FIGC: Juve Pun Tak Akan Mau Mendapatkan Scudetto Cuma-cuma

Debatbola.com – Masa depan Serie A 2019/20 masih tak jelas setelah dihentikan karena virus corona. Hingga saat artikel ini ditulis, korban karena terinfeksi COVID-19 masih terus berjatuhan. Hal itu menyebabkan Serie A masih jauh dari harapan untuk bisa segera kembali digelar.

Sempat muncul isu bahwa Serie A 2019/20 akan diakhiri sekarang juga. Juventus yang memuncaki klasemen sementara akan mendapatkan gelar juara. Tapi kemungkinan besar opsi itu tidak akan diambil karena akan banyak klub yang tak setuju, termasuk dari Juvenus sendiri.

“Aku rasa membatalkan musim ini agak rumit, ini akan terasa tidak adil, yang akan berujung tuntutan hukum nantinya karena kondisi darurat,” ujar Presiden FIGC, Gabriele Garvina, kepada TMW Radio. “Memang cuma scudetto yang perlu dibereskan, tapi aku yakin Juventus pun tidak suka dengan solusi itu.”

Sempat juga tersiar kabar bahwa Serie A tengah menyiapkan sistem play-off untuk menentukan gelar juara, degradasi, dan zona kompetisi UEFA. Namun Garvina memastikan bahwa FIGC akan berusaha sebisa mungkin untuk menyelesaikan liga dengan menjalani partai sisa. Tapi ia tetap mengutamakan musim depan bisa dijalankan tanpa terganggu sisa musim ini.

“Prioritas utama adalah menuntaskan musim ini. Rencananya dimulai 20 Mei atau awal Juni, lalu berakhir Juli. Ada kemungkinan juga berakhir Agustus atau September. Aku ingin bilang bahwa aku tidak suka jika harus mengorbankan musim lainnya untuk menuntaskan musim ini.

Serie A musim ini masih menyisakan sekitar 12-13 laga. Juventus memimpin klasemen sementara dengan unggul satu poin dari Lazio. Di zona degradasi terdapat Brescia, SPAL, dan Lecce. Tapi dengan selisih 9 poin dengan kesebelasan di peringkat ke-17, segalanya masih bisa terjadi dalam 12 pekan tersisa.  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here