FIFA Keluarkan Aturan Baru Untuk Transfer, Sejumlah Klub Mulai Ketar-Ketir

0
97

Debatbola.com – FIFA baru saja menggemparkan dunia sepak bola dengan mengeluarkan peraturan baru yang dianggap merugikan klub. Sontak peraturan tersebut menuai pro dan kontra diantara klub-klub besar terutama Eropa. Nyatanya peraturan itu dikeluarkan untuk mencegah penumpukan pemain dalam suatu klub demi memaksimalkan talenta muda.

Peraturan baru FIFA salah satunya membahas mengenai peminjaman pemain dalam skala Internasional. Jumlah pemain, durasi peminjaman dan jumlah kesepakatan dengan satu klub akan dibatasi oleh FIFA. Juli tahun 2022 nanti peraturan tersebut akan mulai diterapkan dengan jumlah yang terus menyusut setiap tahunnya.

Aturan Baru FIFA

Federasi sepak bola tingkat Internasional atau yang lebih dikenal dengan FIFA baru-baru ini telah mengeluarkan peraturan baru. Isi dari peraturan tersebut salah satunya mengenai regulasi pemain khususnya pada skema peminjaman pemain. Peraturan kali ini merupakan reformasi dari peraturan mengenai transfer yang dikeluarkan pada tahun 2017 lalu.

Mulai Juli tahun 2022 jumlah pemain pinjaman pada suatu klub akan dibatasi sesuai peraturan yang telah ditentukan. Setiap klub maksimal hanya boleh memiliki 8 pemain pinjaman tingkat Internasional dan hanya bisa meminjamkan pemain dengan jumlah yang sama. Jumlah pemain pinjaman tersebut akan terus dikurangi setiap musimnya hingga nanti akan berhenti pada angka 6.

Bukan hanya jumlah pemain pinjaman saja yang dibatasi oleh FIFA, durasi peminjaman pun juga akan diatur. Paling sebentar periode peminjaman yaitu setengah musim atau diantara dua transfer, sedang periode terlama yaitu satu musim. Peminjaman yang melebihi batas periode yang telah ditentukan harus menyertakan proposal baru.

Jumlah pemain yang diterima klub dari satu klub lain juga dibatasi oleh FIFA. Maksimal setiap klub hanya boleh menampung 3 pemain dari klub yang sama. Peraturan ini sedikit berbeda karena hanya dikhususkan untuk pemain yang sudah dalam tingkatan profesional dan bukan pada pemain yang masih tingkatan biasa.

FIFA mengeluarkan aturan tersebut untuk membantu pemain muda dan menambah keunggulan kompetitif seimbang. Tujuan utamanya yaitu untuk mencegah penumpukan pemain yang tidak diperlukan di suatu klub. Sejatinya peraturan tersebut rencananya akan diaktifkan pada tahun 2020 lalu, akan tetapi terkendala badai Covid yang menyerang saat itu.

Wonderkid Masuk Pengecualian

FIFA rupanya masih memberi keringanan dalam pelaksanaan peraturan tersebut. Rupanya peraturan itu dikhususkan untuk pemain dengan usia 21 tahun keatas dan tidak berlaku untuk usia dibawahnya. Pengecualian tersebut rupanya bukan hanya berlaku untuk wonderkid saja, pemain yang merupakan lulusan akademi klub juga tidak termasuk dalam hitungan.

Adanya pengecualian tersebut setidaknya masih memberi sedikit keringanan untuk klub. Masing-masing klub masih bisa meminjamkan talenta mudanya yang masih kurang pengalaman ke klub lain sebanyak-banyaknya. Para pemain muda masih bisa memenuhi ambisinya yang ingin mendapatkan menit bermain yang lebih banyak namun tidak ingin meninggalkan klub.

Peraturan FIFA yang baru tersebut juga hanya berlaku untuk peminjaman tingkat Internasional saja dan belum berlaku untuk peminjaman tingkat nasional. Meskipun begitu, phak FIFA akan meminta asosiasi sepak bola setiap negaranya untuk menyelaraskan peraturan tersebut. Selambat-lambatnya pada tahun 2025 nanti jumlah pemain pinjaman tingkat nasional juga akan dibatasi.

Klub-Klub Besar Mulai Gusar

Peraturan baru yang dikeluarkan oleh FIFA tersebut sontak membuat pro dan kontra diantara klub-klub besar Eropa. Pasalnya, hampir semua klub besar memiliki pemain baik yang dipinjam maupun dipinjamkan dengan jumlah yang lumayan banyak. Sebut saja Chelsea, duo Manchester, Liverpool serta Arsenal, masing-masing klub memiliki jumlah yang cukup banyak untuk pemain yang dipinjamkan.

Chelsea merupakan klub yang paling merasakan dampak dari peraturan baru tersebut. Pasalnya Chelsea telah meminjamkan setidaknya 22 pemain dan delapan diantaranya di tingkat Internasional. Para pemain tersebut sebagian besar juga sudah memasuki usia diatas 21 tahun dan pastinya termasuk dalam pemain yang dimaksud oleh FIFA.

Pemain seperti Connor Gallagher, Tiemoue Bakayoko dan Michy Batshuayi adalah pemain pinjaman dari Chelsea yang mampu tampil baik di klubnya yang sekarang. Peraturan baru tentu akan mengganggu peminjaman ketiga pemain tersebut. The Blues kini harus memutar otak agar peraturan tersebut tidak mengganggu regulasi transfer di klub tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here