Fakta Menarik Pekan Pertama Liga 1 Musim 2022/2023

0
24

Debatbola.com – Pekan pertama kasta tertinggi kompetisi liga Indonesia, Liga 1 musim 2022/2023 telah bergulir pada akhir pekan kemarin. Sejumlah pertandingan berlangsung dengan beragam catatan, terdapat 7 klub yang meraih hasil positif, dan 2 pertandingan berakhir tanpa pemenang. 

Meski baru pekan pembukaan, Liga 1 musim ini sudah menghadirkan drama menarik yang tersaji pada setiap pertandingannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa seluruh tim yang berkompetisi di Liga musim ini langsung tancap gas. Berikut fakta yang tersaji pada pekan pertama Liga 1 musim 2022/2023:

Taisei Marukawa Menjadi Pencetak Gol Pertama 

Pemain terbaik Liga 1 musim 2022/2023 yang kini berseragam PSIS Semarang, Taisei Marukawa dinobatkan sebagai pencetak gol pertama musim ini. Bukan hanya itu, Marukawa juga berhasil menjadi pemain pertama yang mencetak gol melalui titik penalti. 

Pemain asing asal Jepang tersebut mencetak gol pada menit ke-75 setelah Oktafianus Fernando dilanggar David Laly di kotak terlarang. Marukawa sukses memperdaya penjaga gawang Rans Nusantara FC, Hilmansyah dengan sepakan kaki kanannya. 

Lulinha Langsung Tancap Gas

Luiz Marcelo Morais atau bisa dikenal Lulinha adalah pemain asing baru milik Madura United FC. Ia memborong tiga gol saat Madura United membantai Barito Putera 8-0 pada Sabtu, 23 Juli 2022 malam. 

Gol-gol tersebut dicetak pada menit ke-22, 51, dan 87. Hal itu membuat dirinya bertengger di daftar topskor sementara dan menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak hattrick. Padahal, Lulinha baru merumput di kompetisi Liga 1 musim ini. 

Madura United Tampil Apik

Laskar Sape Kerrab langsung tampil trengginas ketika menghadapi Barito Putera pada pertandingan pertama Liga 1 musim 2022/2023. Mereka melumat tim asuhan Dejan Antonic dengan delapan gol tanpa sanggup dibalas. 

Pesta gol dimulai ketika Ricky Ariansyah membuka gol pada menit ke-21. Satu menit berselang Lulinha mencetak gol perdananya di musim ini. Alberto Goncalves tak ingin tertinggal. Dirinya kemudian menyusul tertera namanya di sebagai pencetak gol pada menit ke-31. Pada akhir babak pertama, Malik Risaldi menjaringkan bola ke gawang Barito. 

Baru 3 menit babak kedua dimulai, Luthfi Kamal mencetak gol bunuh diri. Lulinha kembali mencetak gol pada menit ke-51 dan ke-87. Pedro Henrique menutup hujan gol di penghujung babak kedua. Hasil tersebut menjadi skor terbesar yang tercipta di kompetisi teratas Liga 1. 

Kontroversi Wasit Masih Terjadi

Sudah ada kontroversi dari wasit pada pekan pertama musim ini. Terdapat dua kontroversi yang menjadi perbincangan menarik, yang dua-duanya berkaitan dengan penalti. Kejadian tersebut tentunya menghadirkan kontra dari tim yang dirugikan. 

Kontroversi pertama terjadi pada laga PSIS Semarang vs Rans Nusantara FC pada Sabtu, 23/7 sore. Kejadian bermula ketika Oktafianus Fernando menggiring bola masuk hingga kotak penalti Rans Nusantara. David Laly yang membayangi pergerakan sedikit menyentuh dirinya dan membuat Oktafianus terjatuh. 

Wasit langsung menunjuk titik putih untuk Laskar Mahesa Jenar. Kubu lawan tak terima langsung memprotes keputusan tersebut. Beberapa pemain mengerubungi hakim garis, bahkan ada yang tersulut emosinya. 

Pertandingan lain pada malam harinya juga terjadi kontroversi dari wasit Fariq Hitaba. Berawal saat Firza Andika menyisir bola dari sisi kanan pertahanan Bali United. Ia mengirim umpan ke tengah dengan bola setengah melambung. Namun, saat bola melayang, bola tersebut terkena tangan kanan Andhika Wijaya. 

Wasit berbeda pendapat, ia tak menganggap bola terkena tangan Andhika Wijaya. Protes pun dilakukan beberapa pemain Persija Jakarta. Meski keputusan yang dibuat Fariq Hitaba tidak berubah. 

Ramiro Fergonzi Cetak Gol Tercepat

Pekan pertama juga dihiasi dengan gol cepat di awal pertandingan. Terdapat tiga gol cepat yang dicetak saat pertandingan baru saja dimulai. Pertama, Ahmad Nur Hardianto mencetak gol pada menit 2 detik 37 saat dirinya menghadapi Arema FC. 

Lalu, ada penyerang Dewa United, Karim Rossi yang mencatatkan gol saat laga berjalan 1 menit 52 menit. Gol tersebut bukanlah yang tercepat. Mantan penyerang Persipura yang kini membela Persita Tangerang, Ramiro Fergonzi membukukan gol ketika pertandingan baru dimulai 57 detik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here