Eurosport Ganti Komentator Laga Britania Raya vs Australia, Apa Penyebabnya?

0
229

Debatbola.com – Beberapa waktu lalu, sejumlah punggawa timnas wanita Britania Raya mengungkapkan kekecewaannya terhadap kinerja komentator Olimpiade yang ditayangkan Eurosport. Mereka kecewa karena komentator itu melakukan beberapa kesalahan. Eurosport pun akhirnya bergerak cepat dengan mengganti suara para komentator tersebut.

Kesalahan Komentator Laga Britania Raya vs Kanada

Komentator adalah salah satu unsur penting dalam setiap pertandingan olahraga, terutama pertandingan sepakbola. Tanpa komentator, pertandingan yang berjalan terasa kurang seru dan kurang menarik. Namun, di balik peran para komentator yang terlihat begitu penting, mereka tetaplah manusia biasa yang bisa saja melakukan kesalahan.

Seperti yang terjadi dalam pertandingan lanjutan Grup E sepakbola wanita Olimpiade Tokyo 2020 antara Britania Raya melawan Kanada. Kala itu, pertandingan ditayangkan di Eurosport selaku pemegang hak siar Olimpiade di mayoritas kawasan Eropa. Namun, komentator pertandingan tersebut beberapa kali melakukan kesalahan.

Beberapa kesalahan itu antara lain salah menyebutkan nama pemain, seperti Ellen White yang dipanggil Ellie White. Lalu, Vivianne Miedema yang dipanggil Abbie. Selain itu, komentator juga menyebut Phill Neville masih menjadi manajer timnas wanita Inggris. Padahal Neville sudah mundur dari jabatan tersebut pada bulan Januari silam.

Bukan cuma itu, komentator Eurosport pada laga Britania Raya melawan Kanada juga salah menyebutkan nama kompetisi. Mereka kala itu salah menyebut Women Super League dengan Women Soccer Leauge. Lalu, mereka juga menyebut Ellen White sebagai top skorer sepanjang masa WSL, padahal gelar itu adalah milik Vivianne Miedema.

Kritik Para Punggawa Britania Raya

Usai beredarnya kabar ini via media inter303, berapa punggawa timnas wanita Britania Raya pun ikut berkomentar. Dua di antaranya adalah punggawa Arsenal Kim Little, serta pemain West Ham United, Rachel Daly. Keduanya sama-sama kecewa atas kesalahan dari komentator tersebut, tapi mereka berharap di masa depan, komentator bisa bekerja lebih baik lagi.

“Sebagai sebuah pertandingan olahraga profesional, semua hal perlu ditingkatkan, termasuk mengenai media dan penyiaran.” Kata Little seperti dikutip dari media Inggris, I. “Level kepiawaian mereka harus selalu ditingkatkan setiap kali mengomentari laga. Memang, ini mengecewakan, tapi semoga sepakbola bisa terus berkembang.”

Daly mengungkapkan kritikan yang lebih pedas dibanding Little. “Tidak sulit menyebut nama dengan benar kan?” Katanya. “Tentu ini menjengkelkan dan mengecewakan tapi jika kami terus membahas ini, maka kabar ini hanya akan bertamabha panas. Kami hanya ingin fokus pada diri sendiri, itulah hal yang terpenting saat ini.”

Eurosport Gerak Cepat

Menanggapi kesalahan komentator dalam pertandingan yang mereka siarkan, Eurosport tentu tidak tinggal diam. Selepas laga Britania Raya melawan Kanada, Eurosport memberi klarifikasi. Mereka mengklaim, komentator laga itu bukanlah dari tim mereka, melainkan dari Olympic Broadcasting Services (OBS), lembaga resmi yang mengurusi hak siar Olimpiade.

Tindakan yang diambil Eurosport terkait kesalahan komentator ternyata bukan cuma itu. Selepas kejadian tersebut, Eurosport memutuskan mengganti suara komentator di pertandingan berikutnya antara Britania Raya melawan Australia. Eurosport memilih mengganti komentator dari OBS dengan tim komentator yang baru.

Para komentator yang dipilih Eurosport untuk memimpin jalannya laga Australia vs Britania Raya juga bukan merupakan orang sembarangan. Eurosport menunjuk Dan O’Hagan sebagai komentator utama. Selain itu, Eurosport juga memanggil mantan kapten Tottenham Hotspur Jenna Shillaci untuk mendampingi O’Hagan.

Nasib Buruk Britania Raya

Laga antara Britania Raya melawan Australia sendiri harus berakhir tragis untuk wakil Eropa. Anak asuh Hege Riise secara mengejutkan takluk di tangan Australia dengan skor 4-3 setelah bermain sampai babak perpanjangan. Perjalanan Britania Raya pun otomatis terhenti, sedang Australia lanjutkan mimpi ke babak semifinal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here