Fakta Dibalik Kepindahan Tchouameni ke Santiago Bernabeu

0
45

Debatbola.com – Penutupan bursa transfer pemain semakin dekat, sejumlah klub raksasa Eropa-pun juga telah mendatangkan pemain incarannya, termasuk Real Madrid. Klub berjuluk Los Galacticos itu tercatat telah membeli beberapa pemain, salah satunya ialah Aurelien Tchouameni. Mungkin tak banyak orang yang tahu, berikut merupakan fakta dibalik kepindahan Tchouameni.

Pengganti Casemiro

Kedatangan pemain muda asal Prancis itu juga didapuk untuk dipersiapkan sebagai pengganti seorang Casemiro. Spekulasi tersebut semakin kuat mengingat Tchouameni bermain di posisi yang sama seperti Casemiro, yakni sebagai gelandang bertahan. Selain itu, faktor usia juga menjadi alasan selanjutnya mengapa Casemiro yang telah berusia 30 tahun akan digantikan.

Berdasarkan statistik yang dikutip dari situs WhoScored, performa Casemiro di La Liga dalam beberapa musim ke belakang cenderung tidak konsisten. Contoh saja seperti kontribusi gol dan assists Casemiro di La Liga. Dari 6 gol dan 4 assist di musim 2020/2021, kini Casemiro hanya mampu menyumbangkan 1 gol dan 3 assist.

Selain itu, jumlah kartu kuning yang diraihnya musim 2021/2022 (11 kartu kuning) lebih banyak ketimbang musim 2020/2021 (9 kartu kuning). Meski begitu, catatan passing sukses Casemiro mengalami peningkatan. Pada musim 2020/2021, Casemiro hanya mencatatkan 83% passing sukses. Semusim setelahnya, catatan passing suksesnya di La Liga meningkat menjadi 86%.

Digantikannya Casemiro demi regenerasi skuat Los Blancos tetap terjaga. Ditambah Valverde dan Camavinga mulai mendapat jam terbang lebih. Tak lama setelah ini mungkin kita tak akan melihat trio Modric, Kroos dan Casemiro lagi. Melainkan trio Valverde, Camavingha dan Tchouameni lah yang akan menjadi wajah baru di lini tengah Real Madrid.

Pemain Termahal ke-5

Selain diplot sebagai pengganti Casemiro, kedatangan Tchouameni juga mencatatkan rekor sebagai pemain termahal ke-5 sepanjang sejarah Real Madrid. Tchouameni bahkan mengalahkan transfer sejumlah pemain ternama Los Blancos sebelumnya. Pemain seperti Toni Kroos dan Luka Modric yang berada di kisaran 700 Milyar Rupiah pun masih dibawah transfer nilai Tchouameni.

Dikutip dari Transfermarkt, nilai transfer dari Aurelien Tchouameni sendiri berada di angka sekitar 1 Triliun Rupiah. Jumlah tersebut tentu tergolong tinggi untuk seorang gelandang bertahan. Nilai transfer Tchouameni juga setara dengan pemain-pemain terkenal lain seperti Kaka, James Rodriguez, hingga Cristiano Ronaldo dari Manchester United dahulu.

Tentu menarik untuk ditunggu apakah Tchouameni mampu menyamai level Toni Kroos dan Luka Modric yang nilai transfernya berada dibawahnya. Atau justru bakal tampil flop seperti Luka Jovic yang memiliki nilai transfer yang setara dengannya.

Satu-satunya Yang Dibeli

Masih dari Transfermarkt, mantan pemain AS Monaco ini merupakan satu-satunya pemain yang dibeli Real Madrid per-tanggal 22 Juli 2022. Memang, Real Madrid juga mendatangkan Rudiger dari Chelsea, namun transaksi tersebut bersifat bebas transfer. Hal tersebut lantaran kontrak Rudiger bersama Chelsea yang telah berakhir, tanpa adanya perpanjangan.

Adapun pemain yang kemungkinan akan datang seperti Borja Mayoral, Reinier dan Alvaro Odriozola pun belum jelas kabarnya. Para pemain itu merupakan pemain pinjaman yang habis masa peminjamannya bulan Juni lalu. Mengingat kedalaman skuat Real Madrid yang masih cukup bagus, nampaknya tak akan ada yang direkrut kembali oleh Los Blancos.

Namun bukan tidak mungkin El-Real akan kembali mendatangkan pemain, terutama di posisi sayap. Gareth Bale telah hengkang, mengandalkan Vinicius saja bisa jadi tak cukup. Sementara Eden Hazard yang hingga kini masih rentan untuk cedera. Posisi tersebut semakin dibutuhkan lantaran Takefusa Kubo yang juga seorang sayap justru bergabung untuk Real Sociedad.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here