Hasil Barcelona vs Galatasaray, Gagal Unjuk Taji, Barcelona Main Imbang Tanpa Gol Kontra Galatasaray

0
56

Debatbola.com – Gagal unjuk taji, Barcelona akhirnya hanya bermain imbang tanpa gol melawan Galatasaray pada leg pertama fase 16 besar dari Liga Europa musim 2021/2022, Jumat (11/3/2022) dini hari tadi WIB di Stadion Camp Nou.

Babak Pertama, Laga Berjalan Imbang

Berlaga di hadapan publik sendiri, Barcelona langsung mengambil inisiatif serangan lebih dulu saat laga baru dimulai. Xavi Ball masih mendominasi gaya bermain Memphis Depay dan kolega. 

Media wahana888 menilai gaya bermain itu berhasil membuat barisan bertahan Galatasaray kewalahan mengamankan gawang. Umpan pendek yang dilancarkan skuad Blaugrana membuat mereka mampu mendominasi penguasaan bola lebih banyak.

Berbekal kecepatan yang dimiliki, Adama Traore berulang kali mengobrak-abrik sisi kanan pertahanan dari tim asal Turki tersebut. Namun sampai 15 menit laga berjalan, tidak ada peluang satupun yang mampu tercipta. 

Serangan-serangan yang dilancarkan tuan rumah tak ubahnya seperti gertakan saja. pertarungan yang alot sempat berlangsung antara kedua kesebelasan. Tetapi belum ada satupun peluang yang benar-benar membahayakan gawang.

Memasuki menit ke-27, Barcelona mendapatkan peluang emas melalui tendangan bebas yang dilancarkan Memphis Depay. Sayangnya tendangan melengkung dari pemain asal Belanda ini mampu ditundukkan oleh penjaga gawang Galatasaray, Inaki Pena dengan mudah. 

Sepuluh menit berikutnya pemain bertahan Blaugrana dibuat kocar-kacir setelah tim tamu melakukan serangan balik yang sangat cepat. Sayangnya sepakan Kerem Akturkoglu masih mengenai badan dari Erick Garcia dan sedikit leayang di atas mistar gawang.

Lima menit menjelang laga babak pertama usai, Barcelona kembali memberikan tekanan kepada tim tamu. Sayangnya usaha tim ini untuk mencetak gol perdana masih menemui jalan buntu. Akhirnya babak pertama harus diakhiri dengan skor kacamata alias tanpa gol satupun.

Babak Kedua, Kedua Kesebelasan Gagal Menghasilkan Gol

Berambisi untuk memenangkan laga, Xavi langsung melakukan pergantian pemain ketika laga babak kedua dimulai. Dia memasukkan Sergio Busquets, Ousmane Dembele dan Gerard Pique untuk menggantikan Nico Gonzales, Ferran Torres dan Ronald Araujo. Ketiga pemain yang diganti tersebut dirasa kurang memberikan kontribusi yang maksimal sehingga Barcelona kurang kreatif dalam membangun serangan.

Pergantian pemain tersebut nampaknya menjadi keputusan yang tepat. Sebab permainan dari Barcelona nampak lebih hidup dari sebelumnya. Pada menit ke-57 Sergio Busquets nyaris mencetak gol pertama untuk timnya. Akan tetapi magis Inaki Pena masih terlalu kuat dibawah mistar gawang Galatasaray

Lima menit kemudian giliran Jordi Alba mencoba peruntungannya dengan melepas tembakan ke gawang Galatasaray. Akan tetapi peluang kembali terbuang setelah bola hanya melenceng di samping tiang gawang.

Pada menit ke-71 Barcelona kembali membangun serangan yang membuat tim tamu kewalahan. Kali ini Adama Traore berhasil menusuk masuk ke dalam kotak penalti dan langsung melepaskan tembakan akurat. Namun sekali lagi Inaki Pena menunjukkan magisnya karena bola mengenai mistar gawang dan gagal berbuah menjadi gol.

Kehebatan Inaki pena di laga kali ini benar-benar diuji. Empat menit setelah percobaan Adama Traore, Pierre-Emerick Aubameyang kembali memberikan ujian berat dengan tendangan saltonya. Bola sempat hanya memantul dan diteruskan oleh Frenkie de Jong yang semakin deras menuju gawang. Namun Pena mampu dengan mudah menangkap bola dan gagal menjadi gol.

Setelah terlalu asyik menyerang, Barcelona kecolongan oleh serangan balik dari Galatasaray. Menit ke-78 Bafetimbi Gomis melancarkan serangan balik melalui skill individunya. Akan tetapi Barcelona juga beruntung karena mantan pemain Swansea City ini lebih dulu masuk dalam jebakan offside. 

Sepuluh menit menjelang laga terakhir, Barcelona sempat mengurung tim tamu dalam area bertahannya sendiri. Tetapi sampai laga berakhir, kedua tim masih menemui jalan buntu dan gagal mencetak gol. Karena laga berakhir imbang, kedua tim nanti harus melanjutkan pertandingan di leg kedua pada Kamis (18/3) mendatang di kandang Galatasaray dan harus ada tim pemenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here