Guardiola Tak Suka ESL, Tapi Dukung Keputusan Klub

0
63
Guardiola Tak Suka ESL, Tapi Dukung Keputusan Klub
Sumber : https://www.mandatory.com/assets/uploads/2016/09/Pep-Guardiola-Manchester-City.jpg

Debatbola.com – Para pelatih dan pemain mulai bersuara mengenai pendapatnya mengenai European Super League (ESL). Salah satu opini muncul dari pelatih asal Spanyol, Pep Guardiola. Meskipun tim yang dilatihnya, Manchester City, merupakan salah satu klub pendiri ESL, Pep menyatakan ketidaksetujuannya.

Pep melihat dari aspek keolahragaan. Ia menyebut tidak adanya sistem degradasi atau promosi membuat ESL menjadi kompetisi yang baginya bukan kompetisi olahraga.

“Bukanlah sebuah olahraga kalau kita dipastikan akan berhasil, ketika sebuah kekalahan tak jadi masalah. Aku ingin kompetisi terbaik yang sangat kuat. Pernyataan ini adalah apa yang aku rasakan. Ini bukan olahraga,” ujar Pep.

“Ini hanyalah sebuah pernyataan. Pasti ada dua sisi. Kami akan bermain di Liga Champions pekan depan. Musim depan juga kami akan bermain di kompetisi Eropa. Kami menginginkannya.”

Pep sendiri punya penilaian tersendiri terhadap lahirnya gagasan untuk menggelar ESL ini. Menurutnya, ini ada kaitannya juga dengan penilaian ke-12 klub terhadap UEFA yang memiliki banyak kekurangan.

“UEFA sudah gagal. Mereka harusnya mengkomunikasikannya. Aku memang tak punya informasi lengkapnya. Tapi sangatlah tidak adil buat orang-orang yang sudah bekerja keras di periode sulit ini, semua orang menderita, berjuang. Semua klub, mereka harus mengklarifikasi, membuat pernyataan jelas.”

“Setelah itu, biarkan orang memilih. Tapi intinya kita semua harus bersama. Harus saling menggenggam tangan. Tapi jangan salah, UEFA jangan hanya memikirkan tentang diri mereka sendiri”

Lebih jauh, Pep Guardiola merasa situasi ini tak menguntungkan buat dirinya dan para pelatih lain. Hal ini adalah isu yang sensitif dan bisa membahayakan karier dia dan para pelatih lain. Maka dari itu yang tak bisa berkomentar lebih jauh dan tetap mendukung keputusan klub.

“Ole, Jurge, aku, bisa berbicara di media enam kali dalam satu pekan. Kami bisa membicarakan tentang virus, NHS, segalanya. Tapi sejujurnya, kami bukanlah orang yang tepat untuk menjawab pertanyaan soal ini.”

“Para presiden yang bisa menjawab dengan jelas. Itulah kenapa aku sebetulnya kurang nyaman. Kami belum tahu informasi jelasnya. Tapi aku mendukung klub ini. Aku punya pendapatku sendiri. Buat kami semua, para manajer, ini adalah situasi yang tak mengenakkan.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here