Hajar AC Milan, Liverpool Catatkan Rekor Istimewa

0

Debatbola.com – Pertandingan lanjutan Liga Champions antara AC Milan melawan Liverpool menyisakan banyak cerita. The Reds yang sukses mencukur Rossoneri di laga itu dengan skor 1-2 menciptakan rekor manis. Mereka menjadi klub Inggris pertama yang mampu lewati fase grup dengan catatan kemenangan seratus persen.

Rekor Tercipta di San Siro

Sudah dua musim berlalu sejak Liverpool memenangkan gelar Liga Champions terakhirnya. Namun, kekuatan armada Jürgen Klopp tetap tidak boleh dianggap enteng. Musim ini, mereka kembali menoreh catatan istimewa di ajang antarklub Eropa itu. The Reds menjadi klub Inggris pertama yang catatkan rekor selalu menang di fase grup Liga Champions.

Catatan istimewa ini diraih The Reds setelah menumbangkan AC Milan dalam lanjutan matchday ke-6 Liga Champions, Rabu (8/12) dinihari. Liverpool sempat terhenyak melalui gol yang dicetak Fikayo Tomori pada menit ke-28. Tapi mereka akhirnya melakukan comeback sempurna lewat dwigol kreasi Mohamed Salah dan Divock Origi.

Raihan kemenangan seratus persen Liverpool di babak penyisihan Grup Liga Champions edisi 2021/2022 terasa makin spesial. Pasalnya, armada Klopp tergabung di dalam grup yang tidak mudah, bahkan bisa dibilang sebagai Grup Neraka Liga Champions edisi tahun ini. Liverpool tergabung di Grup B, bareng Atlético Madrid, FC Porto, serta AC Milan.

Berkat kemenangan atas AC Milan sendiri, Liverpool menjadi pemuncak klasemen sementara dengan kantongi 18 angka. Adapun AC Milan harus tersingkir dari kompetisi yang disebut paling elit di seluruh Eropa. Wakil Italia tercatat hanya sukses kumpulkan empat poin, dan akhirnya harus puas duduk di urutan terakhir klasemen.

Bukan Klub Pertama yang Cetak Rekor

Di seluruh Inggris, capaian Liverpool boleh dikatakan sangat hebat karena mereka adalah tim Inggris pertama yang catatkan torehan seperti ini. Namun, jika menilik rekor di seluruh Eropa, Liverpool bukanlah yang terbaik. Pasalnya, selain Liverpool sudah ada banyak klub yang menorehkan capaian yang sama di Liga Champions.

Ajax adalah salah satunya. Klub Belanda itu juga sama-sama menorehkan kemenangan di pertandingan terakhirnya di Liga Champions. Di laga matchday terakhir itu, Ajax menekuk wakil Portugal, Sporting Lisbon dengan hasil akhir 4-2. Klub arahan Erik Ten Hag berhasil menjuarai Grup C dengan margin hingga sembilan angka dari runner-up, Sporting Lisbon.

Melansir laman Daily Mirror, sebelum Liverpool, setidaknya ada sembilan tim berbeda yang pernah menoreh rekor menang seratus persen di fase grup Liga Champions. Ironisnya, AC Milan, klub yang dikalahkan Liverpool, adalah klub pertama yang raih capaian ini. Rossoneri menoreh catatan seratus persen menangi fase grup di Liga Champions 1992/1993.

Kendati ada banyak klub yang telah meraih catatan kemenangan sempurna di fase grup, tercatat hanya ada satu dari mereka yang pada akhirnya sukses menjadi kampiun. Bayern München adalah klubnya. Raksasa Jerman itu menjadi klub pertama yang menjadi kampiun Liga Champions dengan catatan selalu menang pada musim 2019/2020 kemarin.

Bangganya Jürgen Klopp

Ketika ditanya perihal catatan spesial skuadnya, Jürgen Klopp sendiri mengaku sangat bangga. Klopp beranggapan bahwa catatan selalu menang yang didapat klubnya adalah catatan yang luar biasa. Capaian ini juga membuktikan bahwa armada Klopp kini sudah naik satu level dalam hal permainan mereka.

“Jujur, tak banyak momen yang membuat saya bangga dalam urusan sepakbola karena saya selalu berharap akan hal baik. Tapi malam ini, saya sangat bangga, penampilan yang luar biasa.” Tutur Klopp selepas laga. “Kami memenangkan keenam laga. Itu adalah pencapaian yang luar biasa, dan ini juga membuka lembaran baru untuk para pemain.”

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version