Gotze Gagal Bersinar di Bayern, Pernah Tolak Liverpool

Debatbola.com – Pada 2016, Mario Gotze memutuskan untuk kembali membela kesebelasan yang membesarkan namanya, Borussia Dortmund. Sebelumnya, selama tiga musim, Gotze sempat menyeberang ke kesebelasan rival, Bayern Muenchen.

Gotze muda tergiur untuk gabung ke Bayern karena ingin mendapatkan pencapaian lebih setelah sukses meraih trofi Bundesliga bersama Dortmund. Bayern pun mengeluarkan biaya transfer sebesar 37 juta euro untuk mengangkutnya.

Pelatih Dortmund saat itu, Juergen Klopp, kecewa dengan keputusan Gotze saat itu. Bahkan Klopp sempat mewanti-wanti pada pemain kelahiran 3 Juni 1992 itu bahwa keputusan yang diambilnya itu merupakan keputusan yang keliru. 

“Dia [Klopp] tahu (Gotze akan menyesal gabung Bayern). Dia sudah mengerahkan 100 persen kemampuannya untuk meyakinkan Gotze bahwa keputusannya itu salah, dan keputusan itu menyakitinya,” kata Hans-Joachim Watzke, CEO Dortmund.

Apa yang diprediksikan Klopp benar terjadi. Bayern memang meraih sejumlah trofi, termasuk trofi-trofi Bundesliga. Namun Gotze bukan tokoh utama di skuad Bayern, tak seperti kala membela Dortmund. Bahkan setelah musim kedua, Bayern sudah berusaha menjual Gotze.

Klopp yang kala itu sudah menukangi Liverpool sebenarnya sempat menawari Gotze untuk bergabung bersamanya ke Liverpool. Namun Gotze menolaknya karena merasa yakin bahwa Bayern adalah pilihan yang lebih baik dibanding Liverpool

“Liverpool terlalu jauh buatku. Itu seperti mendorong kereta api, bukan melompat pada kereta api yang sedang berlari,” ujar Gotze pada The Players Tribune tahun 2019.

Yang terjadi kemudian, Gotze hanya 21 kali sepanjang musim 2015/16. Pada musim panas 2016, Bayern benar-benar menjualnya, dan Dortmund langsung membuka pintu bagi Gotze untuk kembali. 

Namun Dortmund sekarang bukan Dortmund yang dulu. Gotze bukan lagi pilihan utama. Masih banyak pemain muda potensial yang bermain jauh lebih baik dari pencetak gol di final Piala Dunia 2018 tersebut. Sampai akhirnya, Gotze dan manajemen Dortmund sepakat bahwa kontraknya yang habis usai musim 2019/20 ini tidak akan diperpanjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here