Hanya Ajukan Stadion GBLA, Manajemen Persib Tunggu Keputusan PT. LIB Dan Pemkot Kota Bandung

0
35

Debatbola.com – Stadion Gelora Bandung Lautan Api merupakan stadion yang menjadi homebase Persib Bandung sejak lama. Namun ketika digunakan sebagai homebase kembali di pramusim, sempat ada kejadian yang membuat Stadion GBLA ditutup kembali. Situasi tersebut membuat publik bertanya-tanya mengenai Stadion mana yang menjadi homebase Persib.

Sempat membuat Bobotoh khawatir, Manajemen Persib mengatakan akan tetap menggunakan Stadion GBLA di Liga 1 musim baru nanti. Bahkan Persib hanya mengajukan stadion tersebut sebagai satu-satunya homebase klub. Kini tinggal menunggu keputusan PT. LIB dan juga Pemda mengenai ijin penggunaannya.

Hanya Ajukan Stadion GBLA

Bermarkas di Stadion Gelora Bandung Lautan Api merupakan keinginan utama Persib di Liga 1 musim baru nanti. Pasalnya Maung Bandung sudah lama tidak merasakan atmosfer bertanding di Stadion kebanggaannya itu. Karena hal itulah manajemen Persib tengah berupaya agar bisa bermarkas di stadion GBLA.

Persib sempat bermarkas kembali di Stadion GBLA pada Piala Presiden kali ini. Namun hanya bertahan di dua pertandingan saja lantaran ada kejadian yang membuat polisi menutup stadion GBLA. Akhirnya sisa pertandingan Persib di Piala Presiden dipindahkan ke Stadion Si Jalak Harupat.

Situasi tersebut sempat membuat Bobotoh khawatir lantaran takut tidak bisa kembali bermarkas di GBLA. Namun pernyataan Teddy Tjahjono yang tetap ingin membuat Persib bermarkas di Stadion GBLA membuat Bobotoh tenang. Bahkan Direktur PT. PBB itu mengatakan hanya mengajukan Stadion GBLA saja sebagai homebase.

Menurut pengakuan Teddy Tjahjono, manajemen Persib sudah mengajukan Stadion GBLA pada PT. LIB beberapa waktu. Kini tinggal menunggu keputusan dari PT. LIB terkait ijin dari penggunaan stadion tersebut. Sembari menunggu, Persib tengah merenovasi stadion tersebut.

Saat ini, Persib telah mengebut proses renovasi Stadion GBLA agar siap digunakan saat Liga 1 dimulai. Salah satunya yaitu perbaikan rumput stadion yang dianggap masih kurang layak. LED Board yang menjadi syarat stadion home base juga sudah terlihat terpasang di GBLA.

Persib sendiri sangat optimis bisa kembali bermarkas di Stadion GBLA pada Liga 1 nanti. Pasalnya stadion alternatif yaitu Si Jalak Harupat tengah dipersiapkan untuk digunakan pada Piala Dunia U-20 nanti. Untuk Persib sendiri akan melakoni laga pertama di Liga 1 pada tanggal 24 Juli melawan Bhayangkara FC.

Keputusan PT. LIB

Sebagai operator Liga, PT. LIB juga sudah membenarkan jika Persib mengajukan Stadion GBLA sebagai satu-satunya home base klub. PT. LIB juga tidak masalah dengan sanksi yang dijatuhkan Komdis PSSI pada stadion tersebut. Pasalnya sanksi itu hanya berlaku di Piala Presiden saja.

Menurut PT. LIB yang diwakili oleh Sudjarno, kejadian yang terjadi GBLA bukanlah tanggung jawab dari stadion tersebut. Pihaknya juga sudah berbicara dengan Persib dan Panpel setempat mengenai tata cara menggelar pertandingan yang aman. Sudjarno juga meminta kepada semua pihak yang terlibat berkoordinasi dengan baik agar tidak terulang di kemudian hari.

Tanggapan Pemkot Bandung

Pemkot Kota Bandung yang diwakili Ema Sumarna selaku Sekda kota Bandung memberikan respon mengenai Stadion GBLA yang akan dijadikan homebase. Menurut Ema, Stadion GBLA masih sangat layak untuk dijadikan lokasi pertandingan. Termasuk juga kelayakan rumput dan tribun yang dinilai masin aman.

Sedangkan untuk pemeliharaan sendiri, Pemkot Bandung telah menyerahkan sepenuhnya pada PT. PBB yang menaungi Persib. Sekda kota Bandung tersebut juga terus berkoordinasi dengan PT. PBB terkait perkembangan renovasi Stadion GBLA. Ema juga berharap proses renovasi segera selesai sebelum dimulainya Liga 1.

Pemerintah Kota Bandung juga berpesan kepada Persib agar menertibkan penonton saat bertanding di Stadion GBLA nantinya. Pasalnya Pemkot tidak ingin kejadian saat babak penyisihan grup Piala Presiden kemarin terulang kembali. Karena hal itulah Panpel setempat dibantu petugas keamanan harus bisa menertibkan penonton yang berulah di Stadion.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here