Hasil 1860 Munchen vs Borussia Dortmund, Borussia Dortmund Unggul Tiga Gol Tanpa Balas

0
20

Debatbola.com – DFB Pokal mengawali perjalanannya di musim ini dengan memainkan laga putaran pertama. Salah satu pertandingan telah mempertemukan antara 1860 Munchen vs Borussia Dortmund. Kedua skuat menggunakan Grünwalder Stadion, markas 1860 Munchen pada Sabtu (30/7).

Sebelum Pertandingan

1860 Munchen bertanding mewakili tim kasta ketiga sepak bola Jerman, Bundesliga 3. Musim lalu pasukan berjuluk Die Löwen menempati peringkat keempat Bundesliga 3 dan gagal promosi ke kasta kedua.

Musim 2022/2023 Bundesliga 3 sendiri telah dilangsungkan dan sementara 1860 Munchen berada di posisi ketiga. Die Löwen meraih kemenangan perdananya atas Dynamo Dresden dengan kedudukan tipis, 3-4.

Pada kesempatan ini, 1860 Munchen ditunjuk sebagai tuan rumah karena memiliki level permainan di bawah sang lawan. Hal tersebut dilakukan agar pertandingan DFB Pokal ini menjadi sedikit lebih berimbang.

Sementara Borussia Dortmund adalah perwakilan dari Bundesliga, kasta tertinggi sepak bola Jerman dan merupakan penantang Bayern Munchen dalam meraih gelar. Musim lalu mereka finish di tempat kedua Bundesliga di bawah Bayern Munchen.

Tim berjuluk Die Borussen itu merupakan juara DFB Pokal edisi 2020/2021 setelah mengandaskan RB Leipzig di final. Namun musim lalu mereka St. Pauli di babak 16 besar dan gagal mempertahankan gelarnya.

Statistik Pertandingan

Menurut statistik pertandingan, Borussia Dortmund yang punya level berbeda sukses menunjukkannya. Tim berjuluk Die Borussen tampil begitu mendominasi baik dalam hal menyerang maupun statistik penguasaan bola.

Dalam hal menyerang, Borussia Dortmund mampu melesatkan 25 serangan ke pertahanan 1860 Munchen. Dari jumlah 25 serangan itu terdapat sebelas tembakan on target ke gawang yang dikawal Marco Hiller.

Sedangkan 1860 tampil begitu tertekan sepanjang pertarungan putaran pertama DFB Pokal ini. Mereka hanya sanggup membalas lewat satu serangan saja. Namun serangan tersebut pun tidak tepat sasaran ke gawang Gregor Kobel.

Beranjak ke segi penguasaan bola, Borussia Dortmund mampu menguasai lebih banyak bola. Die Borussen menguasai bola lewat persentase 83 %. Perolehan tersebut berbanding 17 % milik 1860 Munchen.

Babak Pertama, Tiga Gol Dilesatkan Borussia Dortmund

Tak menunggu waktu lama agar Borussia Dortmund bisa mencatatkan keunggulan. Tepat di menit ke-8 gol pertama berhasil tercipta. Umpan terobosan Raphael Guerreiro diarahkan tepat ke arah Donyell Malen.

Striker berpaspor Belanda itu pun melakukan tusukan dari sisi kiri jalur penyerangan timnya hingga memasuki area penalti. Donyell Malen pun mengakhiri pergerakannya dengan melakukan tembakan yang berujung gol ke pojok kanan sarang Marco Hiller.

Setengah jam laga berjalan, gol pengganda kedudukan bagi tim tamu kembali tercipta. Proses terciptanya gol diawali oleh Marco Reus yang melesatkan crossing,dimana dirinya memanfaatkan counter attack cepat.

Jude Bellingham yang berada di depan gawang yang menganga tidak kesulitan melanjutkan serangan dengan melesatkan tendangan. Berkat gol tersebut, Die Borussen kini mencapai skor 0-2 atas 1860 Munchen namun penderitaan tuan rumah belum berakhir.

Sebab di menit ke-35, keunggulan bertambah lagi bagi skuat Edin Terzic. Gol diciptakan lagi-lagi lewat aksi counter attack. Donyell Malen yang melakukan penerobosan ke sisi kiri pertahanan 1860 Munchen mengakhiri pergerakannya dengan melepaskan crossing.

Crossing dari striker tersebut mampu disambar oleh Karim Adeyemi yang menempatkan bola ke tiang jauh yang tidak bisa dijangkau Marco Hiller. Babak awal pun berakhir dengan kedudukan 0-3 bagi Die Borussen.

Babak Kedua, Nihil Gol

Bertanding kembali di babak selanjutnya, Borussia Dortmund mengendorkan intensitas serangannya. Unggul tiga gol tanpa balas di babak awal telah memuaskan hati para pemain sehingga mereka bermain lebih tenang di babak ini.

1860 Munchen yang menjadi lawan Borussia Dortmund juga gagal memanfaatkan kesempatan tersebut. Sehingga pertarungan putaran pertama DFB Pokal dimenangkan oleh Borussia Dortmund. Sedangkan 1860 Munchen harus gugur lebih cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here