Hasil Borneo FC vs Barito Putera, Barito Putera Tahan Imbang Borneo FC

0
23

Debatbola.com – Piala Presiden melangsungkan pertandingan pekan ketiganya di edisi 2022 ini. Salah satu pertandingan mempertemukan laga antara Borneo FC vs Barito Putera. Pertarungan bertajuk Derby Kalimantan itu berlangsung di Stadion Segiri pada Rabu (22/6).

Statistik Pertandingan
Menurut statistik kedua tim dalam melangsungkan pertandingan, Borneo FC yang bertindak sebagai tuan rumah mampu tampil lebih mendominasi. Klub berjuluk Pesut Etam tersebut sanggup melepaskan 14 serangan ke pertahanan tim tamu.

Dari jumlah tersebut terdapat dua tembakan yang berhasil diarahkan tepat ke gawang yang dikawal Joko Ribowo. Sementara Barito Putera sukses membalas dengan mengerahkan empat serangan menuju pertahanan tuan rumah.

Skuat berjuluk Laskar Antasari ini menyamai perolehan jumlah tendangan on target milik sang tuan rumah. Dimana mereka juga berhasil menciptakan total dua tendangan yang tepat mengenai gawang yang dijaga Angga Saputro.

Kemudian beranjak ke penguasaan bola yang masih didominasi oleh Borneo FC. Pesut Etam menguasai bola lewat persentase 73 %. Jumlah perolehan tersebut berbanding 27 % penguasaan bola yang dibuat oleh Barito Putera.

Babak Pertama, Nihil Gol
Bertanding di hadapan pendukungnya sendiri, Borneo FC bertekad menekan tamunya agar bisa memenangkan pertandingan. Sebelum pertandingan dimulai, mereka hanya menempati peringkat kedua dengan hasil kemenangan dalam satu laga yang telah dimainkan.

Sementara Barito Putera, yang telah melaksanakan dua pertandingan di Piala Presiden berada di puncak klasemen. Laskar Antasari berhak berdiri di puncak karena telah menghasilkan satu kemenangan dan satu hasil seri.

Kemenangan dalam pertandingan ini akan sangat berarti bagi skuat Pesut Etam. Selain dapat memenangkan Derby Kalimantan, mereka juga bisa memperbaiki posisi di klasemen grup B dengan menggeser pesaingnya tersebut.

Peluang perdana hadir di menit ke-40 bagi pasukan tuan rumah melalui serangan yang dipimpin Jonathan Bustos. Gelandang asal Argentina itu mampu membawa bola menembus pertahanan sang lawan hingga menjelang area penalti.

Bola langsung diumpankan kepada Hendro Siswanto di sebelah kanan. Gelandang bernomor punggung 12 tersebut langsung mengirimkan crossing mendatar ke dalam area penalti kepada Kei Hirose. Gelandang asal Jepang itu lantas menguasai bola.

Sekali sentuhan, dirinya mencari ruang tembak yang lebih baik untuk melancarkan tendangan. Ketika didapatkannya, tendangan langsung diarahkan tepat ke gawang Barito Putera. Sayangnya Joko Ribowo dapat dengan mudah menyelamatkan gawangnya karena arus bola yang lemah.

Babak Kedua, Skor Sama Kuat Tanpa Gol
Tendangan Kei Hirose tadi menjadi satu-satunya peluang yang tercipta di babak awal. Berlanjut di babak selanjutnya, Borneo FC tetap dalam permainan menyerangnya disusul counter attack yang dilancarkan Barito Putera di sela-sela serangan tuan rumah.

Peluang kembali lahir bagi skuat Pesut Etam di menit ke-52. Serangan diawali oleh Matheus Pato dari sisi kanan. Kecepatan dari penyerang berkebangsaan Brasil tersebut mampu menembus hadangan ketat dari para pemain bertahan tim tamu.

Sebelum memasuki area penalti, crossing melambung dilancarkannya tepat ke mulut gawang. Di sana ada Stefano Lilipaly yang ditujunya dan telah menunggu datangnya bola, dirinya berhasil lepas dari penjagaan Bagas Kaffa.

Sayang sekali eks penyerang Bali United tersebut gagal mengonversi crossing Matheus Pato menjadi tendangan. Bola tidak ditendangnya secara sempurna padahal dirinya tinggal berhadapan dengan Joko Ribowo saja. Bola justru meleset dari target dan keluar lapangan.

Diego Michiels mendapatkan kesempatan emas untuk dapat menciptakan gol di menit ke-58. Eks bek sayap Arema FC tersebut menerima operan umpan dari Kei Hirose di dalam area penalti. Namun kembali finishing tidak dilakukan sempurna.

Pertandingan terus berlanjut dengan serangan demi serangan yang dilancarkan Borneo FC. Tetapi tidak satupun yang berhasil menjadi gol. Tanpa gol di laga ini, kedua pasukan yang bertanding pun harus berbagi angka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here