Gagal Total di Piala Menpora, Arema Coret Semua Pemain Asing

0
229
Gagal Total di Piala Menpora, Arema Coret Semua Pemain Asing
Sumber : https://www.gonews.co/assets/news/08042021/gonews_ygkqe_93720.jpeg

Debatbola.com – Arema FC biasanya punya rekor bagus saat menjalani sebuah turnamen. Pernah juara Piala Presiden pada 2017 dan 2019, mereka juga menyabet gelar Copa Indonesia dan Bali Island Cup sebanyak dua kali.

Namun di Piala Menpora 2021, Arema FC gagal total. Berada di grup A bersama PSIS, Barito, dan Tira Persikabo, Singo Edan tak berdaya di juru kunci klasemen. Imbang melawan Tira Persikabo pada laga pertama, Arema takluk dari Barito dan PSIS di dua laga berikutnya.

Selain hanya meraih satu poin dari tiga laga, Arema juga tampak kesulitan mencetak gol. Mereka hanya empat kali merobek jala gawang lawan. Sebaliknya, gawang Arema dibobol enam kali. Terbanyak saat kalah dari PSIS pada laga terakhir dengan tiga gol.

Imbas dari buruknya penampilan di Piala Menpora 2021, Arema pun memastikan akan mencoret para pemain asingnya. Sebelumnya Arema menjalani turnamen ini dengan menggunakan dua pemain asing, yakni Caio Ruan dan Bruno Smith.

“Yang dua ini berakhir nasibnya, meskipun saya tidak ngomong mereka sendiri sudah tahu bagaimana kualitasnya,” ujar General Manager Arema, Ruddy Widodo.

Untuk perekrutan pemain asing berikutnya, Arema akan menunggu kepastian pelatih kepala mereka. Sebelumnya Arema tak memiliki pelatih kepala. Di Piala Menpora, Arema dipimpin oleh trio asisten pelatih, yakni Kuncoro, Singgih Pitono, dan Siswantoro.

Tapi Ruddy Widodo punya kriteria tersendiri mengenai calon pemain asing timnya. Ia mengatakan bahwa pemain yang akan didatangkannya nanti akan diupayakan pemain yang pernah bermain untuk Liga Indonesia, atau setidaknya pernah bermain di Liga Asia yang lain.

“Pemain asing yang benar-benar bisa mengangkat tim. Itu kembali lagi lebih bagus pemain-pemain yang pernah ikut liga Indonesia atau liga di Asia. Jangan baru, karena harus adaptasi dan itu lama, Kalau saya sih yang pernah main di Indonesia dan minimal main di liga Asia lebih mudah,” jelas Ruddy.

Dari pemain lokal, Ruddy memastikan hanya ada satu pemain yang tidak akan memperkuat Arema pada liga mendatang. Ia adalah M. Roby. Bek berusia 35 tahun itu memang dikontrak hanya untuk gelaran Piala Menpora saja. Pemain lokal sisanya dipastikan akan menjadi bagian dari skuad Arema untuk Liga 1 2021.

Untuk pelatih sendiri, ada sejumlah kandidat dari asing hingga lokal. Nama Milomir Seslija yang pernah menukangi Arema mencuat. Selain itu, kandidat terkuat dari pelatih lokal ada pada eks asisten pelatih Persipura, Tony Ho. Tony Ho merupakan satu dari 20 pelatih di Indonesia yang memiliki lisensi AFC Pro, atau lisensi tertinggi di sepakbola Asia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here