Fenomena Menjamurnya Pemain Jepang Di Liga 1 Indonesia

0
40

Debatbola.com – Regulasi Liga 1 yang memperbolehkan setiap klub memiliki pemain asing dengan jumlah yang dibatasi. Karena hal itulah klub-klub di Liga 1 berlomba-lomba mendatangkan pemain legiun asing untuk memperkuat klubnya. Salah satu pemain asing yang menjadi sasaran yaitu pemain dari negara Jepang.

Sejak musim lalu, para pemain Jepang tengah naik daun dalam Liga 1 Indonesia. Musim ini, juga ada klub Liga 1 yang kembali merekrut pemain asal Jepang dan menambah daftar panjang pemain negeri Sakura yang berkarir di Indonesia. Kini keberadaan pemain asing yang berasal dari Jepang sudah menjamur di Liga 1.

Persebaya Terbaru
Menjelang dimulainya musim baru di Liga 1, Persebaya baru saja mendatangkan pemain baru untuk melengkapi kuota legiun asingnya. Pemain yang bernama Sho Yamamoto tersebut berasal dari Negeri Sakura. Kedatangannya diharapkan bisa memperkuat lini depan setelah ditinggalkan beberapa pemain di posisi tersebut.

Kabarnya, Taisei Marukawa lah yang menjadi penyebab Sho Yamamoto memilih berkarir di Liga 1 Indonesia. Seperti yang diketahui, Marukawa tampil cukup subur di musim kemarin ketika masih bersama Persebaya. Sepertinya Persebaya ingin mengulang sejarah Taisei Marukawa yang tampil moncer di musim kemarin.

Sho Yamamoto berambisi untuk bisa meniru kesuksesan Taisei Marukawa bersama Persebaya. Pemain Jepang berusia 25 tahun tersebut sudah mulai berlatih bersama skuad Persebaya sejak Rabu tanggal 1 Juni kemarin. Turnamen Pramusim yang akan digelar sebentar lagi akan menjadi pembuktian potensi Sho Yamamoto.

Kebanjiran Pemain Asal Jepang
Kedatangan Sho Yamamoto ke Kota Surabaya menjadikan dirinya pemain Jepang ke-7 yang bergabung dengan Liga 1 Indonesia. Sebelumnya sudah ada 6 pemain berpaspor Jepang yang sudah lebih dulu menjadi bagian Liga 1. Sepertinya ekspansi besar-besaran dari pemain Jepang ke Indonesia sudah dimulai.

Pemain Jepang yang namanya paling bersinar yaitu Taisei Marukawa ketika masih bersama dengan Persebaya di musim lalu. Bersama skuad Bajul Ijo, Marukawa telah menyumbangkan 17 gol dengan 10 assist dari 32 laga yang diikuti. Moncernya pemain Jepang tersebut yang membuat PSIS tertarik merekrutnya di bulan kemarin.

Selain Taisei Marukawa, ada beberapa pemain yang namanya tak kalah menterengnya di Liga 1. Borneo FC Samarinda juga memiliki pemain Jepang bernama Kei Hirose yang sudah cukup lama berkarir di Indonesia. Tak mau kalah Arema juga memiliki Renshi Yamaguchi yang tak kalah moncernya dengan Marukawa.

Barito Putera juga memiliki satu pemain Jepang yang baru saja didatangkan yaitu Ryota Roma. Ingin bisa survive di Liga 1 musim 2022-2023, Rans Nusantara juga baru saja mendatangkan Kodai Lida dari Jepang. Bhayangkara FC juga baru saja merekrut pemain Jepang bernama Katsuyoshi Kimishima.

Menjamurnya pemain Jepang yang ada di Indonesia rupanya disebabkan oleh Taisei Marukawa. Moncernya pemain tersebut saat masih membela Persebaya di musim kemarin menjadi daya tarik pemain Jepang untuk berkarir di Indonesia. Bukan tidak mungkin daftar pemain Jepang tersebut akan kembali bertambah suatu hari nanti.

Aggy Eka Ressy selaku agen pembawa sebagian besar pemain Jepang mengungkapkan alasan lain dari fenomena tersebut. Attitude yang baik serta budaya yang tidak jauh berbeda membuat klub Indonesia tertarik merekrut pemain Jepang. Selain itu, pemain Jepang adalah tipe pekerja keras dengan skill yang mumpuni sehingga cocok untuk klub-klub Liga 1.

Persib Bandung Menyusul?
Ekspansi pemain Jepang ke Liga 1 Indonesia sepertinya akan terus berlanjut. Pasalnya bursa transfer masih belum ditutup serta masih banyak klub yang belum mengisi slot pemain Asia. Bukan tidak mungkin klub-klub tersebut akan memasukkan pemain Jepang untuk mengisi slot tersebut.

Terbaru Persib Bandung juga dikaitkan dengan pemain asal Negeri Sakura yang akan melengkapi slot pemain asing Asia klub tersebut. Sebelumnya, Ryohei Miyazaki juga sudah melakukan trial ke Persib namun gagal lolos. Setelah Ryohei Miyazaki, kini Persib dikaitkan dengan Takuto Ashimi yang juga dari Jepang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here