Harus Tampil Dengan Kondisi Pincang, Garuda Muda Pesimis Raih Medali Perunggu

0
47

Debatbola.com – Selalu menjadi momok menakutkan bagi Timnas Indonesia, Thailand kembali menghancurkan mimpi garuda muda untuk bisa meraih medali emas cabang olahraga SEA Games 2021. Usai melakoni laga sengit, Timnas Indonesia tunduk atas Thailand dengan skor tipis 1-0.

Meskipun demikian, langkah Timnas Indonesia di ajang olahraga terbesar se Asia Tenggara belum usai. Pasalnya mereka masih harus berjuang untuk memperebutkan medali perunggu dengan melawan Malaysia. Sama halnya dengan Indonesia, Timnas Malaysia harus menelan kekalahan dengan skor tipis dari Vietnam dengan skor 1-0. Alhasil keduanya bertemu untuk memperebutkan posisi 3. Pertandingan ini dijadwalkan bakal berlangsung pada Minggu 22/5 mendatang.

Gagal Penuhi Target Emas
Sejatinya, pada pertandingan SEA Games ini Mochamad Iriawan menargetkan medali emas kepada para pasukan garuda muda. Target tersebut ia utarakan saat dirinya memantau kondisi latihan Timnas Indonesia di Jakarta 12/4 lalu.

Akibat kekalahan Timnas Indonesia atas Thailand membuat target tersebut gagal diraih. Selain itu mereka juga mengalami penurunan dimana saat SEA Games 2019, Timnas Indonesia berhasil mempersembahkan medali perak usai kalah dari Vietnam di partai puncak.

Hal ini sekaligus memperpanjang puasa gelar juara Indonesia di ajang SEA Games. Terakhir kali Timnas Indonesia menyabet medali emas pada gelaran SEA Games yaitu 31 tahun yang lalu, tepatnya tahun 1991. Selebihnya, pasukan garuda hanya mampu menjadi finalis atau semi finalis.

Garuda Muda Tampil Pincang
Pada pertandingan nanti, Garuda muda bakal tampil pincang setelah beberapa pemain utama seperti Firza Andika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya dipastikan tidak dapat bermain pasca mendapatkan kartu merah kala melawan Thailand. Shin Tae-yong mengatakan jika hal ini sangat buruk dan berdampak pada permainan tim.

Selain itu Alfeandra Dewangga dan Egy Maulana Vikri juga diragukan dapat tampil lantaran mendapatkan cedera. Egy sendiri merupakan tumpuan utama Garuda Muda dalam ajang ini, akan tetapi akibat cedera yang dialaminya ketika melawan Thailand lalu membuatnya dipastikan absen melawan Malaysia.

Lebih lanjut, Timnas Indonesia juga gagal diperkuat bek tangguh mereka Elkan Baggott lantaran gangguan kesehatan yang dialami pemain Ipswich Town tersebut. Padahal pelatih Timnas Indonesia hanya membawa 19 pemain saja ke Vietnam. Tentu hal ini membuat pelatih asal Korea Selatan ini pesimis dapat mengalahkan Malaysia. Dengan kondisi ini Timnas Indonesia hanya memiliki 15 pemain yang siap untuk berlaga.

Ragu Bisa Dapat Perunggu
Ketika ditanya mengenai perjumpaannya melawan Harimau Muda Malaya, pelatih Shin Tae Yong ragu bisa meraih medali perunggu. Meskipun bakal tampil dengan skuad seadanya, dirinya dan juga para pasukan garuda muda akan berjuang dan memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia.

Layaknya pertandingan final, pertandingan antara Indonesia melawan Malaysia ini juga layak untuk dinantikan. Selain keduanya merupakan rival abadi, hasil head to head-nya pun dapat dikatakan berimbang. Terbukti dari 12 pertandingan terakhir, masing-masing tim berhasil mencatatkan 5 kemenangan dan 2 kali hasil imbang.

Pertandingan yang akan dilaksanakan di stadion Nasional My Dinh, Vietnam ini seluruh tim bakal tampil mati-matian demi mempertahankan gengsi dan mengharumkan nama bangsa. Meskipun dalam 5 pertandingan terakhir, Malaysia mampu mengungguli Indonesia, namun di era Shin Tae-yong ini, pasukan Garuda mampu mengalami peningkatan yang signifikan.

Laga melawan Malaysia dipastikan berlangsung sengit. Selain itu juga pertandingan ini dapat digunakan pelatih Shin Tae-yong untuk menjajal pemain pelapis yang jarang mendapat menit bermain seperti Ronaldo Kwateh, M. Ridwan dan juga M Adi Satrio untuk dijadikan starter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here