Hancur Di Piala Presiden, Begini Pembelaan Thomas Doll

0
44

Debatbola.com – Sejak awal dimulainya Piala Presiden tahun ini, Persija memiliki pemikiran yang berbeda dibandingkan klub lainnya. Hal tersebut dikarenakan kebijakan dari Thomas Doll yang ingin menjadikan Piala Presiden hanya sebagai ajang pramusim dan bukan kompetisi sesungguhnya. Bahkan Thomas Doll menurunkan pemain mudanya di 2 pertandingan awal.

Karena keputusan itulah Persija hancur lebur di 3 pertandingan sebelumnya dan selalu kalah hingga kini. Dengan hasil tersebut, dipastikan Persija tidak bisa melaju ke babak 8 besar Piala Presiden karena poin tak mencukupi. Pasalnya hanya tersisa 1 pertandingan saja yang tidak akan cukup untuk mengejar poin klub lainnya.

Pembelaan Thomas Doll

Persija lagi-lagi harus kalah di pertandingan fase grup Piala Presiden tepatnya ketika melawan Borneo FC pada tanggal 25 Juni kemarin. Meskipun berhasil mencetak gol pertama kali, nyatanya Persija menerima dua gol balasan dari Borneo dan menjadikan skor 2-0 di akhir laga. Kekalahan ini menjadi kekalahan ketiga setelah sebelumnya ditekuk Barito Putera dan RANS Nusantara.

Berdasarkan hasil tersebut, Thomas Doll akhirnya angkat bicara melalui akun Youtube Persija keesokan harinya. Menurut pelatih asal Jerman itu, hasil yang diperoleh saat melawan Borneo bukanlah hasil yang terbaik. Namun dirinya sudah puas karena selangkah lebih baik dibandingkan laga sebelumnya.

Thomas Doll juga mengatakan alasannya mengapa terpaksa menurunkan tim Persija B di pertandingan awal. Hal tersebut dikarenakan padatnya jadwal kompetisi yang membuat Persija tidak bisa selalu menggunakan tim senior. Namun rencana Thomas Doll tersebut belum mampu mengangkat performa timnya.

Pertandingan terakhir saat melawan Madura United nanti memang tidak ada artinya untuk Persija. Namun Thomas Doll menjanjikan perubahan pada skuad dan tetap akan menganggap pertandingan itu sama pentingnya. Pelatih Jerman itu juga menjadikan kegagalan kali ini menjadi bahan evaluasi untuk menyambut Liga 1.

Sejak Awal Tak Ingin Ikut Piala Presiden

Tiga kekalahan beruntun yang diraih oleh Persija pada Piala Presiden fase grup kali ini membuat klub tersebut gagal lolos ke 8 besar. Namun rupanya Thomas Doll tidak mempermasalahkan jika klubnya tersingkir. Pasalnya sejak awal memang pelatih asal Jerman itu enggan mengikuti kompetisi Piala Presiden tahun ini.

Pemikiran Thomas Doll tersebut tentu saja membuat publik heran lantaran berbeda visi dengan pelatih klub Indonesia lainnya. Belum lagi pelatih tersebut juga menurunkan pemain muda yang kurang pengalaman untuk melawan Barito Putra dan RANS Nusantara. Rupanya Thomas Doll memiliki alasan yang cukup kuat mengapa tak ingin mengikuti kompetisi tersebut.

Alasan pertama yaitu Thomas Doll enggan terlalu lama berada di luar kota dikarenakan semua laga dilakukan di kota tersebut. Belum lagi waktu bermain yang terlalu malam karena mengikuti jam tayang. Akibatnya, para pemain masih harus menunggu seharian sebelum pertandingan dan beristirahat terlalu malam.

Thomas Doll juga mengeluhkan jarak tempuh antara tempat menginap pemain dan venue latihan maupun pertandingan. Pemain Persija harus menempuh jarak hingga 1 kilometer hanya untuk berlatih dan itupun tidak bisa lama-lama. Pasalnya tempat latihan tersebut digunakan bergantian dengan tim lain.

Bagi Thomas Doll, Liga 1 lebih penting dibandingkan Piala Presiden yang merupakan turnamen pramusim. Karena hal itulah Thomas Doll akan lebih memprioritaskan Liga 1 agar tidak seperti musim sebelumnya. Thomas Doll tidak ingin Persija unggul di turnamen pramusim namun keok di kompetisi yang sesungguhnya.

Respon Warganet

Kegagalan yang diterima oleh Persija di Piala Presiden tahun ini tentu menjadi alarm yang buruk. Terutama untuk Thomas Doll yang baru saja menjabat sebagai pelatih klub tersebut. Namun rupanya kegagalan kali ini tidak mengurangi dukungan yang diberikan oleh suporter Persija pada Thomas Doll.

Pasca pertandingan melawan Borneo, Netizen memang terlihat membanjiri kolom komentar di akun Instagram Persija. Saat itu, Persija memang memposting salah satu video di akun resminya. Terlihat di kolom komentar jika Netizen mendukung Thomas Doll dan meminta pelatih tersebut untuk melanjutkan rencananya.

Dalam kolom komentar, salah satu akun mengatakan jika tidak apa-apa meskipun Persija gagal mendatangkan pemain asing. Asal Thomas Doll dan Persija berjanji untuk kembali berjuang di Liga 1 nantinya. Para pendukung Persija juga akan menunggu proses yang dilakukan sang pelatih untuk kemajuan klub.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here