Hasil AS Roma vs Sunderland, AS Roma Tundukkan Sunderland

0
35

Debatbola.com – Pertandingan ujicoba dilaksanakan beberapa klub Eropa untuk memanfaatkan masa jeda kompetisi yang telah berakhir. Salah satu pertarungan mempertemukan antara AS Roma vs Sunderland yang dimainkan di Estádio Municipal de Albufeira pada Rabu (13/7).

Sebelum Pertandingan

AS Roma menutup musim lalu dengan finish sebagai peringkat keenam klasemen Serie A. Mereka menciptakan satu angka selisih dengan rival sekotanya, Lazio di tempat kelima. Di musim depan, tim berjuluk I Giallorossi tersebut akan mewakili Serie A di Liga Europa.

I Giallorossi baru saja mendatangkan tiga orang pemain baru guna memperkuat timnya di musim depan. Zeki Celik, eks bek sayap Lille didatangkan dengan harga mencapai 7 juta Euro. Sementara dua pemain lagi yakni Nemanja Matic serta Mile Svilar datang dengan status free transfer.

Sedangkan Sunderland yang musim lalu bermain di League One telah dipastikan promosi ke Liga Championship. Skuat berjuluk The Black Cats tersebut memenangkan babak playoff setelah mengalahkan Wycombe.

The Black Cats juga telah mendaratkan beberapa pemain. Daniel Ballard, bek tengah Arsenal bergabung dengan harga 2.3 juta Euro. Kemudian Leon Dajaku dengan pembelian mencapai 870 ribu Euro. Dipastikan para pemain baru akan turut bermain guna mencari peran yang tepat di taktik pelatih.

Statistik Pertandingan

Menurut statistik pertandingan antara kedua tim, AS Roma yang memang memiliki level berbeda dari sang lawan tampil mendominasi. Pasukan I Giallorossi melancarkan 13 serangan ke pertahanan Sunderland.

Dari 13 serangan tersebut tercipta empat tembakan akurat yang mengarah tepat ke gawang Anthony Patterson. Sementara Sunderland membalas dengan menciptakan dua serangan menuju pertahanan AS Roma.

Para penyerang The Black Cats mampu mengonversi hanya satu tendangan on target ke gawang Mile Svilar. Catatan jumlah operan juga lebih banyak dibuat oleh wakil Italia dengan 489 operan berbanding 365 milik wakil Inggris.

Penguasan bola didominasi oleh AS Roma dimana mereka dapat menguasai bola lewat persentase 57 %. Sunderland di sisi lain hanya menguasai bola lewat persentase cukup tipis bila dibandingkan yakni 43 % penguasaan bola.

Babak Pertama, Nihil Gol

Peluang perdana pada pertandingan ini tercipta pada menit ke-9. Eldor Shomurodov mendapatkan umpan lambung dari area pertahanannya sendiri. Tinggal berhadapan dengan Anthony Patterson, sang striker gagal menguasai bola.

Menit ke-13, peluang kembali didapatkan pasukan asuhan Jose Mourinho kali ini melalui Eldor Shomurodov. Striker berkebangsaan Uzbekistan tersebut membuat satu operan kunci dari sisi kiri namun berhasil dipotong oleh bek Sunderland.

Tendangan ke gawang pertama kali diciptakan di menit ke-33 diawali aksi tendangan free kick Jordan Veretout. Gelandang berkebangsaan Prancis itu mengirimkan umpan ke tiang jauh. Chris Smalling melesatkan tembakan akan tetapi hanya membentur mistar gawang. Babak awal berakhir 0-0.

Babak Kedua, AS Roma Cetak Dua Gol

Bertanding kembali di babak selanjutnya, AS Roma yang gagal menciptakan gol tetap bermain menyerang. Memang ini adalah laga pra musim, namun kemenangan dapat berpengaruh terhadap mental pemain.

Usaha penyerangan tim Giallorossi akhirnya berbuah manis di menit ke-75. Mereka dapat unggul melalui sepakan penyerang muda, Felix Afena-Gyan. Dirinya memanfaatkan operan kunci yang dibuat oleh Ebrima Darboe.

AS Roma semakin terbang tinggi di menit ke-80 lewat gol yang dicetak Nicolò Zaniolo. Gelandang yang bermain di tim nasional Italia tersebut mengonversi dengan sempurna crossing mendatar yang dilepaskan Felix Afena-Gyan dari sebelah kiri.

Berkat gol-gol tersebut, AS Roma dapat menutup pertandingan pra musimnya atas Sunderland dengan kedudukan akhir 2-0. Selanjutnya mereka akan menghadapi Portimonense SC, sementara Sunderland dijadwalkan bertanding melawan Dundee United.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here