Ezra Walian Siap Bela Timnas Indonesia Lagi

0
152
Ezra Walian Siap Bela Timnas Indonesia Lagi

Debatbola.com –  Saat ini pemain Persib Bandung, Ezra Walian dipastikan sedang diliputi kebahagiaan. Pasalnya setelah tak menemui titik terang selama dua tahun, sang pemain akhirnya bisa kembali bermain bagi timnas Indonesia.

Sebelumnya Dilarang Membela Timnas

Ezra Walian telah resmi dipersilahkan oleh federasi sepakbola tertinggi di dunia, FIFA untuk membela panji Garuda. Sebelumnya pemain yang mempunyai darah Belanda ini pernah membela skuat Indonesia pada kelompok usia U23.

Setelah itu mantan pemain Almere City ini juga dipanggil menjadi bagian timnas oleh mantan pelatih, Luis Milla untuk masuk timnas senior. Dirinya juga membuat debut pertamanya saat tim Garuda berhadapan dengan timnas Myanmar dalam gelaran laga uji coba. Waktu itu, Ezra Walian telah dinaturalisasi dan resmi mengubah kewarganegaraannya.

Ezra Walian sendiri bermain sejak babak kedua setelah masuk menggantikan striker lainnya Ahmad Nur Hardianto. Namun sayang, timnas kala itu tampil kurang maksimal dan mengalami kekalahan dengan skor 1-3.

Setelah melakoni laga debutnya itu, Ezra Walian kemudian dilarang oleh FIFA untuk membela Indonesia. Pihak otoritas sepakbola tertinggi di dunia beralasan bahwa sebelumnya sang striker pernah membela timnas Belanda junior.

Memang striker yang kini berusia 23 tahun itu pernah membela skuat De Oranje di ajang resmi FIFA. Dirinya terhitung mempunyai 12 caps untuk timnas Belanda U15 hingga U17. Sang pemain itu juga sukses membuat 11 gol.

Sudah Diizinkan Lagi

Melihat itu PSSI tidak tinggal diam, mereka pun melakukan koordinasi dengan pihak FIFA. Dokumen mengenai keterangan lahir orang tua sang pemain untuk membuktikan darah Indonesianya pun telah diterima PSSI.

Setelah itu surat menyurat pun terjadi antara kedua pihak otoritas sepakbola itu. Proses itu pun sempat terbengkalai selama kurang lebih dua tahun. Namun menginjak tahun 2021, kesempatan yang dinanti-nantikan oleh sang striker itu pun datang.

Surat dari FIFA pun telah diterima oleh pihak PSSI. Surat tersebut memberitahukan bahwa perubahan asosiasi sang striker telah disetujui. Maka dari itu surat keberatan yang sempat dilayangkan oleh KNVB tidak berlaku lagi.

Hingga saat ini, Ezra Walian pun diberitakan sudah bisa bermain lagi bersama skuat Garuda. Sang pemain itu pun meluapkan kegembiraannya dengan mengunggah postingan di salah satu akun media sosial pribadinya.

Ezra Walian menuliskan bagaimana dirinya sangat bergembira dan tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada PSSI dan klubnya, Persib Bandung. Dirinya juga berjanji akan menampilkan permainan terbaiknya bersama timnas.

Berpotensi Dipanggil Shin Tae Yong

Persetujuan Ezra Walian untuk tampil kembali berseragam Merah-Putih tampaknya menjadikannya bersemangat lagi. Pasalnya mantan punggawa Ajax Amsterdam itu berpeluang dipanggil oleh pelatih timnas, Shin Tae Yong.

Skuat timnas yang baru pulang dari UEA setelah melakoni tiga pertandingan World Cup Qualification dipastikan akan merombak kembali skuatnya. Para pemain yang tidak tampil maksimal diprediksi akan dipersilahkan keluar.

Sementara itu Ezra Walian yang pada Maret lalu tampil penuh membela Persib Bandung di Piala Menpora bermain cukup impresif. Dirinya hanya sekali absen lantaran terkena cedera yakni pada laga melawan PS Sleman. Sang striker itu juga hanya berselisih satu gol dari pencetak gol terbanyak, Assanur Rijal.

Striker berusia 23 tahun tersebut sukses menggelontorkan tiga gol dalam enam pertandingannya. Namun sayang di partai final turnamen pra musim tersebut, klub yang dibelanya itu tak mampu berbicara banyak. Klub asal ibukota, Persija Jakarta masih terlalu tangguh kepada skuat Maung Bandung. Mereka pun kalah dengan agregat gol 4-1.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here