Frengky Missa, Bek Muda Persija yang Layak Masuk Skuat Shin Tae-yong di Piala Dunia U-20

0
18
Frengky Missa, Bek Muda Persija yang Layak Masuk Skuat Shin Tae-yong di Piala Dunia U-20

Debatbola.comKompetisi kasta tertinggi Liga 1 musim 2022/2023 baru memasuki pekan kedua. Namun, nama bek muda Persija Jakarta, Frengky Missa mencuri perhatian penggemar sepak bola nasional. Dia sudah dua kali mengisi starting eleven dari tim Macan Kemayoran. Frengky tampil gemilang saat Persija Jakarta menghadapi Bali United dan Persis Solo.

Penampilan apiknya membuat bek asal NTT itu layak dipanggil Shin Tae-yong ke dalam skuat yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20. Frengky Missa bisa menjadi andalan untuk mengisi sisi pertahanan sebelah kanan yang selama ini masih dicari oleh STY.

Profil Singkat Frengky Missa

Frengky Missa lahir di Soe, NTT, 20 Februari 2004. Dia adalah pesepakbola profesional milik Persija Jakarta yang berposisi asli sebagai bek kiri. Sejak kecil sudah menggeluti dunia sepak bola. Frengky Missa selalu mengikuti latihan di lapangan Pusepnmas Soe, yang jaraknya dekat dengan rumah.

Anak bungsu dari pasangan Okto Missa dan Adel Misa-Taneo ini sudah menunjukkan bakatnya saat tampil di beberapa turnamen tingkat Kelurahan, Kabupaten, atau antar klub Kabupaten Timor Tengah Selatan. Frengky Missa selalu menjadi andalan dalam mencetak gol bagi timnya. Frengky juga berhasil meraih beberapa gelar individu, seperti topskor dan pemain terbaik.

Awal Karier Frengky Missa

Kariernya semakin berkembang ketika mendapat kesempatan membela Provinsi NTT di PON XX Papua beberapa waktu lalu. Tidak hanya itu, Frengky Missa bersama sang adik, Dio Missa mendapat kontrak dengan Persija Jakarta. Dia dikontrak untuk membela Persija Jakarta pada kompetisi Elite Pro Academy Liga 1 U-18.

Pada musim 2022/2023, Frengky  Missa dipromosikan ke tim senior asuhan Thomas Doll. Dia sempat bermain sebanyak empat pertandingan fase grup di Piala Presiden 2022. Pelatih asal Jerman tampaknya kepincut dengan visi bermain Frengky Missa. Hasilnya dia selalu dipercaya mengisi bek kanan pada dua pertandingan Persija Jakarta di Liga 1 musim 2022/2023. 

Layak Dipanggil Shin Tae-yong

Nama Frengky Missa muncul berkat kejelian Thomas Doll yang mempromosikan dirinya ke tim utama Persija Jakarta. Frengky dimainkan saat Persija mengikuti turnamen Piala Presiden 2022. Dia selalu tampil gemilang dalam empat pertandingan fase grup yang dijalani Macan Kemayoran.

Penampilan Frengky dinilai layak untuk mengisi skuat Timnas U-19. Apalagi posisi yang ditempati Frengky Missa juga membutuhkan tambahan pemain. Seperti yang diketahui, saat Piala AFF U-19 kemarin, sektor bek kanan tidak diisi pemain yang berposisi asli, yakni Kakang Rudianto, Subhan Fajri, atau Alfrianto Nico.

Frengky  Missa bisa dicoba Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala AFC U-20 pada September mendatang. Dia dapat mengisi posisi bek kanan yang memiliki kekuatan sama baiknya dalam menyerang dan bertahan.

Komentar Thomas Doll Mengenai Frengky Missa

Pelatih Persija Jakarta asal Jerman, Thomas Doll berkomentar mengenai kesempatan Frengky Missa untuk membela Garuda Muda di Piala Dunia U-20. Dia mengaku bahwa pemain asal NTT itu memiliki kesempatan bermain di Piala Dunia U-20 2023. Namun, menurut perjalanan menuju ke sana masih cukup panjang.

Thomas Doll menambahkan, Frengky Missa adalah pemain bertalenta. Dia berharap pemain berusia 18 tahun itu dalam kondisi yang baik. Amat penting bagi seorang pemain profesional menjaga fisiknya agar tetap sehat dan tidak diselimuti badai cedera.

Selama membela Persija, Frengky selalu mendapat tempat utama di posisi bek kanan, mengalahkan Rio Fahmi yang musim mengisi posisi tersebut. Dia juga sudah mencetak gol debut kala Macan Kemayoran bertemu Persis Solo di Stadion Patriot Candrabhaga pada Minggu, (31/7) kemarin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here