Hasil Brunei U19 vs Filipina U19, Filipina Unggul Lima Gol

0
31

Debatbola.com – Piala AFF U19 berlangsung kembali memainkan pertandingan pekan terakhirnya. Kompetisi sepak bola kelompok usia remaja antar negara-negara ASEAN tersebut mempertandingkan total lima pertarungan. Salah satunya laga antara Brunei U19 vs Filipina U19.

Kedua pasukan yang telah disebutkan bertanding menggunakan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi sebagai tempat pertandingan. Pertandingan sendiri telah berlangsung pada hari Minggu (10/7) mulai pukul 17.00 WIB.

Sebelum Pertandingan

Brunei U19 menjadi tim terlemah dalam grup A setelah tidak mampu meraih satupun angka dalam empat pertandingan terakhirnya. Mereka berturut-turut dikalahkan Myanmar, Indonesia, Vietnam dan Thailand.

Total kebobolan 20 menjadi hasil yang harus ditanggung oleh pasukan berjuluk Si Tawon ini. Atas perolehan kekalahan beruntun tersebut, mereka harus menjadi penghuni dasar klasemen grup A dengan nihil poin.

Rekor mereka semakin buruk karena tidak mampu menciptakan satupun gol ke gawang keempat lawannya yang telah dihadapi tersebut. Sementara Filipina U19 juga bergelar sama yakni tanpa kemenangan di empat laga terakhirnya.

Mereka berturut-turut dilumat Thailand, Vietnam, Myanmar dan Indonesia. Akan tetapi mereka berhasil menyarangkan tiga gol dengan masing-masing satu di gawang Vietnam, Myanmar dan Indonesia. Tim berjuluk The Azkals tersebut pun berhak menempati posisi di atas Brunei U19.

Pertandingan ini pun tidak berpengaruh terhadap eksistensi keduanya di babak selanjutnya. Karena keduanya sudah dipastikan gugur di babak grup. Namun laga ini tetap memiliki gengsinya tersendiri lantaran menjadi penentu siapa tim terlemah di grup A.

Babak Pertama, Filipina U19 Unggul Dua Gol

Gol pembuka tercipta bagi pasukan Filipina U19 di menit ke-20 setelah sebelumnya terus menggempur pertahanan dari Brunei U19. Gol dicetak oleh Karl Balandra Absalon yang berhasil memanfaatkan keteledoran satu pemain bertahan lawan.

Bek yang melakukan kesalahan tersebut adalah Maverick Lim Soon Heng yang hendak mengontrol bola hasil crossing dari penyerang musuh. Namun bola salah dikontrolnya yang menyebabkan bola dapat menuju Karl Balandra Absalon.

Sang gelandang sayap kanan tersebut menggunakan kecepatannya untuk membawa bola masuk ke dalam area penalti. Dengan sentuhan terbaiknya, bola di kakinya bisa disarangkan ke dalam gawang M. Riyan Aiman Jali. Skor menjadi 0-1.

Brunei U19 sempat membalas dengan melakukan satu peluang di menit ke-36. Serangan balik menjadi andalan para penyerang Si Tawon dengan tendangan langsung M. Hakeme Yazid yang on target. Akan tetapi bisa diselamatkan Lance J. A. Bencio.

Menit ke-41, Filipina U19 berhasil menambah keunggulannya melalui sundulan A. Rafael Teves Aldeguer. Striker bernomor punggung 9 tersebut mampu mengonversi umpan yang diberikan Justin Lawrence C. Frias dari eksekusi indirect free kick.

Babak Kedua, Filipina U19 Tambah Keunggulan

Kembali bermain di babak selanjutnya, Filipina U19 yang unggul dua gol tidak menyurutkan semangat menyerangnya. A. Rafael Teves Aldeguer sukses menciptakan brace di menit ke-65 melalui tendangan dari dalam area penalti.

Sebelumnya striker yang memperkuat Azkals Development Team tersebut mendapatkan umpan kunci dari rekannya, Cian Gabriel Galsim. Sodoran kerasnya tidak mampu dihalau oleh barisan pertahanan dan M. Riyan Aiman Jali sendiri.

Uriel Reyes Dalapo membuat skor menjadi 0-4 melalui serangan balik cepat. Dirinya yang tinggal berhadapan dengan M. Riyan Aiman Jali mampu membuat bola melewati sang penjaga gawang tersebut.

Gol penutup dicetak melalui sundulan oleh melalui umpan indirect free kick. Umpan diciptakan oleh Harry James P. Nunez dari sisi kanan wilayah penyerangan timnya. Sundulan dilesatkan Jaime D. Rosquillo menjadi gol penutup pada pertandingan penutup grup A ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here