Fernandinho Tak Bikin Guardiola Tenang

Debatbola.com – Krisis pemain berposisi bek tengah membuat Pep Guardiola terpaksa memainkan Fernandinho sebagai bek tengah. Fernandinho sebelumnya terbiasa bermain sebagai gelandang bertahan dalam formasi 4-3-3.

Cedera yang diderita Aymeric Laporte dan John Stones menyisakan Nicolas Otamendi sebagai satu-satunya bek tengah murni miliki City saat ini. Manchester City memang hanya punya tiga bek tengah setelah tak mencari pengganti Vincent Kompany yang kontraknya tak diperpanjang pada akhir musim 2018/19.

Fernandinho bermain cukup baik sebagai bek tengah. Pemain asal Brasil ini pun merasa tak canggung dengan posisinya itu. Apalagi sejak awal Pep sempat membiasakannya bermain sebagai bek tengah pada pra-musim.

Fernandinho Tak Bikin Guardiola Tenang

“Lebih mudah bermain di belakang karena kami bermain sebagai tim dan para pemain di depan selalu mendekat untuk mempersempit jarak. Aku sudah berlatih di posisi ini sejak awal musim ini,” kata Fernandinho pada BT Sport.

“Tentu Pep tahu segalanya tentang skuat kami, tim kami, dan kapan dia membutuhkan Anda. Aku rasa setiap pemain harus selalu siap. Hari ini tiba waktuku, kesempatanku, dan aku harap aku bisa lebih baik dan meningkat lagi.”

Meski begitu, situasi ini tak membuat Pep tenang. Baginya tetap terlalu riskan jika selalu mengandalkan Fernandinho sebagai bek tengah. Terlebih Fernandinho kini sudah berusia 34 tahun dan punya tandem Otamendi yang berusia 31 tahun.

“Untuk satu atau dua laga mungkin tak masalah, tapi kalau untuk tiga atau empat bulan, aku takt ahu apa yang akan terjadi,” tutur Guardiola. “Keduanya tampil luar biasa [melawan Shakthar]. Nico menunjukkan personal yang luar biasa.”

“Mungkin Kyle [Walker] akan dicoba sebagai bek tengah, aku tak tahu, tapi dua pemain itu [Nico dan Fernandinho] tidak bisa terus bermain setiap tiga hari sekali.”

Jika memainkan Walker sebagai bek tengah, City memang punya opsi lain di pos bek kanan dalam diri Joao Cancelo. Bek kanan Tim Nasional Portugal yang direkrut dari Juventus ini belum mendapatkan banyak kesempatan bermain karena masih harus beradaptasi dengan permainan City.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here