Frenkie De Jong Disebut Tidak Puas Bermain Untuk Barcelona

0
30

Debatbola.com – Masa depan tidak pasti menghampiri Frenkie De Jong yang belakangan santer diberitakan bakal meninggalkan Barcelona. De Jong pernah mengatakan bahwa ia masih bahagia bermain untuk Barcelona. Tetapi De Jong disebut sudah tidak puas dengan situasinya di Barcelona.

Harus Pergi Jika Ingin Berkembang
Datang ke Barcelona pada bulan Juli 2019 lalu, Frenkie De Jong kini sedang santer diisukan bakal meninggalkan klub Catalan. Alasannya tentu karena minimnya menit bermain yang didapat gelandang asal Belanda. De Jong bukan pilihan utama Xavi untuk posisi gelandang.

Problem utama De Jong adalah kurangnya konsistensi, sehingga Xavi lebih memilih memainkan Sergio Busquets ketimbang dirinya. Status De Jong juga menjadi salah satu pemain bergaji mahal. Jadi, ada kemungkinan De Jong bakal dijual demi membantu keuangan klub.

Ketika ditanya perihal situasinya di Barcelona, De Jong pernah menyebut bahwa dirinya bahagia dan masih betah bermain di klub Catalan. Tapi eks gelandang Ajax Marciano Vink tidak percaya akan hal itu. Menurutnya, situasi sekarang benar-benar membuat De Jong tidak puas.

Penyebab utama situasi tidak pasti adalah karena De Jong selama ini menjadi bayang-bayang Sergio Busquets. Selagi masih ada Busquets, permainan De Jong dinilai tidak dapat berkembang. Vink menyayangkan jika De Jong harus tetap bertahan dan selamanya menjadi bayang-bayang Busquets.

“Dia jelas-jelas tidak puas dengan perannya, dia tidak puas dengan performanya di Barcelona.” Papar Vink dalam sebuah wawancara bersama ESPN. “Bagi saya, lebih sulit baginya jika ia menunggu Busquets pensiun. Dia pemain spesial, dia suka mendribble, dia pandai membaca situasi.”

Lebih Baik Gabung Manchester United
Selama ini, De Jong dikait-kaitkan dengan Manchester United, dan Vink malah menyarankan De Jong pindah ke sana. Vink menilai De Jong punya potensi menjadi seorang pemimpin. Sosok pemimpin inilah yang dibutuhkan Manchester United, dan Vink menilai De Jong bakal cocok.

“Sebagai contohnya, Frenkie De Jong, saya pikir dia akan menjadi pemain brilian buat Manchester United. Dialah pemain yang dibutuhkan Manchester United untuk menyeimbangkan pertahanan dan lini tengah. Permainannya, dia akan memberi segalanya untuk Ten Hag.”

“Bagi saya, pergi ke Manchester United dan bereuni dengan mantan manajer baru anda adalah pilihan yang lebih baik. Sekarang, saya percaya Manchester United adalah tempat lebih baik untuk berkembang. Dia adalah pemain yang bisa mengembalikan mereka ke jalur yang seharusnya.”

“De Jong adalah pemain yang pandai membaca situasi, tipikal seorang pemimpin, dan saya yakin Manchester United kekurangan sosok pemimpin. Ada banyak pemain hebat selain Ronaldo. Anda perlu seseorang yang bisa melakukan transisi lini depan dan tengah guna mengarahkan pemain.”

Sudah Jadi Target Ten Hag
Memang, selama ini Manchester United dikait-kaitkan dengan Frenkie De Jong, terutama pasca rumor Paul Pogba pergi menyeruak. Setan Merah butuh gelandang baru, dan gelandang baru ini menjadi salah satu agenda Ten Hag sebagai pelatih baru.

Pada 2018/2019, atau musim sebelum De Jong pergi, Ten Hag dan sang gelandang membantu membawa Ajax menuju semifinal Liga Champions. Ten Hag ingin bereuni dengan mantan gelandangnya. Ia pun disebut siap memberi jaminan penampilan reguler kendati tanpa Liga Champions.

Dana yang dipersiapkan Manchester United juga dikabarkan tidak main-main, mencapai 69 juta poundsterling. Ini akan menjadikan De Jong sebagai pemain termahal kelima klub jika dia benar-benar bergabung. Ten Hag tampaknya akan membawa beberapa pemain Belanda, termasuk De Jong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here