Hasil Borneo FC vs PSM Makassar, Borneo FC Melangkah ke Semifinal Dalam Waktu Normal

0
41

Debatbola.com – Piala Presiden memasuki pertandingan babak gugur setelah fase grup terlewati. Telah ada dua tim dari masing-masing empat grup yang dinyatakan lolos dan kini telah dan akan bermain di babak perempat final.

Salah satu laga telah dimainkan oleh pertarungan antara Borneo FC vs PSM Makassar. Keduanya memainkan pertarungannya di Stadion Segiri sebagai arena pada Minggu (3/7) kemarin pukul 20.30 WIB.

Sebelum Pertandingan

Borneo FC mampu lolos ke babak perempat final Piala Presiden setelah menjadi pemuncak grup B dengan koleksi sepuluh poin. Dari keempat pertarungan yang telah dimainkan klub berjuluk Pesut Etam tersebut, mereka bergelar unbeaten.

Tiga kemenangan berhasil diraih Borneo FC ketika bertanding menghadapi Madura United, Persija Jakarta dan RANS Nusantara. Sementara mereka bermain imbang saat bertanding melawan tim sepulau, Barito Putera lewat skor 0-0.

Skuat Borneo FC juga menjadi tim kedua yang tersubur di gelaran babak grup Piala Presiden. Dimana Pesut Etam berhasil menyarangkan total enam gol di sepanjang babak grup. Mereka tertinggal sembilan angka dari jumlah gol yang dicetak PSIS Semarang.

Sementara PSM Makassar mampu menembus babak perempat final setelah mengakhiri fase grup sebagai runner up. Tim berjuluk Laskar Pinisi itu menemani Arema FC di grup D yang lolos sebagai juara grup.

PSM Makassar berhasil mengemban empat angka hasil dari tiga pertarungan grup D yang diisi oleh tiga klub. Mereka menutup fase grup dengan tiga hasil berbeda yang didapatkannya ketika bertarung di grup D.

Satu kemenangan diraihnya ketika berlaga melawan Arema FC, kemudian satu hasil imbang saat bertemu Persik Kediri. Terakhir mereka harus mengakui keunggulan TIRA-Kabo lewat kedudukan akhir 0-1.

Babak Pertama, Borneo FC Unggul

Borneo FC terpilih sebagai penyelenggara pertandingan babak perempat final Piala Presiden lantaran menjadi pemuncak grup. Bermain di hadapan suporternya sendiri, tim berjuluk Pesut Etam ini tidak ingin tampil mengecewakan.

Permainan menyerang sudah diterapkan oleh pasukan asuhan Milomir Seslija sejak pertandingan di menit-menit awal. Hasilnya dua gol cepat pun didapatkan oleh Pesut Etam tepat di babak awal pertandingan ini.

Gol perdana dicetak pada menit ke-6 diawali oleh sepakan penjuru yang diambil Jonathan Bustos. Gelandang serang berkebangsaan Argentina tersebut melepaskan umpan terukur langsung ke mulut gawang.

Mantan bek tengah Persita Tangerang, Agung Prasetyo maju overlap membantu penyerangan timnya. Dengan tinggi badan mencapai 187 cm tidak membuatnya kesulitan menyambar bola dan melesatkan sundulan tajam.

Sundulan bek berusia 29 tahun tersebut mengarah ke sudut kiri gawang Muhammad Reza Arya Pratama. Kiper muda berusia 22 tahun itu tidak dapat menjangkau arah bola dan harus membiarkan gawangnya terbobol.

Tidak sampai di situ, Borneo FC kembali menambah golnya di menit ke-18. Stefano Lilipaly menggagas proses terciptanya gol dengan melepaskan crossing dari sisi kiri jalur penyerangan timnya. Crossing tersebut mengarah ke tiang jauh.

Di sana Terens Puhiri berhasil menanduk bola namun tandukannya memantul ke tanah. Dirinya berhasil menjauhkan bola dari Muhammad Reza Arya Pratama yang mencoba memutus aliran bola. Bola kemudian mengarah ke kaki Matheus Pato.

Striker asal Brasil tersebut pun langsung mengarahkan tembakan ke posisi gawang yang sudah ditinggal penunggunya. Dengan tendangannya tersebut gol tercipta dan babak awal sementara Pesut Etam berjaya 2-0.

Babak Kedua, PSM Makassar Tipiskan Jarak Gol

PSM Makassar kembali bertarung di babak selanjutnya dan berhasil menipiskan jarak ketertinggalan. Skor diubahnya menjadi 2-1 setelah Wiljan Pluim melesatkan tendangan memanfaatkan direct free kick yang dieksekusinya.

Gelandang asal Belanda itu mampu menjebol gawang Angga Saputro. Sayangnya, skor 2-1 terus bertahan sampai laga selesai. Maka Borneo FC yang unggul pun dinyatakan lolos ke babak semifinal menggugurkan PSM Makassar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here