Hasil AZ Alkmaar vs Vitesse, AZ Alkmaar Hantam Telak Vitesse di Leg Kedua

0
41

Debatbola.com – Liga Belanda menyelenggarakan pertandingan setelah menyelesaikan musimnya guna menentukan klub mana yang berhak mendapatkan tiket ke Liga Konferensi Eropa. Pertandingan tersebut dimainkan oleh AZ Alkmaar vs Vitesse.

Statistik Pertandingan
Berdasarkan statistik pertandingan antara kedua pasukan, AZ Alkmaar yang bertindak sebagai home team mampu tampil lebih menyerang. Tim berjuluk De Kaasboeren tersebut membukukan 21 serangan ke pertahanan Vitesse. Mereka berhasil melepaskan total 14 tendangan tepat sasaran ke gawang Jeroen Houwen.

Sementara Vitesse membalas dengan mengerahkan 14 serangan menuju pertahanan tuan rumah. Dengan lima di antaranya sukses diarahkan on target menuju sasaran yakni gawang dari Peter Vindahl Jensen.

Dari segi penguasaan bola, AZ Alkmaar kembali mendominasi. De Kaasboeren menguasai jalannya pertandingan dengan persentase 53 %. Berbanding 47 % penguasan bola milik pasukan tamu berjuluk Vitas.

Babak Pertama, AZ Alkmaar Unggul Tiga Gol
Tertinggal agregat 1-2 dari Vitesse membuat pasukan AZ Alkmaar tidak punya cara lain untuk memenangkan laga selain tampil menyerang. Setidaknya untuk memenangkan pertarungan, mereka harus memenangkan laga dengan selisih dua gol.

Kubu tuan rumah menutup jalannya pertandingan dengan mencetak skor terakhirnya. Pada menit ke-89, Jesper Karlsson berhasil mengonversi crossing yang dilesatkan Tijjani Reijnders dari sisi kiri. Dengan begitu agregat telak yang diciptakan membuat AZ Alkmaar merebut tiket ke Liga Konferensi Eropa.

Kemudian winger bernomor punggung 20 tersebut segera melepaskan crossing mendatar yang sukses disambar oleh striker tim, Vangelis Pavlidis. Tendangannya berhasil menerobos penjagaan Jeroen Houwen membuat timnya menyeimbangkan agregat 2-2.

Pada menit ke-13 De Kaasboeren membalikkan kedudukan agregat menjadi keunggulan bagi timnya. Sepakan jarak jauh Tijjani Reijnders dari luar area penalti sang lawan membuat gawang Vitesse terkoyak kedua kalinya di pertandingan ini.

Bola yang ditendangnya dibelokkan oleh para pemain bertahan Vitas yang berusaha memblok bola. Sehingga membuat arah bola yang sudah dibaca Jeroen Houwen menjadi berubah. Pada akhirnya sang kiper tidak bisa berbuat berbuat apa-apa.

Menit ke-41 keunggulan AZ Alkmaar semakin bertambah. Agregat kini menjadi 4-2 setelah Dani de Wit yang mendapatkan bola di gawang terbuka dari umpan silang Milos Kerkez berhasil menjaringkan bola ke gawang musuh.

Posisi kiper musuh sudah tidak lagi di posisi karena tidak dapat memotong arus crossing dari sisi kiri. Gawang yang terbuka tidak menjadi masalah besar bagi Dani de Wit. Babak awal pun berakhir dengan agregat 4-2 bagi tuan rumah.

Babak Kedua, AZ Alkmaar Tambah Gol
Bermain kembali di babak kedua, AZ Alkmaar terus menggempur pertahanan Vitesse guna menciptakan gol. Menit ke-52 usaha keras mereka berhasil berbuah gol melalui serangan balik cepat berkat bantuan umpan terobosan Jesper Karlsson.

Winger bernomor punggung 11 tersebut dengan jeli mengirimkan umpan kepada Tijjani Reijnders yang dengan kecepatannya sanggup menguasai bola. Dirinya juga berhasil mengecoh Jeroen Houwen sebelum akhirnya mampu menggetarkan gawangnya.

Menit ke-75 gol tercipta lagi bagi kubu tuan rumah membuat agregat berganti 6-2. Tendangan free kick Jesper Karlsson mampu bersarang tepat ke sudut kiri gawang Jeroen Houwen yang tidak bisa ditepis oleh kiper.

Vitesse memperkecil agregat menjadi 6-3 di menit ke-78 dari tendangan free kick Riechedly Bazoer membalas gol sebelumnya. Sang bek melepaskan tembakan mendatar tepat melalui bawah kaki pagar betis musuh yang melompat.

Kubu tuan rumah menutup jalannya pertandingan dengan mencetak skor terakhirnya. Pada menit ke-89, Jesper Karlsson berhasil mengonversi crossing yang dilesatkan Tijjani Reijnders dari sisi kiri. Dengan begitu agregat telak yang diciptakan membuat AZ Alkmaar merebut tiket ke Liga Konferensi Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here