Hasil Borussia Dortmund vs Valencia, Valencia Taklukkan Borussia Dortmund

0
25

Debatbola.com – Masa libur kompetisi tidak disia-siakan oleh klub-klub Eropa. Mereka memilih melaksanakan pertandingan uji coba agar bisa melakukan persiapan lebih matang. Salah satu laga diselenggarakan antara Borussia Dortmund vs Valencia bertempat di CASHPOINT Arena pada Selasa (19/7).

Sebelum Pertandingan

Borussia Dortmund yang finish di tempat kedua Bundesliga dipastikan akan membidik gelar juara pada musim mendatang. Klub berjuluk Die Borussen ini memang telah kehilangan striker terbaiknya, Erling Haaland yang pindah ke Manchester City.

Akan tetapi Borussia Dortmund telah mendatangkan dua orang striker yang tidak kalah berbahayanya. Sebastian Haller yang tampil mengesankan di Ajax Amsterdam dan Karim Adeyemi adalah dua striker yang baru direkrut.

Kemudian di sektor pertahanan, Die Borussen juga sudah mendaratkan dua orang bek tengah tangguh. Niklas Sule, bek inti tim nasional Jerman memilih pindah ke Signal Iduna Park setelah kontraknya habis dengan Bayern Munchen.

Lalu ada Nico Schlotterbeck yang merupakan bek masa depan tim nasional Jerman. Keduanya dipastikan akan menjadi tumpuan dari pusat pertahanan Borussia Dortmund di musim depan. Tidak hanya itu, klub juga baru mendapatkan Salih Ozcan, Marcel Lotka dan Alexander Meyer.

Sedangkan Valencia, beberapa musim belakangan ini terlempar dari posisi seharusnya di empat besar La Liga. Musim lalu saja tim berjuluk Los Che ini hanya mampu menyudahi musim dengan duduk di peringkat sembilan.

Mereka berselisih tujuh angka dari Athletic Bilbao yang finish tepat di atasnya. Los Che Terakhir kali finish di tempat keempat adalah di musim 2018/2019. Maka dari itu, masa libur kompetisi ini dijadikan ajang untuk meningkatkan kekuatan tim.

Selama jendela transfer summer yang masih berlangsung ini, mereka sudah mendapatkan dua orang pemain. Hugo Duro didapatkan dari Getafe kemudian Samu Castillejo didaratkan dari AC Milan dengan status free transfer.

Statistik Pertandingan

Menurut statistik pertandingan antara kedua tim, keduanya hampir berimbang dilihat dari jumlah serangan. Akan tetapi Borussia Dortmund tampil lebih efisien dalam menyerang dibandingkan lawannya, Valencia.

Perwakilan Jerman melepaskan sembilan serangan ke pertahanan Los Che. Dari jumlah tersebut terdapat enam tembakan tepat sasaran yang mengarah ke gawang Giorgi Mamardashvili yang bergantian dengan Jasper Cillessen.

Sedangkan Valencia juga melakukan sembilan serangan yang jumlahnya sama. Akan tetapi pasukan Die Borussen hanya mampu mengonversi empat tembakan on target yang mengarah ke gawang Gregor Kobel.

Beranjak ke hitungan penguasaan bola, Valencia membalik keadaan. Los Che berhasil unggul dengan membukukan catatan 59 % penguasaan bola. Angka tersebut berbanding 41 % penguasaan bola dari Die Borussen.

Babak Pertama, Valencia Unggul Duluan

Valencia berhasil menciptakan gol pada menit ke-40. Proses terjadinya gol diawali oleh melalui pergerakan Samu Castillejo dari sisi sebelah kanan jalur penyerang timnya. Eks winger AC Milan tersebut berhasil membawa masuk bola ke dalam area penalti.

Mendapatkan hadangan dari dua pemain bertahan Borussia Dortmund, dirinya memutuskan mengirimkan operan pendek kepada Gonçalo Guedes yang bebas tak terkawal. Tanpa kontrol bola winger kiri Los Che berhasil menciptakan gol. Babak awal pun berakhir 0-1 bagi Valencia.

Babak Kedua, Valencia Pertahankan Kemenangan

Bertanding kembali di babak selanjutnya, Valencia yang unggul sedikit menyurutkan serangannya. Hal tersebut dimanfaatkan oleh Borussia Dortmund yang mendapatkan gol pada menit ke-51 lewat eksekusi tendangan 12 pas.

Marco Reus yang ditugaskan sebagai algojo sukses mendaratkan bola ke dalam gawang yang dikawal Giorgi Mamardashvili. Namun skor tersebut tidak bertahan terlalu lama karena Los Che mendapatkan keunggulan kembali di menit ke-58.

Marcos André sukses mengonversi umpan pendek yang diberikan oleh Carlos Soler. Gregor Kobel sendiri telah terkecoh dan dilewati oleh Carlos Soler sehingga Marcos André tinggal berhadapan dengan gawang yang terbuka lebar.

Valencia menyudahi pertarungan dengan keunggulan 1-3 sesudah gol ketiganya tercipta di menit ke-62. Gonçalo Guedes berhasil menciptakan brace memanfaatkan crossing yang dilepaskan Thierry Correia dari sisi kanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here