Guardiola: Aku Belajar Banyak dari Sheffield United

0
318

Debatbola.comPep Guardiola dikenal sebagai pelatih yang visioner. Gaya dan system permainannya bisa mengubah sebuah tren taktik. Hal itu sudah ia buktikan sejak melatih di Barcelona, Bayern Munich, dan kini Manchester City.

Tapi Pep merasa dirinya masih jauh dari kata sempurna sebagai seorang pelatih. Terlebih belum semua gelar ia berhasil raih selama menangani Man City. Karenanya ia terus berpikir keras untuk mencari strategi dan inovasi lainnya dari taktis yang ia persiapkan. 

Salah satu yang bisa dilakukan Pep Guardiola adalah belajar dari kesebelasan-kesebelasan Premier League. Bagi Guardiola, kesebelasan yang menarik perhatiannya adalah Sheffield United, kesebelasan yang akan dihadapi Man City pada tengah pekan ini.

“Aku sangat luar biasa kagum,” kata Guardiola mengomentari permainan Sheffield United. “Orang sering bilang kalau kita bisa meningkatkan permainan kita dengan menonton pertandingan lain, tim lain, dan manajer lain. Ini [Sheffield United] salah satu tim yang membuatku banyak belajar.”

“Aku belum pernah melihat pergerakan yang mereka lakukan sebelumnya. Karena itu juga sekarang berada di posisi yang sangat pantas. Kami sudah melihatnya di Etihad Stadium, kami menderita beberapa pekan lalu. Tapi aku benar-benar kagum, aku menyukai mereka. Aku menyukai cara mereka bermain dan bagaimana melakukannya.”

Guardiola Manchester City

Sheffield United berstatus tim promosi pada Premier League musim ini. Meskipun begitu, skuad asuhan Chris Wilder ini tampil memukai dan konsisten. Mereka terus berada di zona Liga Europa. Sampai pekan ke-23 ini, Sheffield United tengah berada di posisi enam klasemen.

Maka dari itu, Pep tetap mewaspadai kejutan yang bisa kapan saja diberikan Sheffield United, termasuk pada laga melawan Man City. Ia tahu, Sheffield United sudah matang secara permainan karena tim ini sudah dibentuk sejak masih bermain di Divisi Tiga Inggris.

“Manajer mereka masih sama dan punya persentase menang yang tinggi di League One, Championship, dan sekarang Premier League, nyaris menjadi salah satu klub terbaik di liga ini. Aku menyukainya. Sebagai manajer, Anda akan melihat tim yang terus meningkatkan kualitasnya; tim ini salah satunya.”

Pada pertemuan pertama musim 2019/20 ini, Sheffield United memberikan perlawanan hebat. Namun di laga yang digelar pada 29 Desember 2019 tersebut, The Blades tetap harus mengakui ketangguhan Pep Guardiola dan para pemainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here