Fase Grup Selesai, Ini 5 Kandidat Juara Olimpiade Cabang Olahraga Sepakbola Wanita

0
238

Debatbola.com – Perhelatan Olimpiade Tokyo cabang olahraga sepakbola wanita kini telah sampai di babak gugur. Hanya ada delapan negara yang masih bertahan untuk menghadapi fase perempat final. Persaingan di babak gugur nanti pasti bakal berlangsung lebih ketat. Lalu, dari delapan negara peserta yang tersisa, negara mana saja yang menyandang status kandidat juara?

Britania Raya

Dalam cabang olahraga sepakbola wanita Olimpiade, timnas wanita Britania Raya memang masih terbilang baru. Dibanding beberapa negara lain, Britania Raya terbilang masih punya pengalaman yang minim di turnamen ini. Tetapi, pada edisi Olimpiade Tokyo tahun ini, kekuatan timnas wanita Britania Raya jelas patut diperhitungkan.

Di fase grup, catatan Britania Raya terbilang sangat baik, di mana mereka sukses meraih tujuh poin dari tiga laga yang dimainkan. Rinciannya, Britania Raya meraih total dua kemenangan ditambah satu hasil seri. Bersama Kanada, Britania Raya sama-sama tak terkalahkan selama bermain di Grup E.

Amerika Serikat

Jika berbicara soal sepakbola wanita, jelas tak bisa melupakan nama timnas wanita Amerika Serikat, atau dikenal juga dengan USWNT. USWNT sepanjang sejarah tercatat berhasil mengoleksi empat trofi Piala Dunia Wanita, pada tahun 1991, 1999, 2015 dan 2019. Mereka juga tercatat telah memenangkan empat medali emas di Olimpiade.

Memang, penampilan USWNT di ajang Olimpiade tahun ini tak begitu spesial, di mana mereka hanya finish di urutan ke-2 Grup G. USWNT hanya meraih total empat poin dari tiga laga yang sudah dimainkan. Mereka finish sebagai runner up dengan defisit hingga lima poin dari Swedia yang menyandang status sebagai jawara grup.

Kanada

Seperti halnya Amerika Serikat, Kanada juga punya sejarah kuat di ajang Olimpiade, apalagi di cabang olahraga sepakbola wanita. Mengulik sejarahnya, Kanada menjadi salah satu rival terberat timnas wanita Amerika Serikat. Mereka bahkan pernah mencapai babak semifinal pada Olimpiade 2012 ketika mereka takluk di tangan Amerika Serikat.

Pada gelaran Olimpiade tahun 2016, Kanada menyabet medali emas. Kini, di ajang Olimpiade Tokyo, timnas wanita Kanada juga tampil impresif. Bersama dengan Britania Raya, mereka belum terkalahkan selama bermain di fase grup. Total, Kanada berhasil meraih lima poin, buah dari satu kemenangan dan satu hasil seri.

Swedia

Tak jauh berbeda dari Kanada, timnas wanita Swedia juga punya sejarah kuat dalam gelaran Olimpiade. Contohnya pada tahun 2016, Swedia sukses merebut medali perak setelah kalah di laga puncak sepakbola wanita menghadapi Jerman. Bukan cuma itu, timnas wanita Swedia juga terbilang berpengalaman di berbagai kompetisi, termasuk Piala Dunia dan Euro wanita.

Catatan timnas wanita Swedia di turnamen sepakbola wanita Olimpiade tahun ini tampil begitu cemerlang. Dari tiga laga yang dimainkan di Grup G, Swedia meraih catatan sempurna dengan tiga kemenangan. Mereka bahkan mampu mengungguli Amerika Serikat yang berada lima poin di bawah mereka.

Belanda

Kandidat juara terkuat sepakbola wanita Olimpiade Tokyo 2020 versi situs judi online adalah Belanda. Armada Sarina Wiegman tercatat punya prestasi bagus di mana mereka saat ini berstatus sebagai jawara bertahan Eropa sekaligus finalis Piala Dunia Wanita 2019. Bisa dibilang, tim ini adalah tim yang paling sempurna di ajang sepakbola wanita Olimpiade Tokyo 2020.

Lihat saja penampilan skuad putri Der Oranje di fase grup. Skuad arahan Sarina Wiegman itu tercatat dua kali membantai lawan-lawannya di Grup F. China menjadi korban terakhir dengan kekalahan 8-2, dan sebelumnya, Belanda sudah membantai Zambia dengan skor 10-3. Bisa dibilang, Belanda adalah kandidat terkuat untuk meraih emas di Olimpiade tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here