FIFA Juga Tolak European Super League

0
559
FIFA Juga Tolak European Super League
Sumber : https://img.jakpost.net/c/2020/11/19/2020_11_19_107600_1605781571._large.jpg

Debatbola.com – Wacana digelarnya European Super League (ESL) menggegerkan publik sepakbola. Bagaimana tidak, liga antar klub top Eropa ini direncanakan akan diikuti oleh klub-klub terbaik Eropa secara tertutup. Hanya ada 12 klub dan beberapa klub undangan yang bisa mengikuti ESL tersebut.

UEFA yang mengetahui ini langsung menentang. Hukuman berat siap dijatuhkan bagi klub dan pemain yang mengikuti ESL. Mereka akan dilarang bermain di liga di bawah UEFA dan tidak bisa memperkuat tim nasional.

FIFA sebagai federasi sepakbola dunia juga menyatakan pernyataan serupa. Bagi FIFA, ESL tidak sejalan dengan visi dan misi sepakbola secara umum karena hanya menjadi proyek terbatas bagi sejumlah pihak saja.

“Dalam pandangan kami, dengan melihat status kami, dalam kompetisi sepakbola apapun, baik itu daerah, nasional atau global, harus selalu menunjukkan prinsip dari solidaritas, inklusivitas dan kesetaraan pembagian finansial,” tulis pernyataan FIFA.

“Lebih dari itu, badang sepakbola harus mematuhi segala hukum, olahraga dan diplomatik untuk tetap ada dalam koridor olahraga. Sebaliknya dengan latar belakang itu, FIFA menegaskan untuk tidak menyetujui ‘Liga Eropa Tertutup’ di luar struktur sepakbola internasional karena tidak menghormati prinsip-prinsip yang ada.”

Untuk segera menyelesaikan masalah ini, FIFA pun akan segera melakukan sesuatu. Meski menolak, FIFA tetap akan berusaha membuat sepakbola tetap dan terus lebih menarik lagi.

“FIFA, tentu, akan melakukan yang semestinya dilakukan untuk bisa terus berkontribusi memajukan sepakbola secara keseluruhan sehingga bisa tetap menarik bagi semua orang.”

Ada 12 klub yang menyatakan siap turut serta dalam ESL. Mereka adalah 6 wakil Inggris (Man City, Man United, Chelsea, Arsenal, dan Tottenham), 3 wakil Italia (Juventus, Inter Milan, dan AC Milan), serta 3 wakil Spanyol (Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona). Sejumlah klub menolak untuk turut serta seperti PSG, Bayern Munich, FC Porto, dan Borussia Dortmund.

Ke-12 klub tersebut masih tetap pada pendiriannya terhadap keturutsertaan pada ESL, padahal banyak tentangan dari banyak pihak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here