Florentino Perez: ESL untuk Menyelamatkan Sepakbola

0
64
Florentino Perez: ESL untuk Menyelamatkan Sepakbola
Sumber : https://img.bleacherreport.net/img/images/photos/003/910/514/hi-res-d3f08d5268f4b95fa8ce817267866ae6_crop_north.jpg?

Debatbola.comEuropean Super League (ESL) menjadi pembahasan serius belakangan. Ada 12 klub liga top Eropa yang berencana menjalankan liga baru. Namun rencana itu mendapatkan tentangan dari banyak pihak.

Kontra terjadi karena ESL dinilai hanya akan memperkaya para klub pendiri yaitu ke-12 klub yang berasal dari Inggris, Italia, dan Spanyol. Tidak adanya sistem kompetitif yang bisa membuat sebuah klub berpartisipasi atau tersingkir dari liga ini juga jadi alasan liga ini disebut sebagai liga yang dikhususkan untuk klub-klub kaya.

Tapi Presiden Real Madrid, Florentino Perez, punya pandangan lain. Pria yang jadi aktor utama di balik lahirnya ESL ini mengatakan sebaliknya, ESL merupakan solusi dari masalah finansial sepakbola yang ada saat ini.

“Klub-klub terbesar di Inggris, Italia, dan Spanyol telah menemukan sebuah solusi terhadap situasi yang sangat sulit yang tengah dihadapi sepakbola belakangan. Real Madrid kerugian 40 juta euro hanya dalam dua musim, dan itu hanya Real Madrid,” beber Perez.

“Ketika Anda hanya mendapatkan pendapatan dari televisi, Anda akan memahami sebuah solusi tentang menciptakan pertandingan yang lebih kompetitif dan lebih atraktif yang bisa ditonton di seluruh dunia.”

Perez menjelaskan bahwa ESL ini lahir untuk menyelamatkan sepakbola secara global. Format ESL ini menurutnya dirasa bisa membuat sepakbola lebih diminati oleh lebih banyak orang.

“Kami telah memutuskan, di tengah pekan, selain Liga Champions kami akan memainkan Super League dengan lebih banyak pertandingan. Sepakbola harus berevolusi. Belakang sudah kehilangan minatnya.”

“Kami harus berpikir kenapa orang berusia 16-24 tahun kehilangan minat terhadap sepakbola. Ada banyak kualitas pertandingan yang buruk dan ada juga hiburan pada platform lain. Kami harus membuat sepakbola lebih atraktif. Ini bukan dibuat untuk kekayaan, kami melakukannya untuk menyelamatkan sepakbola.”

UEFA sendiri kabarnya akan mencoret Man City, Real Madrid, dan Chelsea dari Liga Champions musim ini, di mana ketiganya sudah memasuki babak semifinal. Namun Perez menyatakan bahwa klub-klub tidak perlu takut karena itu tidak akan terjadi.

“Semua pemain bisa tenang karena itu tak akan terjadi. Real Madrid tidak akan dicoret dari Liga Champions, begitu juga City, atau siapapun itu. Itu tidak akan terjadi. Aku tak akan menyebutkan alasannya kenapa. Tapi secara legal itu tidak mungkin.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here