FIGC Ancam Tendang Juventus dari Serie A

0
210
FIGC Ancam Tendang Juventus dari Serie A

Debatbola.com – Kehebohan European Super League yang terjadi beberapa pekan lalu sudah mereda setelah klub-klub yang awalnya hendak membuat liga baru tersebut memutuskan untuk mundur. Namun tak semua klub melakukannya.

Masih ada klub yang meyakini bahwa ESL merupakan kompetisi yang wajib digelar. Salah satunya adalah raksasa Italia, Juventus. Sampai saat ini, belum ada pernyataan resmi mengenai mundurnya mereka dari ESL.

Juventus, bersama Real Madrid dan Barcelona, masih akan memikirkan strategi lain demi terwujudnya keinginan menggelar ESL. Dari 12 kesebelasan, memang hanya tiga kesebelasan tersebut yang masih ingin proyek ESL dilanjutkan.

UEFA sendiri sempat memberikan peringatan keras pada ketiga kesebelasan tersebut. Namun Juventus menjawabnya dengan menyebut peringatan tersebut merupakan sesuatu hal yang “tidak bisa diterima”. Si Nyonya Tua keukeuh menilai bahwa sepakbola Eropa perlu direformasi.

Sekarang muncul ancaman lain dari Federasi Sepakbola Italia (FIGC). FIGC pun ingin klub-klub mengakhiri drama ESL. Mereka tak sungkan untuk mengeluarkan Juventus jika mereka masih keras kepala dengan ide ESL-nya.

“(Untuk mengeluarkan Juventus) prinsipnya mudah sebetulnya, kami tinggal meminta persetujuan dari Olympic Charter lalu melaporkan hal ini ke federasi nasional dan internasional,” ujar Presiden FIGC, Gabriele Gravina.

“Kami sudah jengah dengan persoalan antara UEFA dengan ketiga klub ini. Aku harap kami bisa menjadi penengah antara Juventus dan UEFA. Hal seperti ini tak bagus buat sepakbola internasional, buat sepakbola Italia, buat Juventus sendiri. Kami sudah bilang kalau federasi akan menghormati aturan.”

Gravina bahkan mengatakan kalau surat keputusan pengeluaran Juventus dari Serie A ini bisa saja segera dikeluarkan. FIGC hanya ingin masalah ini tidak berlarut-larut dan cepat selesai.

“Aturan mengenai larangan partisipasi pada kejuaran kami jika prinsip yang ditetapkan federasi dan UEFA tetap tidak diterima. Aku harap masalah ini bisa segera diselesaikan.”

Juventus sendiri saat ini dipastikan gagal menjuarai Serie A musim ini. Selain itu mereka juga terancam gagal tampil ke Liga Champions musim depan karena terlempar ke posisi lima dengan tiga pertandingan sisa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here