Hasil Atalanta vs RB Leipzig, Brace Christopher Nkunku Bawa RB Leipzig ke Semifinal Liga Europa

0
35

Debatbola.com – Liga Europa ronde perempat final leg kedua telah berlangsung antara Atalanta vs RB Leipzig. Keduanya bertarung menggunakan Stadion Atleti Azzurri d’Italia sebagai arena pertandingan. Laga dimulai pada Kamis (14/4) pukul 23.45 WIB.

Berdasarkan statistik pertandingan, Atalanta yang tampil sebagai tuan rumah mampu tampil lebih agresif. Pasukan yang mempunyai julukan La Dea tersebut sukses melepaskan 16 serangan menuju pertahanan tim tamu.

RB Leipzig hanya sanggup membalas 11 serangan ke pertahanan tuan rumah. Namun tim perwakilan Jerman itu bermain lebih efektif, karena berhasil melancarkan tujuh serangan yang tepat menuju gawang Juan Musso. Sementara La Dea hanya bisa membuat tiga serangan on target ke gawang Péter Gulácsi.

Atalanta kembali menguasai jalannya permainan dengan mendominasi penguasaan bola lebih banyak dibandingkan sang lawan. La Dea menguasai bola dengan persentase 57 % berbanding 43 % milik tim tamu berjuluk Die Bullen tersebut.

Babak Pertama, Christopher Nkunku Bawa RB Leipzig Unggul

Bermain di leg kedua, masing-masing tim masih memiliki kans yang serupa untuk dapat lolos ke babak semifinal. Lantaran leg pertama yang berlangsung di Red Bull Arena hanya berakhir seri, 1-1 untuk kedua tim.

Kedua tim pun bermain terbuka dengan tujuan menciptakan gol. Peluang pertama hadir di menit ke-5 bagi pasukan tuan rumah. Atalanta menyerang lewat sisi kanan berkat pergerakan gelandang asal Ukraina, Ruslan Malinovskyi.

Umpan diarahkan sang gelandang ke tiang terjauh dimana posisi tersebut tidak dijaga ketat oleh pemain bertahan Die Bullen. Bola pun diterima Davide Zappacosta dan segera dilakukan tembakan, sayang sekali masih bisa diredam Péter Gulácsi.

Menit ke-18 gol akhirnya tercipta untuk pasukan RB Leipzig. Gol diawali umpan lambung Benjamin Henrichs kepada Konrad Laimer di sisi kanan lapangan. Lalu menggunakan kecepatan tinggi, gelandang bernomor punggung 27 itu berlari membawa bola ke area penalti tanpa bisa dihadang bek lawan.

Posisi yang menguntungkan itu terus berlanjut karena Christopher Nkunku lihai dalam mencari ruang kosong. Konrad Laimer mengirimkan umpan mendatar kepadanya. Lantas dengan tenaga keras, tembakan dihasilkan gelandang serang asal Prancis tersebut menggetarkan gawang Juan Musso. Agregat menjadi 1-2 untuk Die Bullen.

Pada menit ke-35, Atalanta kembali meraih kesempatan untuk menciptakan gol. Duván Zapata yang menerima bola di dalam area penalti lawan sulit mencari ruang tembak sebab dibayang-bayangi bek musuh.

Lalu setelah melihat posisi terbuka, dirinya mengirimkan umpan kepada Teun Koopmeiners. Gelandang berkebangsaan Belanda itu langsung melakukan tendangan keras. Namun tendangannya bisa diblok oleh Kevin Kampl.

Babak Kedua, RB Leipzig Memastikan Diri Lolos Semifinal

Bertanding kembali di babak kedua, RB Leipzig yang sudah mendapatkan skor keunggulan di babak sebelumnya tetap dalam posisi menyerang. Hanya unggul satu gol belum membuat posisi mereka aman untuk tetap berlanjut ke babak semifinal.

Peluang perdana di babak ini tercipta pada menit ke-55 bagi skuat RB Leipzig. Serangan balik yang dikomandoi Konrad Laimer menyebabkan bola dengan cepat bergerak ke area pertahanan sang lawan. Tercipta posisi tiga lawan tiga.

Sang gelandang melebarkan arah serangan ke sisi kiri dimana terdapat Christopher Nkunku yang langsung melakukan umpan terobosan kepada Andre Silva. Juan Musso berhasil membaca bola dan membuat Andre Silva gagal mengeksekusi bola.

Akan tetapi kiper asal Argentina tersebut tidak dapat menangkap bola dengan sempurna. Konrad Laimer nyaris mencetak gol memanfaatkan keteledoran sang kiper. Beruntung bagi Atalanta karena bola meleset.

Gol kedua tercipta bagi RB Leipzig di menit ke-87 setelah Christopher Nkunku dijatuhkan oleh Juan Musso di dalam area terlarang sang kiper. Gelandang serang asal Prancis itu pun ditunjuk sebagai algojo tendangan 12 pas dan sukses melahirkan brace. Berkat golnya tersebut RB Leipzig pun dapat lolos ke babak semifinal Liga Europa musim ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here