Ernesto Valverde Dipecat, Barcelona Tunjuk Quique Settien Sebagai Pengganti

Debatbola.com – Kebersamaan Ernesto Valverde dengan Barcelona harus berakhir pada Senin (13/01). Barca resmi memecat sang pelatih. Kekalahan dari Atletico Madrid (2-3) pada semifinal Piala Super Spanyol jadi sebab.

“FC Barcelona dan Ernesto Valverde telah sepakat untuk mengakhiri kontrak di antara kedua belah pihak. Klub berterima kasih atas profesionalitas yang dimilikinya, komitmennya, dedikasinya, dan selalu memberikan sikap positif untu keluarga Barca. Kami harap ia beruntung dan sukses di kemudian hari,” tulis situs resmi Barca beberapa hari usai kekalahan Atleti.

Valverde total menjalani 163 pertandingan bersama Blaugrana. Total ia meraih 108 kemenangan, 35 imbang, dan 20 kali kalah. Empat piala berhasil diraihnya, yakni dua trofi La Liga, satu Copa del Rey, dan satu Piala Super Spanyol.

Ernesto Valverde Dipecat, Barcelona Tunjuk Quique Settien Sebagai Pengganti 1

Eks pelatih Athletic Bilbao ini meninggalkan Blaugrana yang masih berada di puncak klasemen 2019/20. Namun poin Barca sama dengan poin yang dimiliki Real Madrid.

Isu pemecatan Valverde sebenarnya sudah bergaung sejak musim lalu. Kekalahan telak dari Liverpool pada leg kedua Liga Champions adalah momen yang membuat pelatih asal Spanyol itu semakin berada dalam tekanan hebat.

Setelah dikalahkan Atleti, sebenanya nama legenda Barcelona, Xavi Hernandez, jadi kandidat utama pengganti Valverde. Namun Xavi dikabarkan menolak tawaran Barca karena merasa belum punya banyak pengalaman melatih dan ingin terus menghormati kontraksnya bersama klub Qatar, Al-Sadd.

Akhirnya, Barca memilih Quique Settien sebagai pengganti Valverde. Eks pelatih Real Betis ini sempat juga dirumorkan jadi pengganti Valverde pada awal 2019 lalu. Pelatih berusia 61 tahun ini dianggap punya gaya melatih yang bisa membuat Barca kembali mengandalkan penguasaan bola yang mumpuni atau yang dikenal Tiki-Taka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here