Giorgio Chiellini Berencana Pensiun dari Timnas Setelah Euro 2020

0
325
Sumber : Bola.com

Debatbola.com – Timnas Italia akan menjadi salah satu peserta dalam gelaran turnamen empat tahunan Euro 2020 mendatang. Dalam skuad Gli Azzuri, terdapat nama Giorgio Chiellini yang kali ini mendapat kepercayaan lagi untuk bermain di level internasional. Lalu, apakah ini akan menjadi turnamen internasional terakhir sang defender andalan Juventus bareng Gli Azzurri?

Optimis Hadapi Turnamen Terakhir

Pelatih timnas Italia Roberto Mancini beberapa waktu lalu telah mengumumkan para pemain yang akan ia bawa ke ajang Euro 2020 mendatang. Skuad Gli Azzuri kali ini adalah kombinasi antara pemain muda dan pemain-pemain senior. Salah satu pemain senior yang akan ikut serta adalah bek andalan Juventus, Giorgio Chiellini.

Chiellini yang memulai debutnya bersama timnas Italia sekitar 17 tahun lalu akan melakoni turnamen internasional berikutnya bersama negaranya. Sebelumnya, Chiellini juga sudah pernah bermain di beberapa turnamen internasional. Tiga di antaranya termasuk Euro 2008, Euro 2012 dan Euro 2016.

Namun, Euro edisi tahun 2020 ini nampaknya akan berbeda karena turnamen ini mungkin akan menjadi turnamen terakhir Chiellini untuk mengenakan kostum Gli Azzurri. Jelang dimulainya Euro edisi 2020, Chiellini mengungkapkan antusiasmenya. Tetapi ia juga mengungkapkan bahwa Euro 2020 mungkin merupakan turnamen pamungkasnya bareng timnas Italia.

“Saya saat ini sangat antusias dalam mengikuti turnamen yang mungkin merupakan turnamen pamungkas saya bareng Italia.” Tutur Chiellini, seperti dikutip dari Calciomercato. “Timnas Italia sudah bersatu, dan tim kami adalah buktinya. Kami berasal dari banyak klub, tetapi tidak ada tanda-tanda perselisihan sama sekali.”

Italia akan menjadi salah satu tuan rumah dalam gelaran Euro 2020, dan Chiellini pun optimis menyambut ini. “Memikirkan bagaimana rasanya bermain di hadapan dua puluh ribu penggemar di Roma terasa luar biasa. Di saat-saat seperti sekarang, kita berbagai waktu-waktu yang bagus bersama, dan mulai Senin, kami siap untuk memulai kompetisi Euro.”

Incar Babak Final

Dalam gelaran Euro 2020 kali ini, Italia menjadi salah satu tim favorit juara jika melihat rekam jejak mereka akhir-akhir ini. Chiellini juga memiliki ambisi untuk mendapatkan gelar pertama, dan mungkin terakhirnya sebagai pemain timnas Italia. Namun ia tak mau menganggap remeh peserta-peserta turnamen yang lain.

“Kami punya semua yang diperlukan untuk bermain bagus, tim-tim lain juga terlihat kuat, jadi kami menghargai mereka. Punya impian untuk meraih gelar juara adalah sesuatu yang wajar. Semua laga tentu akan terasa sulit, tetapi kami yakin kami bisa berlari jauh, kami bisa sampai ke Wembley (final).”

Belum Raih Gelar Selama 17 Tahun

Bersama timnas Italia, Chiellini sendiri sejatinya merupakan salah satu pemain yang bisa dibilang sudah kaya akan pengalaman. Chiellini memulai karir internasionalnya bersama tim senior Gli Azzuri pada tahun 2004 di bawah asuhan Marcello Lippi. Ia memainkan laga perdananya bareng Italia pada 17 November 2004 melawan Finlandia.

17 tahun memperkuat Italia, Chiellini terhitung telah mengemas sekitar 106 penampilan bersama tim berjuluk Gli Azzurri itu. Dengan catatan demikian, Chiellini menjadi pemain timnas Italia dengan penampilan terbanyak ke-7. Sayangnya, selama 17 tahun memperkuat Italia pula, bek berusia 36 tahun belum pernah mempersembahkan apapun untuk negaranya.

Pada tahun 2012 kemarin, Chiellini sukses mengantar Italia ke final Euro, tetapi misinya memenangkan trofi kala itu berhasil dikandaskan Spanyol. Chiellini tercatat pernah tampil di dua edisi World Cup dan tiga edisi Euro. Sekarang, di Euro 2020, bek andalan Juventus itu pasti ingin memberikan sesuatu untuk Italia sebelum mengakhiri karir internasionalnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here