pembuka tercipta bagi The Golden Star pada menit ke-11 melalui skema sepakan penjuru yang dieksekusi Thai Van Thao. Sang winger mengarahkan bola tepat ke tiang jauh dan disambar oleh Ha Chau Phi.

Bek sayap bernomor punggung 2 itu mampu memantulkan bola yang sudah dilewati oleh Riyan Aiman Jali ke dalam gawang. Aksinya tidak mampu dihadang oleh satupun pemain bertahan Brunei U19 dan membuat skor menjadi 0-1.

Vietnam U19 menggandakan keunggulannya di menit ke-33 diawali oleh tusukan yang dilakukan Thai Van Thao dari sisi kanan. Sisi kiri pertahanan Si Tawon yang kosong dimanfaatkannya dengan sangat baik.

Sang winger dengan leluasa melakukan cut inside dan melepaskan crossing melambung ke mulut gawang. Satu bek musuh, Maverick Lim salah mengantisipasi datangnya bola yang membuat bola mengarah ke gawangnya sendiri.

Dang Tuan Phong yang berada di dekat garis gawang kemudian langsung menanduk bola ke dalam gawang. Tambahan tenaga dari sang bek tengah menyebabkan bola lebih cepat bergerak dan akhirnya menjadi gol.

Brunei U19 yang terus digempur berbalik melawan pada menit ke-39. Serangan dibangun Si Tawon dari sisi kanan yang dipimpin oleh Hakeme Yazid Said. Sang winger melepaskan umpan terobosan kepada Bazli Aminuddin.

Striker bernomor punggung 11 itu menggunakan kecepatannya untuk menjauh dari kawalan yang dilakukan Dinh Thanh Dat. Bazli Aminuddin sebenarnya hendak melepaskan crossing namun bola justru bergerak ke arah sang kiper. Babak awal pun berakhir dengan skor 0-2.

Babak Kedua, Vietnam U19 Tambah Gol

Bertanding kembali di babak selanjutnya, dua gol yang berhasil disarangkan Vietnam U19 tidak membuat mereka berpuas. Mereka justru kembali menekan sang lawan, Brunei U19 pada babak selanjutnya ini.

Gol didapatkan pada menit ke-59 diawali kerja keras Thai Van Thao dari sisi kiri. Sang winger dengan kecepatannya mampu menembus pertahanan sisi kanan lawan. Kemudian dirinya meluncurkan crossing mendatar tepat ke dalam area penalti.

Nguyen Gian Tan di dalam area penalti berhasil menguasai bola dan tanpa ditekan oleh pemain bertahan SI Tawon. Dirinya leluasa membalik badannya dan menciptakan tendangan yang berujung gol ketiga bagi timnya.

Nguyen Duc Viet mengakhiri pesta bagi Vietnam U19 pada pertandingan ini dengan golnya di menit ke-62. Gol diawali clearance bola yang tidak sempurna dari satu pemain bertahan Brunei U19. Bola yang mengarah ke kakinya langsung dibalas dengan tembakan akurat.

Tembakan akurat tersebut mendarat tepat ke dalam gawang Riyan Aiman Jali sehingga menjadi gol keempat timnya. Berkat gol tersebut pasukan The Golden Star mengakhiri pertandingan dengan skor akhir 0-4.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here