Fakta Menarik dan Perjalanan Timnas Indonesia Setelah Menambah Perunggu di SEA Games 2021

0
41

Debatbola.com – Skuad Garuda Muda berhasil mengalahkan Malaysia dalam perebutan medali perunggu SEA Games 2021 yang digelar kemarin (Minggu, 22/5/2022). Perebutan medali tersebut terjadi sangat ketat karena harus melalui pertandingan panjang hingga adu penalti. Dengan kemenangan tersebut, Indonesia memiliki deretan fakta menarik.

Fakta Menarik Untuk Dibahas
Laga yang dilaksanakan di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam menyisakan kenangan manis Indonesia. Selain itu. Timnas Indonesia memiliki sederet fakta menarik usai pertandingan kemarin. Setidaknya ada 5 fakta menarik Timnas Indonesia yang patut dibahas, berikut diantaranya :

1. Prestasi Shin Tae-yong Bersama Timnas U-23
Perolehan medali perunggu yang berhasil diraih Indonesia kemarin menjadi salah satu prestasi membanggakan Shin Tae-yong. Bersama Timnas Indonesia U-23, tercatat dirinya sudah meraih prestasi ke dua sejak pelatih asal Negeri Ginseng tersebut menukangi Indonesia sejak Desember 2019.

2. Shin Tae-yong Menyamai Prestasi Pelatih Lain
Dengan perolehan medali perunggu kali ini, itu artinya Shin Tae-yong bisa mengikuti pelatih istimewa lainnya. Seperti Luis Milla, Bernhard Schumm, Brend Fisher, hingga Anatoli Polosin. Dengan pencapaian tersebut, ini menunjukkan Shin Tae-yong bukan pelatih sembarangan.

3. Medali Perunggu ke-5
Medali perunggu yang diperoleh kemarin, menjadi tambahan koleksi Indonesia dalam memperoleh medali perunggu. Tercatat ini merupakan medali perunggu ke-5 milik Indonesia sejak SEA Games edisi 1981, 1989, 1999, 2017, dan 2021.

4. Torehan Gol dan Kebobolan
Selama ajang SEA Games 2021, Shin Tae-yong berhasil membimbing dan membawa Indonesia untuk mencetak 12 gol dari kompetisi dimulai hingga selesai. Selain itu, Indonesia juga mengalami kebobolan sebanyak 7 kali dari fase grup hingga perebutan medali perunggu melawan Malaysia.

5. Malaysia Kembali Gagal
Kekalahan Malaysia terhadap Indonesia menambah catatan panjang bahwa Negeri Jiran tidak berhasil meraih perunggu untuk ketiga kalinya. Sebelumnya Malaysia pernah gagal meraih medali dalam SEA Games edisi 2013 dan edisi 1965.

Perjalanan Timnas Indonesia U-23 Dalam SEA Games 2021
Tercatat total 6 laga yang dijalani Indonesia hingga meraih medali perunggu dalam kompetisi SEA Games 2021. Proses untuk mendapatkan perunggu bukanlah hal mudah, Indonesia harus jatuh bangun menghadapi tim yang tidak bisa dikalahkan dengan mudah. Berikut sedikit rangkumannya :

1. Pertandingan Pertama : Melawan Vietnam
Dalam fase penyisihan grup, Indonesia harus berhadapan dengan tim tuan rumah dalam laga perdana. Vietnam vs Indonesia dilaksanakan pada 6 Mei 2022 dengan hasil kekalahan telak Timnas Indonesia. Garuda Muda harus menanggung malu setelah di bantai 3-0 tanpa balas.

2. Pertandingan Kedua : Melawan Timor Leste
Sejak sebelum pertandingan melawan Timor Leste, Indonesia sudah diunggulkan oleh semua pihak. Benar saja, Indonesia berhasil membobol gawang Timor Leste 4 kali meskipun gagal mendapat cleansheet karena kebobolan 1 kali. Pertandingan tersebut dilaksanakan 4 hari setelah Indonesia terbantai dari Vietnam.

3. Pertandingan Ketiga : Melawan Filipina
Pertandingan ketiga fase penyisihan grup dilaksanakan pada 13 Mei 2022. Indonesia kembali meraih kemenangan telak 4-0 dari Filipina. Hasil ini menjadi titik awal dan kebangkitan Indonesia untuk optimis menembus partai semi final, padahal masih menyisakan satu laga melawan Myanmar.

4. Pertandingan Keempat : Melawan Myanmar
Pertandingan kedua negara ini menjadi sangat penting karena memperebutkan tiket ke babak selanjutnya yaitu Semifinal. Hingga pada akhirnya Indonesia mampu menekuk Myanmar 3-1. Pertandingan ini dilaksanakan pada 15 Mei 2022.

5. Semifinal : Melawan Thailand
Indonesia akhirnya berhadapan dengan tim Gajah Putih. Thailand merupakan langganan juara kompetisi sepak bola se Asia Tenggara. Pertandingan kedua negara berjalan sangat sengit hingga waktu perpanjangan. Namun sayang, Indonesia harus kebobolan di menit 95 dari Thailand. Dengan demikian Thailand melanjutkan ke final.

6. Perebutan Perunggu : Melawan Malaysia
Buntut dari kekalahan atas Thailand, Indonesia berhadapan dengan rival abadi yaitu Malaysia. Meskipun bukan perebutan medali emas, laga ini sangat ketat dan menegangkan. Dua gol terjadi dalam pertandingan tersebut masing-masing 1 untuk Indonesia dan Malaysia, sehingga memaksa kedua tim untuk adu penalti. Hingga akhirnya Indonesia keluar sebagai juara ke-3 setelah menang adu penalti dengan Malaysia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here