FIFA Mengijinkan Bendera Pelangi Di Piala Dunia Qatar

0
343
FIFA Mengijinkan Bendera Pelangi Di Piala Dunia Qatar

Debatbola.com – Setelah mendapatkan banyak protes dari banyak negara peserta Piala Dunia, akhinya FIFA membolehkan peserta mengijinkan bendera LGBT masuk kestadion. Hal ini sesuai dengan yang diungkap oleh Federasi Sepakbola Wales. Berdasarkan pada BBC, FIFA mengatakan bahwa bendera LGBT sekarang boleh dikibarkan didalam stadion ketika pertandingan Piala Dunia.

Sebelumnya, protes keras dilakukan oleh Federasi Sepakbola Wales tersebut karena beberapa staff dan penonton dilarang masuk karena menggunakan atribut tersebut. Turnamen yang digelar diQatar tersebut melarang beberapa pesertanya untuk tidak memakai atribut atau simbol LGBT dikompetisi antar negara.

Jerman sebelum memulai laga dengan timnas Jepang juga melakukan protes akan hal tersebut. Bentuk protes itu adalah menutup muka dengan jari teluntuk dan ibu jari naik keatas seperti selebrasi Paolo Dibala ketika mencetak gol. Sayangnya timnas Jerman harus menuai kekalahan atas Jepang dengan skor 1 : 2. Meskipun dibabak pertama Jerman unggul satu gol, Jepang berhasil membalikkan keadaan dengan mencetak dua gol menjelang menit akhir laga.

Beberapa pihak jengkel dengan keputusan FIFA tersebut, FIFA dianggap inkosisten pada keputusannya. Seharusnya dari awal FIFA memberikan penjelasan kepada peserta Piala Dunia untuk menghormati tuan rumah bahwa LGBT merupakan sesuatu yang dilarang oleh Islam yang menjadi mayoritas dinegara Qatar.

Hukuman FIFA kepada negara yang menggunakan atribut pelangi akan adalah kartu kuning yang diberikan kepada pemain yang memakai atribut tersebut. Akhirnya banyak pemain yang protes mengenai hal tersebut. Kartu kuning yang diberikan itu sangat kontrofersial. Menurut Federasi Sepakbola Wales, hal itu merupakan bentuk diskriminasi yang dilakukan kepada kelompok dengan orientasi seks tertentu. Seharunya FIFA tidak mengambil tindakan yang berlebihan.

Selain LGBT dilarang di Qatar, Alkohol juga hal yang tidak dibolehkan selama kompetisi Piala Dunia berlangsung. Sementara fasilitas yang disediakan oleh tuan rumah cukup bagus dan mumpuni. Tetapi beberapa larangan tersebut membuat suporter dan para peserta Piala Dunia cukup keberatan. Ini merupakan Piala Dunia yang pertama digelar dinegara teluk seperti Qatar ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here