Hasil Alaves vs Barcelona, El Barca Petik Angka Penuh Di Markas Alaves

0
168

Debatbola.com – Jornada ke-22 Liga Spanyol ditutup dengan pertandingan yang mempertemukan Alaves melawan Barcelona. Kedua tim saling berhadapan di Stadion Mendizorrotza pada Senin (24/1) mulai pukul 03.00 WIB.

Dari catatan pertandingan, Barcelona mampu menguasai keadaan menghadapi tim penghuni zona degradasi tersebut. Total skuat asal Catalan itu melancarkan 10 kali percobaan ke gawang Alaves dimana 4 di antaranya tepat sasaran.

Sementara sang tuan rumah tak mau kalah dan membalas 6 kali tembakan dengan 2 sukses tepat sasaran. Skuat asuhan Xavi Hernandez ini juga masih mendominasi dalam penguasaan bola mencapai 76 %. Berbanding 24 % milik Alaves.

Akan tetapi Barcelona masih kesulitan untuk mencetak gol bahkan ke gawang Alaves sejak awal pertandingan dimulai. Mereka baru melahirkan gol semata wayangnya pada empat menit menjelang waktu normal berakhir.

Babak Pertama, Kedua Pasukan Saling Balas Serangan

Barcelona membuat ancaman pertamanya di partai ini pada menit ke-8 lewat aksi Ferran Torres dari jalur penyerangan sebelah kanan. Eks pemain Manchester City itu mengakhiri pergerakannya dan mengirimkan umpan silang mendatar.

Sayang pemain yang ditujunya, Luuk De Jong tidak sanggup meraih bola dan berhasil diamankan oleh bek Alaves, Florian Lejeune. Padahal nyaris sedikit saja striker asal Belanda itu dapat menciptakan gol ketiganya di musim ini.

Tak berselang lama kemudian, Luuk De Jong kembali mengancam gawang Fernando Pacheco di menit ke-13. Umpan melambung Pedri Gonzalez mengarah tepat ke kakinya dan lantas dikonversi menjadi tendangan. Sayang sepakannya masih melebar.

Empat menit sebelum babak awal berakhir, Alaves sempat mendapatkan kesempatan emas untuk menciptakan gol. Sayang usaha dari Luis Rioja melalui tembakan dari luar area penalti masih bisa dijinakkan kiper El Barca, Ter Stegen.

Tim tuan rumah belum puas, menit ke-45 mereka kembali lagi mencoba melakukan penyerangan. Kali ini lewat pergerakan Luis Rioja dari sisi kanan dan diteruskan kepada Pere Pons. Akan tetapi tembakan Pere Pons dari dalam kotak penalti tidak begitu kencang dan dapat dengan mudah diamankan Ter Stegen.

Babak Kedua, Kemenangan Diraih Skuat Barcelona

Bertanding kembali di babak selanjutnya, kedua tim tetap ngotot mencari kemenangan. Dimana keduanya membutuhkan poin untuk tujuan berbeda. Kubu tuan rumah memerlukan poin untuk lepas dari zona degradasi. Sedangkan tim asal Catalan memerlukan banyak poin untuk dapat kembali ke papan atas.

Peluang di babak ini diawali oleh Alaves pada menit ke-52. Aksi serangan dari sisi kiri yang digagas oleh Joselu mampu membuat bola bergulir ke mulut gawang. Sayangnya tak ada satupun penyerang klub berjuluk Los Babazorros itu yang menyongsong bola.

Menit ke-63 giliran Barcelona yang mengancam gawang Fernando Pacheco. Crossing Pedri Gonzalez dari skema tendangan bebas meluncur tepat ke Luuk De Jong, dimana dirinya sudah menanti di depan sasaran.

Sang striker lantas melepaskan sepakan ke arah gawang namun masih bisa ditangkis. Tepisan sang kiper menjadi blunder dan kembali gagal dimanfaatkan oleh Gerard Pique yang berdiri tepat di samping Luuk De Jong.

Gol semata wayang pada pertarungan ini baru tercipta di menit ke-87 melalui umpan Jordi Alba kepada Ferran Torres. Kemudian winger bernomor punggung 19 itu meneruskannya kepada Frenkie De Jong yang sudah terbebas dari jebakan offside.

Finishing dari Frenkie De Jong pun sangat sempurna bagaimana dirinya mampu mengecoh sang kiper. Sang gelandang menembak bola ke arah yang berbeda dari tebakan Fernando Pacheco. Berkat gol ini Barcelona mampu mencuri poin penuh dari Stadion Mendizorrotza.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here