Garuda Muda Memutuskan Mundur Dari Ajang Piala AFF U-23 2022

0
141

Debatbola.com – Kabar mengejutkan dari Timnas Indonesia U-23. Pada Jumat 11/2/2022 PSSI melalui Yunus Nusi memberikan pernyataan resmi terkait kondisi Timnas Indonesia U-23. Sekjen PSSI ini mengumumkan jika Timnas Indonesia U-23 batal ikut serta dalam ajang Piala AFF U-23 2022 yang bakal digelar pada 14-26 Februari mendatang di Kamboja. Batalnya Timnas Indonesia bergabung dalam ajang sekaligus memupus harapan publik sepakbola, terlebih tim Garuda harus melepas gelar juara bertahan pada Piala U-23 tahun ini.

Para Pemain Positif Covid-19

Kabar mengenai terjangkitnya para punggawa berdasarkan hasil test Covid-19 sebelum bersiap berangkat ke Kamboja, diketahui ada 7 pemain dan satu ofisial tim yang positif Covid-19. Para pemain tersebut yaitu Ronaldo Joybera Kwateh, Braif Fatari, Muhammad Ferrari, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Taufik Hidayat, Ramadhani, dan Cahya Supriyadi. 

Selain itu para pemain yang tinggal satu kamar dengan para pemain terjangkit diatas seperti Alfeandra Dewangga, Marselino Ferdinan, Genta Alparedo, serta Muhammad Kanu Helmiawan harus menjalani masa inkubasi.

Penyebaran Covid-19 gelombang 3 di Indonesia sedang mengalami kenaikan secara nasional. Hingga saat ini tercatat setidaknya ada 60 pemain Liga Indonesia yang terjangkit COVID-19. Bahkan akibat penyebaran virus secara masif ini menyebabkan beberapa laga mengalami penundaan.

Badai Cedera Memperparah Kondisi Tim

Masalah Timnas U-23 tidak hanya Covid-19. Adanya pemain yang cedera juga memperburuk kondisi tim saat ini. Setidaknya ada 3 pemain yaitu Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal yang sedang dalam masa pemulihan cedera. Ketiga pemain tersebut mendapat cedera ketika bermain membela klub masing-masing pada lanjutan Liga 1 Indonesia.  

PSSI Merespon Saran Pelatih Shin Tae-yong

Keputusan PSSI untuk mengundurkan diri dari Piala AFF U-23 2022 tidak lepas dari rekomendasi yang dilakukan oleh pelatih Shin Tae-yong. Menurut pelatih asal Korea Selatan ini, kondisi Timnas U-23 saat ini dalam kondisi tidak ideal. Berdasarkan hasil rapat yang dilakukan jajaran petinggi PSSI dan juga pelatih timnas, Shin Tae-yong, diputuskan jika Tim Garuda Muda mundur dari ajang Piala AFF U-23 2022.

Menurut Media wahana888, Keputusan yang diambil oleh PSSI ini tentu memberikan kekecewaan bagi semua pihak. Terlebih para Punggawa Garuda Muda juga sudah dipersiapkan jauh-jauh hari untuk dapat berpartisipasi dalam ajang ini. Meskipun demikian keputusan yang diambil ini merupakan langkah yang tepat. Apabila terus dipaksakan untuk tetap ambil bagian dalam Piala AFF U-23 2022, justru akan semakin memperburuk keadaan.

Mundurnya Indonesia, Keuntungan bagi Malaysia

Mundurnya Indonesia dari ajang Piala AFF U-23 2022 menjadi keuntungan tersendiri bagi timnas Malaysia. Pasalnya dengan tidak ikut sertanya Indonesia akan semakin mempermulus jalan mereka untuk lolos ke fase gugur, bahkan besar kemungkinan bisa menjadi juara grup.

Skuad Timnas Muda Malaysia dipastikan ikut serta dalam ajang ini. Berdasarkan pernyataan resmi dari Federasi Sepakbola Malaysia (FAM), mereka telah bertolak ke Kamboja pada Jumat 11/2 kemarin. Malaysia sendiri berada di Grup B bersama Laos dan Myanmar.

Dampak Bagi Timnas Indonesia U-23

Setelah berakhirnya Piala AFF U-23, dalam waktu dekat ini Timnas Indonesia harus bermain di ajang SEA Games 2021, Vietnam. Pesta olahraga multi event ini mengalami penundaan akibat pandemi Covid-19 pada tahun lalu. 

Mundurnya timnas Indonesia muda dari ajang AFF U-23 tidak hanya berdampak hilangnya status juara bertahan yang diperoleh 2019 silam namun juga pada kondisi tim kedepannya, salah satunya kesiapan tim.

Piala AFF U-23 ini dapat dijadikan ajang pemanasan dan juga untuk mengukur kesiapan tim sebelum berpartisipasi dalam SEA Games. Selain itu Piala AFF U-23 ini sangat berguna untuk menambah pengalaman serta mentalitas pemain muda, terutama yang akan melakoni laga debut Internasional seperti Cahya Supriadi, Achmad Figo, dan Muhammad Ferrari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here