Hasil Arema FC vs Borneo FC, Arema FC Raih Keunggulan di Leg Pertama

0
31

Debatbola.com – Piala Presiden memasuki babak final leg pertama setelah menyelesaikan partai semifinal. Partai final pun telah mempertemukan antara Arema FC vs Borneo FC dengan leg pertama dimainkan di Stadion Kanjuruhan pada Kamis (14/7).

Sebelum Pertandingan

Arema FC dapat lolos ke partai final setelah mengandaskan tim favorit juara, PSIS Semarang dalam dua laga partai semifinal. Tim berjuluk Singo Edan ini mengandaskan sang lawan dengan agregat 4-1. Di leg pertama gol dilesatkan Abel Camará dan Gian Zola.

Dua gol di leg pertama ditambah dua gol di leg kedua oleh Rizky Dwi dan Muhammad Rafli. Kubu PSIS Semarang hanya bisa membalas satu gol di leg kedua dimana gol diciptakan oleh Jonathan Cantillana di penghujung babak kedua.

Sedangkan Borneo FC sukses menekuk tim semifinalis lainnya yakni PSS Sleman. Tim berjuluk Pesut Etam ini juga bermain di dua leg menghadapi musuhnya yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut.

Leg pertama berakhir kemenangan dua gol tanpa balas setelah Matheus Pato menciptakan brace di babak awal. Leg kedua, Pesut Etam makin trengginas dalam melangsungkan pertandingan. Mereka melibas Laskar Elang Jawa dengan empat gol di leg kedua.

Matheus Pato dan Stefano Lilipaly masing-masing mencetak satu gol. Kemudian Muhammad Sihran dan Diego Michels juga masuk dalam daftar pencetak skor. Berkat agregat 6-0, Borneo FC pun berhak berlaga di partai final menantang Arema FC.

Statistik Pertandingan

Menurut statistik pertandingan antara kedua tim, Arema FC tampil lebih agresif dibandingkan lawannya. Tim berjuluk Singo Edan tersebut berhasil melancarkan total 15 serangan ke pertahanan tim tamu, Borneo FC.

Dari jumlah 15 serangan tersebut, para penyerang mampu mengonversi hanya dua tendangan on target ke gawang Angga Saputro. Sementara Borneo FC membalas dengan mengarahkan 10 serangan ke pertahanan tuan rumah.

Akan tetapi Pesut Etam dapat tampil lebih efisien dalam menyerang. Karena mereka berhasil menciptakan empat tembakan on target ke gawang Adilson Maringa. Dilihat dari jumlah operan, Pesut Etam juga unggul dengan 331 operan berbanding 323 milik Arema FC.

Statistik penguasaan bola berakhir imbang bagi keduanya. Sang tuan rumah, Arema FC menguasai bola lewat persentase 50 %. Dimana Borneo FC yang berstatus sebagai tim tamu juga menguasai bola lewat persentase 50 %.

Babak Pertama, Abel Camará Bawa Arema FC Unggul

Bermain di rumah sendiri membuat Arema FC ngotot tampil menyerang sejak awal pertandingan. Mereka juga tampil menekan sejak awal laga dan berhasil mengekspos ruang-ruang kosong yang dibuat pertahanan Borneo FC.

Gol tercipta bagi Singo Edan di menit ke-15 jalannya pertandingan. Proses gol diawali oleh pergerakan Adam Alis dari sisi sebelah kiri jalur penyerangan timnya. Gelandang sayap bernomor punggung 18 tersebut mampu meloloskan bola.

Adam Alis sebelumnya dihadang oleh tiga pemain bertahan dari Borneo FC namun bisa membuat bola mengarah ke kaki Gian Zola di dalam area penalti. Eks winger Persib Bandung itu akhirnya mengangkat bola ke sisi tengah pertahanan Pesut Etam.

Bola akhirnya disambar oleh Abel Camará dengan sundulan. Angga Saputro yang bertugas sebagai kiper tidak mampu mengantisipasi bola yang bersarang di sudut kanan gawangnya. Berkat gol tersebut, Arema FC unggul 1-0 di ronde awal.

Babak Kedua, Arema FC Pertahankan Keunggulan

Kembali melanjutkan pertandingan di babak selanjutnya, Arema FC mengendorkan semangat menyerangnya. Hal ini pun dimanfaatkan Borneo FC yang mendapatkan peluang berharga di menit ke-85.

Arya Gerryan, winger Pesut Etam mendapatkan ruang tembak terbuka. Matheus Pato segera memberikan umpan kepadanya dan langsung disambut dengan tembakan. Namun bola hanya melayang dari gawang Adilson Maringa. Arema FC pun dapat mempertahankan keunggulannya di akhir leg pertama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here