Genoa Pecat Andriy Shevchenko yang Baru 2 Bulan Menjabat

0

Debatbola.com – Kabar yang cukup mengejutkan muncul dari salah satu klub Liga Italia, Genoa. Pelatih yang baru saja dilantik oleh klub tersebut 2 bulan lalu, Andriy Shevchenko kini resmi dipecat pasca pertandingan terakhir kali. Tepatnya tanggal 15 Januari lalu Genoa resmi memecat pelatih asal Ukraina tersebut.

Genoa memutuskan memecat Andriy Shevchenko karena belum mampu memperbaiki kondisi klub tersebut di klasemen dan kini tengah mencari pengganti. Dari 11 pertandingan yang diikutinya, Shevchenko hanya berhasil menang dalam 1 pertandingan saja. Rupanya selain alasan tersebut, masih ada alasan lain lagi yang menyertai pemecatan pelatih tersebut.

Genoa Pecat Pelatihnya

Klub asal Liga Italia, Genoa secara resmi mengumumkan pemecatan pelatihnya pada 15 Januari lalu. Laga antara Genoa melawan AC Milan adalah pertandingan terakhir pelatih Andriy Shevchenko bersama klub asuhannya itu. Keadaan diperparah karena pelatih asal Ukraina tersebut justru tidak bisa memberi kenangan manis karena Genoa kalah dari AC Milan dalam laga tersebut.

Andriy Shevchenko baru diumumkan menjadi pelatih Genoa pada awal November 2021 lalu untuk menggantikan Davide Ballardini yang telah dipecat. Pemecatan Ballardini tersebut dikarenakan catatan buruk sang pelatih di setiap pertandingan di musim ini. Genoa berharap kehadiran Shevchenko bisa menjadi jalan keluar untuk klub tersebut dari zona bawah yang sudah ditempati sejak awal musim.

Nyatanya harapan Genoa tersebut masih belum bisa menjadi kenyataan, Andriy Shevchenko rupanya bukanlah jawaban yang dicari Genoa selama ini. Genoa masih saja bertahan di zona bawah bahkan di bulan kedua Andriy Shevchenko menjabat. Kini pelatih berusia 45 tahun tersebut mengikuti jejak pelatih Genoa sebelumnya dan dipecat karena alasan yang sama.

Pasca pemecatan tersebut, Genoa kini mengumumkan kursi pelatihan untuk sementara akan diambil alih Abdoulay Konko yang sebelumnya melatih U-17. Konko akan menjadi pelatih Interim hingga Genoa menemukan pelatih baru untuk skuadnya. Tak lupa pihak The Grifone juga mengucapkan terima kasih untuk perjuangan Andriy Shevchenko selama ini.

Penyebab Pemecatan

Melihat statistik Andriy Shevchenko selama melatih Genoa, tidak heran jika pelatih asal Ukraina tersebut dipecat oleh klub yang baru menaunginya. Dari 11 pertandingan Genoa dibawah panduan Shevchenko, hanya satu kemenangan yang diraih oleh klub tersebut. Hasil tersebut tentu menjadi catatan merah mengingat pelatih sebelumnya dipecat dengan alasan yang hampir sama.

Andriy Shevchenko hanya berhasil mencatatkan satu kemenangan ditambah dengan 3 kali seri serta 7 kekalahan selama melatih Genoa. The Grifone bahkan hanya berhasil mencetak 5 gol dan harus kebobolan sebanyak 18 kali dalam 11 pertandingan tersebut. Kekalahan terakhir kali didapatkan Genoa saat melawan AC Milan dengan skor akhir 1-3.

Genoa juga belum pernah menang sama sekali di Liga Italia selama era Andriy Shevchenko. Sang pelatih hanya mampu memberikan tambahan tiga poin di Liga Italia untuk klub yang diasuhnya itu. The Grifone kini bahkan menempati posisi 19 dan turun dua nomor dibandingkan sebelum kedatangan Andriy Shevchenko.

Alasan Utama

Rupanya masalah catatan buruk bukanlah alasan utama Genoa memecat pelatih yang baru menjabat tersebut. Ada alasan lain yang dianggap menjadi pemicu berakhirnya karir Andriy Shevchenko di Genoa. Rupanya Shevchenko sempat bersitegang dengan klubnya itu sebelum pengumuman pemecatan itu dikeluarkan.

Ketegangan tersebut ternyata dikarenakan perbedaan pendapat terkait transfer pemain. Andriy Shevchenko menginginkan dua pemain yaitu Aleksei Miranchuk dari Atalanta dan Nadiem Amiri dari Bayer Leverkusen. Masih belum ada kabar yang spesifik terkait ketegangan tersebut yang membuat akhirnya Genoa memutus kontrak pelatihnya lebih cepat dari yang direncanakan.

Genoa dianggap terlalu terburu-buru dalam memecat pelatih sebesar Andriy Shevchenko. Pasalnya, pelatih asal Ukraina tersebut pernah berhasil membuat Timnas Ukraina lolos ke babak perempat final Piala Euro 2020. Alasan utama Genoa tidak dapat naik dari peringkat bawah karena klub tersebut tidak memiliki pemain yang mampu bersaing di Liga teratas Italia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version